Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perspektif

Perspektif

Ratings: (0)|Views: 3,238|Likes:
Published by Randal Mcintosh

More info:

Published by: Randal Mcintosh on Jul 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/15/2013

pdf

text

original

 
1. Pengertian Perspektif 
Menurut Leonardo da Vinci, perspektif adalah sesuatu yang alami yang menampilkan yangdatar menjadi relative dan yang relative menjadi datar. Perspektif adalah suatu systemmatematikal untuk memproyeksikan bidang tidak dimensi ke dalam bidang dua dimensional,
seperti kertas atau kanvas. Kata “perspektif” berasal dari bahasa Italia, “prospettiva” yang berarti“gambar pandangan”.
 Konstruksi perspektif memungkinkan kita untuk menggambar sebuah benda atau ruang secaranyata di atas sebuah bidang datar (bidang gambar) atau untuk memperjelas sebuah rencana yangtelah digambarkan secara proyeksi geometri (tampak atas, depan dan samping).Gambar perspektif juga bisa diartkan sebagai gambar yang teknisnya menggunakan titik hilang.Gambar perspektif merupakan wujud dari gambar tiga dimensi.
2. Prinsip Dasar Perspektif 
 Peraturan-peraturan perspektif yang berbeda-beda pada dasarnya semua mengikuti keadaanalam. Hal ini karena mata manusia sudah terbiasa melihat benda-benda sekeliling dalam bentuk perspektif. Maka orang akan lebih cepat menangkap maksud sebuah gambar perspektif daripadaproyeksi orthogonal.Mata manusia hanya mampu melihat keadaan sekeliling dengan sudut pandang tertentu yangrelative terbatas. Kemampuan manusia memandag ini tidak dapat dipaksakan untuk melihat(memandang) objek sekeliling dengan sudut pandang yang lebih besar.Dalam menggambar perspektif, pengamatan obyek berasal dari satu titik pandang. Yaitu titik tempat pengamat berdiri memandang objek. Sudut dipersempit secara relative, dan dengan caraini garis-garis lurus akan tetap lurus dan menghasilkan gambar perspektif yang tidak terdistorsi.
3. Cara Melihat Gambar Perspektif 
 - Gambar perspektif dapat dilihat dengan cara :- Perspektif mata burung : dilihat secara keseluruhan dari atas- Perspektif mata normal : dilihat secara keseluruhan dengan batas mata normal- Perspektif mata cacing : dilihat secara keseluruhan dari bawah
4. Jenis-jenis Gambar Perspektif dilihat dari Titik Hilang
 Dilihat dari titik hilang yang digunakan gambar perspektif ada tiga, yaitu :
• Perspektif 
satu titik hilang
 
• Perspektif dua titik hilang
 
• Perspektif tiga titik hilang
 Beberapa singkatan dari bahasa asing yang lazim digunakan dalam gambar perspektif, yaitu :- CVA : Central Vertical Axis = Sumbu Vertikal Pusat- EL : Eye Level = Ketinggian Mata- GL : Ground Line = Garis Tanah- HL : Horizon Line = Garis Horison- MP : Measuring Point = Titik Ukur- PP : Picture Plane = Bidang Gambar- SP : Station Point = Titik Pangkal- VML : Vertical Measuring Line = Garis Ukur Vertikal- VMP : Vertical Measuring Point = Titik Ukur Vertikal- VP : Vanishing Point = Titik Hilang- VVL : Vertical Vanishing Line = Garis Hilang Vertikal- VVP : Vertical Vanishing Point = Titik Hilang Vertikalhttp://fhy13.ngeblogs.com/2010/01/05/gambar-perspektif/  
5. Menentukan Sudut Pandang Dan Titik Hilang.
 Kadang kita menemui gambar perspektif yang terlihat tidak seimbang atau beberapa furniturnyaterpotong. Permasalahan ini dapat di atasi dengan cara:
 
 
Garis Horison dapat diturunkan atau dinaikkan sehingga bagian objek dapat terjangkauoleh sudut pandang pengamat.
 
Kedudukan pengamat dimundurkan lebih jauh dari bidang gambar sehingga seluruhbagian objek dapat terjangkau oleh sudut pandang pengamat.Untuk menentukan titik hilang dapat dengan cara menentukan terlebih dahulu bagian ruang yangakan ditampilkan secara maksimal. Pada perspektif satu titik, bila bagian ruang yang akanditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang cenderung berada di sebelah kiri menjauhigaris normal dan bagian kanan ruang pada gambar. Cara ini berlaku untuk bagian ruang lainnya(kiri, atas dan bawah). Sedangkan pada perspektif dua titik, bila bagian ruang yang akanditampilkan adalah bagian kanan, maka titik hilang sebelah kiri akan menjauhi dan titik hilangkanan akan mendekati bagian kanan ruang pada gambar.
6. Teknik Menggambar Perspektif Linear dan Perspektif Aerial
 Para Teknik Menggambar perspektif Menggambar Perspektif adalah teknik yang digunakan untuk mewakili tiga dimensi gambarpada pesawat gambar dua dimensi. Dalam seri pelajaran kita pada perspektif gambar kitamenjelaskan berbagai metode membangun sebuah gambar dengan perspektif dan menunjukkanbagaimana ini digunakan oleh seniman dan ilustrator.
 Ada tiga aspek perspektif:
Yang pertama
berkaitan dengan bagaimana ukuran objek tampaknyaberkurang sesuai dengan jarak,
 yang kedua
 , cara di mana perubahan warna semakin jauhmereka dari mata;
 ketiga
objek mendefinisikan bagaimana seharusnya selesai kurang hati-hatilebih jauh mereka adalah
 
(Leonardo da Vinci)Perspektif dikembangkan pada abad ke-15 oleh arsitek, Leon Baptista Alberti (1404-1472) danFilippo Brunelleschi (1377-1446). Untuk 500 tahun, gambar perspektif tetap salah satu prinsipdasar dari seni Barat sampai ditantang oleh ide-ide dari Cubists pada awal abad ke-20. Apakah Anda bekerja dengan bahan konvensional seperti pensil dan cat, atau media digital kontemporer ,pengetahuan dan pemahaman gambar perspektif tetap merupakan alat penting untuk membantuAnda meningkatkan teknik gambar Anda.Ada dua elemen utama dalam gambar perspektif:
 
Perspektif linier yang berkaitan dengan organisasi bentuk dalam ruang
 
Perspektif udara yang berkaitan dengan efek atmosfer pada nada dan warna.Anda dapat melihat bagaimana kedua elemen ini bekerja di ilustrasi kami atas beberapareruntuhan kuno:Gambar hitam dan putih menampilkan contoh dari Perspektif Linear. Hal ini menunjukkanbeberapa garis konstruksi yang digunakan untuk mengatur blok dan kolom untuk membuatsebuah ilusi kedalaman dan jarak.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hasna Anindyta liked this
Nina Coke liked this
한정 liked this
Rachmad Persada liked this
Putri Anggun liked this
Siti Sukrana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->