Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Algy

Algy

Ratings: (0)|Views: 116 |Likes:
Published by Hafidz Putra Arifin

More info:

Published by: Hafidz Putra Arifin on Jul 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
UJIAN TENGAH SEMESTER HUKUM TATA NEGARA
Algy Nugraha110110080321Diberikan Kepada Dosen:Prof. Dr. H. Rukmana Amanwinata S.H., M.H.Rahayu Prasetianingsih S.H.
UNIVERSITAS PADJADJARANBANDUNG2010
 
HUKUM TATA NEGARA
1. Definisi Hukum Tata Negara (HTN) menurut beberapa pakar, serta persamaandan perbedaannya yaitu:
a.
Menurut
Kusumadi Pudjosewojo
Hukum Tata Negara adalah hukum yangmengatur bentuk negara (kesatuan atau federal) dan bentukpemerintahan (kerajaan atau republik) yang menunjukkan masyarakathukum yang atasan maupun bawahan beserta tingkatan-tingkatannyayang selanjutnya menegaskan wilayah dan lingkungan rakyat darimasyarakat-masyarakat hukum itu dan akhirnya menunjukkan alatperlengkapan dari masyarakat hukum itu beserta susunan wewenang,tingkatan imbangan dari dan antara alat perlengkapan itu.
 b.
Menurut
Vanvollen Hoven
Hukum Tata Negara adalah mengatur semuamasyarakat hukum atasan dan masyarakat hukum bawahan menuruttingkatannya dan dari masing-masing itu menentukan wilayah lingkunganrakyatnya dan akhirnya menentukan badan-badan dan fungsinya masing-masing yang berkuasa dalam lingkungan masyarakat hukum disana sertamenentukan susunan dan wewenangnya dari badan-badan tersebut.
c.
Menurut
Scolthen
Hukum Tata Negara adalah hukum yang mengaturorganisasi dari pada negara.
d.
Menurut
Vanderpot 
Hukum Tata Negara adalah peraturan-peraturan yangmenentukan badan-badan yang diperlukan serta wewenangnya masing-masing, Hubungan satu dengan yang lainnya dan hubungannya denganindividu-individu.
e.
Menurut
Wade
dan
Philip
Hukum Tata Negara adalah hukum yangmengatur organisasi-organisasi negara, struktur organisasi, kedudukantugas dan fungsi serta hubungan antar organ-organ tersebut.
f.
Menurut
Logemann
Hukum Tata Negara adalah hukum yang mengaturorganisasi negara.
a.
Menurut
Moh Kusnardi
dan
Harmaily Ibrahim
Hukum Tata Negara adalahsebgai sekumpulan peraturan hukum yang mengatur organisasi negara,hubungan alantar alta perlengkapan negara dalam garis vertical danhorisontal serta kedudukan warga negara dan hak-hak asasinya.
 
Persamaan definisi dari beberapa pakar hukumBerdasarkan beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli diatasbanyak terdapat kesamaan, yaitu hampir semua definisi membicarakantentang organisasi Negara, alat-alat perlengkapan negara, susunan,wewenang dan hubungannya satu dengan yang lain. Apabila dilihat daridefinisi Kusumadi Pudjosewojo banyak persamaannya dengan definisi yangdikemukakan oleh Van Volen Hoven. Mereka membahas masyarakat hukumatasan dan masyarakat hukum bawahan menurut tingkatannya menentukanwilayah dan menentukan badan-badan dan fungsinya masing-masing sertamenentukan susunan dan wewenangnya.Pada hakikatnya para pakar memiliki prisip yang sama dalammendefinisikan Hukum Tata Negara yaitu Hukum Tata Negara merupakanhukum kenegaraan yang berada di ranah hukum publik. Sekumpulanperaturan yang mengatur organisasi dalam negara, hubungan antara alatperlengkapan negara dalam garis vertikal dan horizontal serta kedudukanwarga negara dan hak-hak azasinya. Dimana memuat norma-norma hukumyang mengatur tentang struktur organisasi negara dan mekanismepemerintahan.
Perbedaan definisi dari beberapa pakar hukumKeragaman perumusan definisi Hukum Tata Negara yang dirumuskan olehpara pakar hukum pada hakikatnya tidak membedakan secara prinsipilkarena perbedaan hanya terletak pada perkembangan histori, dimana setiapnegara memiliki latar belakang yang berbeda meskipun menganut sistemyang sama. Perbedaan juga dapat disebabkan oleh perbedaan pandanganpara ahli hukum itu sendiri dan perbedaan sistem yang dianut oleh negarayang dijadikan objek penelitian. Artinya definisi Hukum Tata Negaradipengruhi oleh kondisi hukum di Negara masing-masing, bergantung pulapada dasar-dasar dan nilai serta aspek filosofi dalam Negara.Seperti definisi yang dikemukakan oleh Kusumadi Pudjosewojo dengandefinisi yang dikemukakan oleh Van Volven Hoven perbedaannya dari segiperkembangannya. Dimana dari definisi yang dikemukakan oleh KusumadiPudjosewojo menambahkan definisi yang dikemukakan oleh Van VolvenHoven mengenai bentuk negara dan bentuk pemerintahan tetapi tetap

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
james_roni liked this
Anhee Chayank liked this
Yevi Nabilla liked this
Tri Rahayu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->