Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Pengecoran Logam

Teknik Pengecoran Logam

Ratings: (0)|Views: 1,460|Likes:
Published by Ridwan Amali

More info:

Published by: Ridwan Amali on Jul 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/01/2013

pdf

text

original

 
Teknik Pengecoran Logam (Invesment Casting, Die Casting,Pressure Casting)
Pengecoran Logam
adalahsuatu proses manufaktur yang menggunakan logam cair dan cetakanuntuk menghasilkan parts dengan bentuk yang mendekati bentuk geometri akhir produk jadi. Logamcair akan dituangkan atau ditekan ke dalam cetakan yang memiliki rongga sesuai dengan bentuk yangdiinginkan. Setelah logam cair memenuhi rongga dan kembali ke bentuk padat, selanjutnya cetakandisingkirkan dan hasil cor dapat digunakan untuk proses sekunder. Pasir hijau untuk pengecorandigunakan sekitar 75 percent dari 23 million tons coran yang diproduksi dalam USA setiap tahunnya.Untuk menghasilkan tuangan yang berkualitas maka diperlukan pola yang berkualitas tinggi, baik darisegi konstruksi, dimensi, material pola, dan kelengkapan lainnya. Pola digunakan untuk memproduksicetakan. Pada umumnya, dalam proses pembuatan cetakan, pasir cetak diletakkan di sekitar pola yangdibatasi rangka cetak kemudian pasir dipadatkan dengan cara ditumbuk sampai kepadatan tertentu.Pada lain kasus terdapat pula cetakan yang mengeras/menjadi padat sendiri karena reaksi kimia dariperekat pasir tersebut. Pada umumnya cetakan dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bagianbawah sehingga setelah pembuatan cetakan selesai pola akan dapat dicabut dengan mudah daricetakan.Inti dibuat secara terpisah dari cetakan, dalam kasus ini inti dibuat dari pasir kuarsa yang dicampurdengan Airkaca (Water Glass / Natrium Silikat), dari campuran pasir tersebut dimasukan kedalamkotak inti, kemudian direaksikan dengan gas CO2 sehingga menjadi padat dan keras. Inti disetingpada cetakan. Kemudian cetakan diasembling dan diklem.Sembari cetakan dibuat dan diasembling, bahan-bahan logam seperti ingot, scrap, dan bahan paduan,dilebur di bagian peleburan. Setelah logam cair dan homogen maka logam cair tersebut dituang kedalam cetakan. Setelah itu ditunggu hingga cairan logam tersebut membeku karena prosespendinginan. Setelah cairan membeku, cetakan dibongkar. Pasir cetak, inti, dan benda tuangdipisahkan. Pasir cetak bekas masuk ke instalasi daur ulang, inti bekas dibuang, dan benda tuangdiberikan ke bagian fethling untuk dibersihkan dari kotoran dan dilakukan pemotongan terhadapsistem saluran pada benda tersebut. Setelah fethling selesai apabila benda perlu perlakuan panas makadiproses di bagian perlakuan panas.
 
 Invesment Casting(Pengecoran Presisi/Invesment)
 
Proses pengecorandengan pola tertanamdalam rangka cetak ,kemudian pola dihilangkandengan cara pemanasan sehingga diperoleh rongga cetak.Pola biasanyaterbuat dari lilin (wax),plastik atau mateial yang mudah meleleh. Pengecoran ini sering juga disebutWAX LOST CASTING.Pengecoran Investment dilakukan pertama kali selama periode 4000 sampai dengan 3000 sebelummasehi. Produk cor yang biasanya memakai proses invesment casting adalahkomponen-komponenmesin seperti roda gigi, poros, katup, dan lainnya.
Proses Pengecoran ini Dibagi 2 Macam:
 
A. Investment Flask CastingB. Investment Sheel Casting
Prosedur Investment Casting:
 
 
1.MembuatMaster Pattern  2.Membuat Master Die  3.Membuat Wax Pattern 4  4.Melapisi Wax Pattern  5.Mengeluarkan Wax Pattern dari Mold  6.Preheat Mold 7.Menuangkanlogam cair  8.Mengeluarkan Produk   Proses yang termasuk juga Investment Casting adalahFULL MOLD PROCESSatauLOST FOAM PROCESS. Bahan Pattern biasanyaExpanded Polystyrene.
Langkah - Langkah Dalam Pengecoran Invsesment
 
Pola dibuat dari material lilin atan plastik sepertipolystiren. Pola lalu dicelupkan didalamslurryyang berasal darimaterial refractory, pencelupan dapat diulang untuk meningkatkan ketebalannya, lalumaterial refraktory tersebut dikeringkan dengan udara. Laludipanaskanpadatemperatur 90
o
 sampai175
o
Cdenganposisi terbalik sekitar 12 jamuntuk mengeluarkan lilinya. Cetakanlalu dibakarpada temperatur 650
o
Csampai1050
o
C selama sekitar 4 jam. Setelah itu logam cair dapat dituangkankedalam cetakan. Untuk mengambil produk cor, cetakan tersebut dapat kita hancurkan.Beberapa cetakan dapat kita gabungkan menjadi satu cetakan yang berbentu pohon (tree) untuk meningkatkan laju produksi.
 
Investment casting cocok digunakan pada pengecoran paduan dengan temperatur cair yang tinggi,menghasilkan permukaan coran yang halus dan keakuratan dimensi benda cor yang baik sehinggamembutuhkan sedikit atau tidak perlu melakukan finishing lagi. Investment casting tepat untuk memproduksi benda cor yang mempunyai bentuk rumit mulai dari berat 1 gram hingga 35 kg mulaidari logam ferro dan Non ferro serta paduannya.
Proses Pengecoran Investment Dengan Pola Lilin
Pola lilin yang di gunakan dilelehkan dan di buang sehingga meninggalkan ronggadalam cetakan yang sesuai dengan benda aslinya, proses ini digunakan untuk membuat bendakerajinan dan seni.
 

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Astrid Kumala liked this
Astrid Kumala liked this
Finza Dwi Ana liked this
Uji Purnomo liked this
Uji Purnomo liked this
Janice Emilia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->