Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Islam Dan Demokrasi Dalam Praktek Politik Di Indonesia

Islam Dan Demokrasi Dalam Praktek Politik Di Indonesia

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,380 |Likes:
islam melawan demokrasi basi
islam melawan demokrasi basi

More info:

Published by: Ahmad Jauhar Fathoni on Jun 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

 
 Ahmad Jauhar Fathoni (C04209099/ ES B)Civic Education Fak. Syariah IAIN Sunan Ampel
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Isu tentang Islam dan Demokrasi adalah isu yang masih selalu relevanuntuk dibicarakan. Terlebih jika menengok perkembangan politik di dunia Islamakhir-akhir ini, maka pembicaraan seputar isu Islam dan Demokrasi tidak akanterhindarkan. Sebagaimana telah dimafhumi bahwa konsepsi demokrasi sendiri berakar dari tradisi Barat yang sekuler. Sehingga isu yang dimaksud di sini adalahseputar pertanyaan mendasar bagaimanakah perspektif ajaran Islam terhadapsistem demokrasi yang hari ini telah menjadi ideologi politik secara global. Padaakhirnya pertanyaan ini akan menggiring untuk membicarakan juga seperti apakahkonsepsi politik di dalam Islam.Dalam konteks Indonesia, sejak keran reformasi dibuka kita kian akrabdengan istilah demokrasi. Sementara itu, dalam perjalanannya demokrasi pada praktiknya belum bisa mewujud menjadi sistem politik yang efektif untuk menyejahterakan rakyat seperti apa yang digaungkan oleh para penggagasdemokrasi. Demokrasi, menjadi jargon yang oleh para pengusungnya disebutmerupakan pilar penyangga dan pra-syarat mutlak bagi tata kehidupan masyarakatmadani (civil society).
1.2.Ruang Lingkup Penulisan
Pembahasan pada makalah ini tidak hanya akan menguraikan apa dan bagaimana demokrasi dan sejarah perkembangannya di Barat tetapi juga akanmemfokuskan pembahasan pada praktek demokrasi yang dikaitkan dengan perandan posisi umat Islam pada masing-masing babakan sejarah politik di Indonesiaserta juga sedikit mengkritisi wacana hubungan Islam dengan demokrasi.
1.3.Tujuan Penulisan
Secara umum tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberikansedikit penjelasan kepada pembaca tentang praktek demokrasi dan kaitannya
Islam dan Demokrasi dalam Praktek Politik Indonesia
1
 
 Ahmad Jauhar Fathoni (C04209099/ ES B)Civic Education Fak. Syariah IAIN Sunan Ampel
dengan peran, posisi dan partisipasi umat Islam di Indonesia juga sedikitmenyinggung tentang wacana hubungan Islam dan demokrasi.Secara khusus makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir matakuliah Civic Education Semester Pertama Prodi Ekonomi Syariah FakultasSyariah IAIN Sunan Ampel.
1.4.Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini, penulis mengguanakan metode studikepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan acuan dari sumber tertulisseperti buku teks, surat kabar, majalah dan lain-lain.
 
Islam dan Demokrasi dalam Praktek Politik Indonesia
2
 
 Ahmad Jauhar Fathoni (C04209099/ ES B)Civic Education Fak. Syariah IAIN Sunan Ampel
BAB IIANALISA KRITISHUBUNGAN ISLAM DAN DEMOKRASI2.1.Fakta Dan Sejarah Demokrasi
Istilah
demokrasi
berasal dari dua kata Yunani, yaitu
demos
artinya rakyatdan
cratein
yang berarti pemerintah. Abraham Lincoln (1809-1865)mendefinisikan demokrasi sebagai
”Government of the people, by the people, for the people”
(suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat).Lahirnya demokrasi terinspirasi fakta negara kota (polis) di kota Athena,Yunani pada sekitar abad ke-6 SM yang mempraktikan pelibatan seluruh wargakota dalam proses pengambilan keputusan. Konsep Yunani Kuno tersebutkemudian digali ulang di Eropa-Barat pada zaman pencerahan (Renaissance). EraRenaissance pada abad pertengahan ditandai dengan bangkitnya perlawananterhadap kekuasaan gereja dan kaisar yang sarat dengan penyimpangan dan penindasan terhadap rakyat dengan mengatasnamakan agama.
1
 Pada masa itu, orang Barat mencari suatu model agar kekuasaan tidak dimonopoli oleh satu orang, keluarga kerajaan, kaum bangsawan atau penguasagereja. Ironisnya, satu-satunya bahan yang tersedia bagi para pemikir di AbadPertengahan adalah sejarah Yunani Kuno. Dari karya-karya Yunani Kunoakhirnya para pemikir Barat belajar bahwa di kota Athena tempo dulu diterapkansatu sistem yaitu seluruh warga kota turut serta dalam proses pengambilankeputusan. Dalam kondisi mereka sedang tertekan oleh kediktatoran para raja dan bangsawan serta penguasa gereja maka para pemikir Barat kemudian mengadopsisistem Athena tersebut dan mempopulerkannya dengan nama ”demokrasi”.
2 
Sehingga ciri menonjol era
renaissance
adalah gerakan apresiasi terhadap sastradan budaya Yunani Kuno yang menurut Phillip K. Hitti diperoleh dari hasilkontak dengan dunia Islam yang ketika itu sedang dalam puncak kejayaan
1 Lihat Adian Husaini, Wajah Peradaban Barat Dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekuler-Liberal. (Jakarta: Gema Insani Press, 2005)2 Lihat Luthfi Afandi dalam
 Al-Wa’ie
edisi 104
Islam dan Demokrasi dalam Praktek Politik Indonesia
3

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aji Mansyah liked this
Kham Muhammad liked this
khairurrizqo liked this
Nagara Dipa liked this
Rizka Putra liked this
Awell Hotmant liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->