Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tumor Ginjal

Tumor Ginjal

Ratings: (0)|Views: 2,806|Likes:
Published by hendri6780

More info:

Published by: hendri6780 on Jul 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Tumor ginjal merupakan tumor urogenitalia nomor tiga terbanyak setelah tumorprostat dan tumor kandung kemih. Semakin meluasnya penggunaan ultrasonografiabdomen sebagai salah satu pemeriksaan screening (penyaring) di klinik-klinik rawat jalan, makin banyak diketemukan kasus-kasus tumor ginjal yang masih dalam stadiumawal.
1
Karsinoma sel renal adalah jenis kanker ginjal yang banyak ditemukan padaorang dewasa. Wilms tumor atau nephroblastoma adalah jenis tumor yang sering terjadipada anak-anak di bawah umur 10 tahun, jarang ditemukan pada orang dewasa. Kira-kira 500 kasus terdiagnosa tiap tahun di Amerika Serikat. 75% ditemukan pada anak-anak yang normal ; 25% nya terjadi dengan kelainan pertumbuhan pada anak.
1,2
Tumor ini responsive dalam terapinya, 90% pasien bertahan hidup hingga 5tahun. Di Amerika Serikat kanker ginjal meliputi 3% dari semua kanker, dengan rata-rata kematian 12.000 akibat kanker ginjal pertahun. Kanker ginjal sedikit lebih banyak terjadi pada laki-laki dibanding wanita (2:1) dan umumnya terdiagnosa pada usia antara50
 – 
70 tahun, tapi dapat terjadi pada usia berapa saja juga. Tumor Wilms merupakansekitar 10% keganasan pada anak. Paling sering dijumpai pada usia 3 tahun dan 10%nya merupakan lesi bilateral.
2
 
2
BAB IITINJAUAN KEPUSTAKAAN2.1. Definisi
Tumor ginjal adalah pertumbuhan sel yang tidak normal dari sel jaringan ginjal.Tumor lunak atau siste pada umumnya tidak ganas dan yang padat ganas atau kanker.Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak normal sangat cepat dan mendesak sel-seldisekitarnya.
2
Tumor Ginjal atau nephroblastoma adalah jenis tumor yang sering terjadi padaanak-anak di bawah umur 10 tahun, jarang ditemukan pada orang dewasa.Sebagian besar tumor ginjal yang solid (padat) adalah kanker, sedangkan kista (ronggaberisi cairan) atau tumor biasanya jinak. Seperti organ tubuh lainnya, ginjal kadang bisamengalami kanker. Pada dewasa, jenis kanker ginjal yang paling sering ditemukanadalah karsinoma sel ginjal (adenokarsinoma renalis, hipernefroma), yang berasal darisel-sel yang melapisi tubulus renalis.
2
2.2. Anatomi dan Fisiologi Ginjal
1,6
Ginjal merupakan organ yang berbentuk seperti kacang, terletak retroperitoneal,di kedua sisi kolumna vertebralis daerah lumbal. Ginjal kanan sedikit lebih rendahdibandingkan dengan ginjal kiri karena tertekan ke bawah oleh hati. Kutub atasnyaterletak setinggi kosta 12, sedangkan kutub atas ginjal kiri terletak setinggi kosta 11.Setiap ginjal terdiri dari kira-kira 1,3 juta nefron.
1, 6,
 Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak di ronggaretroperitoneal bagian atas. Bentuknya menyerupai kacang dengan sisi cekungnyamenghadap ke medial. Pada sisi ini terdapat hilus ginjal yaitu tempat struktur-struktur
 
3pembuluh darah, sistem limfatik, sistem saraf, dan ureter menuju dan meninggalkanginjal.Besar dan berat ginjal sangat bervariasi; hal ini tergantung pada jenis kelamin,umur, serta ada tidaknya ginjal pada sisi yang lain. Pada autopsi klinis didapatkanbahwa ukuran ginjal orang dewasa rata-rata adalah 11,5 cm (panjang) x 6 cm (lebar) x3,5 cm (tebal). Beratnya bervariasi antara 120-170 gram, atau kurag lebih 0,4% dariberat badan.
Gambar 1.
Letak GinjalSecara anatomis ginjal terbagi menjadi 2 bagian yaitu korteks dan medula ginjal.Di dalam korteks terdapat berjuta-juta nefron sedangkan di dalam medula banyak terdapat duktuli ginjal. Nefron adalah unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiriatas tubulus kontortus proksimalis, tubulus kontortus distalis, dan duktus kolegentes.
4,6,7
 
Gambar 2.
Laju filtrasi glomerulus.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->