Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah PKL

Makalah PKL

Ratings: (0)|Views: 162 |Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Willson chani simanjuntak on Jul 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
 
MAKALAHPEMETAAN GEOLOGI DAERAH BANJARSARI DAN SEKITARNYAKECAMATAN BOBOTSARI, KABUPATEN PURBALINGGAJAWA TENGAH
Oleh :Willson Chani Simanjuntak H1F008004KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMANFAKULTAS SAINS DAN TEKNIKJURUSAN TEKNIKPROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGIPURWOKERTO2012
 
 
 
BAB IPENDAHULUANI.1. Latar Belakang
Geologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi pada umumnyadan gejala-gejala yang ada didalamnya pada khususnya.
Pengertian dari kata “bumi”
bukanberarti hanya fisik dari bumi saja yaitu material penyusun bumi dan bentuk dari bumi itusendiri, tetapi juga proses-proses yang terjadi pada bumi sebagai acuan berpikir akal sehat(logika) terhadap terbentuknya bumi sampai sekarang. Proses-proses tersebut baik yangterjadi di dalam maupun di permukaan bumi merupakan alasan dilakukannya suatu penelitiansebagai suatu pembelajaran untuk mengetahui kehidupan yang pernah ada di bumi ini danevolusinya.Pemetaan geologi adalah bagian dari pembelajaran dalam bentuk kegiatan pendataaninformasi-informasi geologi permukaan dan menghasilkan suatu bentuk laporanberupa peta geologi
 
yang dapat memberikan gambaran mengenai penyebaran dan susunanbatuan (lapisan batuan), serta memuat informasi gejala-gejala struktur geologi yangmempengaruhi pola penyebaran batuan pada daerah tersebut. Untuk memperoleh data-datageologi tersebut dibutuhkan pemahaman baik mengenai karakteristik batuan pada suatulapisan batuan dengan pemeriaan maupun gejala-gejala alam sebagai pengontrol rona mukabumi.Pada studi tertentu kegiatan pemetaan geologi ini dapat berguna untuk menentukansuatu potensi-potensi yang ada di suatu daerah penelitin. Penentuan potensi ini dapatdiidentifikasi baik berdasarkan keberadaan batuan-batuan yang ada, maupun strukturpengontrol untuk tersingkapnya suatu potensi geologi yang ada, misalnya rembesan minyak bumi, mineral-mineral ekonomis, potensi mata air, bahkan potensi terhadap mitigasi tanahlongsor suatu daerah tertentu.Tingkat ketelitian dan nilai dari suatu peta geologi sangat tergantung pada informasi-informasi pengamatan lapangan dan skala peta. Skala peta tersebut mewakili intensitas dankerapatan data singkapan yang diperoleh. Tingkat ketelitian peta geologi ini juga dipengaruhioleh tahapan eksplorasi yang dilakukan. Pada tahap eksplorasi awal dengan skala peta 1 :25.000 sudah cukup memadai, pada tahap prospeksi dengan skala peta 1 : 10.000 dan padatahap penemuan pada umumnya akan semakin detail dengan skala peta geologi samapai 1 :
 
 
2.500. Dalam kegiatan penelitian ini dilakukan suatu pengambilan data lapangan dengancakupan wilayah dan kerapatan kontur yang termasuk pada tahapan eksplorasi awal denganskala 1 :25.000.
I.2. Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang menjadi acuan dalam pemahaman lebih lanjutmengenai daerah penelitian agar tersampaikannya tujuan dari pembuatan makalah ini, antaralain ;1.
 
Bagaimanakah kondisi geomorfologi, stratigrafi, dan struktur geologi pada daerahpenelitian?2.
 
Bagaimanakah sejarah geologi daerah penelitian?3.
 
Potensi-potensi geologi yang terdapat didaerah penelitian?
I.3. Maksud dan Tujuan
Suatu kegiatan penelitian sudah seharusnya memiliki bentuk pernyataan terhadappelaksaan suatu pertanggungjawaban yang dibebankan baik berupa maksud maupun tujuandari kegiatan penelitian ini. Adapun maksud dari penelitian ini antara lain sebagaipertanggungjawaban terhadap pemenuhan nilai dalam mata kuliah Praktek Kerja Lapangan(PKL), dan dapat mengaplikasikan prinsip dan metode-metode yang telah dipelajari baik dalam perkuliahan sebelumnya maupun yang sudah didapat dalam mata kuliah geologilapangan untuk pembuatan pemetaan geologi permukaan.Bentuk lain dari suatu pernyataan seperti yang disebutkan diatas mencakup tujuan darikegiatan penelitian ini antara lain ;1.
 
Menentukan dan menggambarkan bentuk muka bumi daerah Banjarsari dan sekitarnyasebagai akibat dari aktivitas geologi.2.
 
Menentukan dan menggambarkan suatu kenampakan penyebaran batuan yangdiidentifikasikan berdasarkan variasi litologi yang mengacu pada analisis stratigrafidengan kenampakan kolom stratigrafi dan kedudukan perlapisan batuan pada daerahpenelitian.3.
 
Melakukan analisis struktur geologi berdasarkan keberadaan shear fracture, tension,breksiasi, microfold, gores garis (striasi), maupun kelurusan geomorfologi yangterdapat pada daerah penelitian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->