Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mobil - Toolkit

Mobil - Toolkit

Ratings: (0)|Views: 69 |Likes:
Published by Sidik Permana

More info:

Published by: Sidik Permana on Jul 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

 
Peralatan (TOOLKIT) Yang Perlu ada di Kendaraan
 
Bila anda sering mengadakan Perjalanan Jauh, perlu adanya Tool Kit di Mobil.
 
Beberapa Jenis Tool Kit yang anda perlukan di Kendaraan anda untuk Pertolongan Pertamabila terjadi sesuatu di Kendaraan Anda.
 1.
 
Tali kipas cadangan
 2.
 
Sekring tancap dan botol dengan ukuran 10 A, 15 A dan 20 A masing-masing 2 buah
 3.
 
Isolasi dan gunting
 4.
 
Relay model 4/5 kaki masing-masing 1 buah
 5.
 
Lem power glue dan lem untuk radiator jika bocor
 6.
 
Kawat dan kabel masing-masing 1(2) meter
 7.
 
Tambang untuk menarik/ditarik jika mogok
 8.
 
Kunci-kunci mobil (Sebaiknya sehari-hari dibawa)
 9.
 
Solder
 10.
 
Test pen
 11.
 
Lampu senter/lampu kabel yang menggunakan accu (Sebaiknya sehari-hari dibawa)
 12.
 
Sikat kawat
 13.
 
Ampelas halus
 14.
 
Jerigen kosong dan jerigen isi air
 15.
 
Baut ukuran 8, 10, 12, 14 mm masing-masing 1 buah
 16.
 
Sarung tangan
 17.
 
Lampu besar dan lampu sein masing-masing 1 buah
 18.
 
Minyak rem yang netral
 19.
 
Alat P3K (Sebaiknya sehari-hari dibawa)
 20.
 
Alas plastik untuk Anda mengganti ban jika hujan dan payung
 21.
 
Karburator Cleaner dan WD 40.
 
Siap Sedia dengan Komponen Cadangan
 
Sediakan komponen cadangan untuk keadaan darurat dalam perjalanan 
 
Kadang karena kelalaian pemiliknya untuk melakukan kontrol dan pemeriksaan, kendaraanyang kita kemudikan mengalami kerusakan di dalam perjalanan. Saat jauh dari bengkel,sementara perjalanan harus tetap diteruskan ke tempat tujuan. Disamping alat-alatperkakas, beberapa komponen cadangan yang musti diganti darurat di jalan perlu disediakandalam bagasi mobil anda. Terutama jika anda melakukan perjalanan jauh. Seperti berikut ini:
 
 
Sekering-sekering :
Lampu-lampu besar yang tidak menyala dan klakson yang tidakberbunyi kebanyakan karena sekeringnya putus. Sekering-sekering merupakan alat-alat keamanan oleh karenanya sediakan sesuai dengan kekuatan masing-masing.
 
 
Lampu-lampu :
Saat tak terduga filamen lampu bisa saja putus.
 
 
Kawat Listrik :
Sediakan kawat listrik sepanjang kurang lebih 5 meter, karena sangatdiperlukan pada waktu kita hendak mengadakan pemeriksaan terhadap ada tidaknyaarus listrik yang mengalir melalui terminal-terminal, untuk mengganti kawat-kawatyang rusak atau mengganti sambungan-sambungan darurat.
 
 
 
Kabel baterei :
Diperlukan pada waktu mesin anda terpaksa harus distart denganpertolongan baterei kendaraan lain, yaitu apabila baterei mesin kendaraan andadalam keadaan lemah. Hendaknya kedua baterei tersebut haruslah mempunyaispesifikasi (volt) yang sama.
 
 
Busi-busi :
Apabila salah satu busi mesin anda rusak, maka daya mesin akanberkurang. Supaya mesin anda dapat bekerja normal kembali anda harus menggantidengan yang baru. Oleh karena itu hendaknya dapat diusahakan agar sekurang-kurangnya selalu ada busi baru sebagai cadangan.
 
 
Tali kipas udara :
Untuk menggerakkan pompa air pendingin, kipas udara pendingindan generator. Terutama dalam perjalanan melalui tanjakan-tanjakan systempendinginan harus dapat bekerja sebaik-sebaiknya. Kalau tali kipas udara putus,maka system pendinginan tak dapat bekerja dengan sebaik-baiknya sehingga mesintidak boleh dijalankan.
 
 
Minyak Pelumas :
Minyak pelumas mesin tak akan cepat habis, kecuali apabilaterdapat kebocoran-kebocoran. Tetapi perlu diperhatikan bahwa mesin dapatmenjadi terlalu panas apabila jumlah minyak pelumasnya kurang sekali. Apabila haltsb terjadi di daerah tanjakan-tanjakan, anda masih tertolong apabila andamembawa minyak pelumas cadangan.
 
 
Minyak rem :
Sama halnya dengan minyak pelumas mesin, minyak rem tidak akanberkurang dengan cepat, kecuali jika terdapat kebocoran-kebocoran. Kekuranganminyak rem akan mengakibatkan system tak dapat bekerja dengan sebaik-baiknya,sehingga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu sebaiknya adaminyak rem dalam cadangan.
 
Mengenal komponen sistem pelumasan
 
Ingin tahu lebih lanjut ? Berikut ini komponen-komponen sistem pelumasan
 
Sistem pelumasan oli berfungsi untuk mensuplai oli ke permukaanbantalan - bantalan dari semua bagian yang bergerak. Terdiri daribeberapa komponen yang saling terkait. Ingin tahu lebih lanjut? Berikutini komponen-komponen sistem pelumasan :
 a.
 
Oli Pelumas
Pelumas yang digunakan adalah oli mineral dengan tambahanbahan kimia yang bervariasi. Oli mesin dibuat dalam derajatkualitas, viskositas atau kekentalan yang berbeda.
b.
 
Pompa Oli
 Pompa oli biasanya ditempatkan pada tutup peti engkol untukmensuplai oli dalam panci oli digerakkan dari poros engkol atauporos kam melalui perantaraan roda gigi atau sebuah porospenggerak, tergantung dari lokasi dan lay out mesin. Pompa jenisroda gigi dan pompa pemindah positif yang lain juga digunakan.
 c.
 
Klep Relief Tekanan
 Klep relief tekanan oli dipasang pada bodi pompa atau saluranutama oli. Klep ini mencegah tekanan dari suplai yang terlalubesar jika mesin dioperasikan pada kecepatan tinggi atau jika olidingin dan tipis.
 d.
 
Indikator Tekanan
Adalah suatu sakelar tekanan atau unit sender/pengukurdipasang pada saluran utama oli, menutup ke saluranpengeluaran
(outlet)
pompa yang dioperasikan dengan sebuah
 
lampu peringatan pada panel instrumen jika ada tekanan oli.
 e.
 
Sistem Distribusi Oli
Merupakan hubungan seri dari saluran oli utama yang dialiri olike berbagai mesin guna mensuplai pelumasan dan pendinginan.
 f.
 
Panci Oli
Berupa tangki untuk menyimpan oli yang diperlukan pada sistempelumasan dan diletakkan pada dasar mesin. Untukmemompanya diperlukan suatu pompa oli yang dipasang padapanci oli.
 g.
 
Batang Pemeriksa
Suatu alat yang berbentuk batang dari baja untuk mengetahuiketinggian atau kedalaman cadangan oli di dalam panci. Batangpemeriksa dipasang pada suatu pipa semacam tabung yangdilekatkan pada peti engkol atau panci oli.
 h.
 
Tutup Saringan Oli
Dipasang untuk memungkinkan pengisian oli dari atas mesin.Terletak pada tube/pipa yang terdapat pada peti engkol ataupenci oli, umumnya pada bagian atas pengangkat katup.
i.
 
Saringan Oli
Digunakan untuk melepaskan debu, kotoran, karbon, dan partikellain di luar bahan oli dan menjaga kebersihan elemen.
 j.
 
Klep Bypas
Dipasang pada sistem saringan aliran penuh. Klep bypas dibuka jika saringan diblok/tertutup kotoran atau tersumbat sehingga olidapat mengalir dan melumasi bagian-bagian mesin.
 k.
 
Sistem Ventilasi Peti Engkol
Beberapa mesin termasuk diesel menggunakan sistem ventilasidimana tabung kecil dialirkan ke bawah mesin dengan alirantekanan udara yang dimasukkan melalui tutup saringan pengisioli.
 l.
 
Pendingin Oli
Pada beberapa kendaraan, menggunakan pendingin oli untukmengedarkan udara yang mengalir melalui permukaan panci olike penyerap panas sederhana yang berfungsi seperti radiatorpendingin mesin.
 
Mengenal Perangkat Sirkulasi AC Mobil
Kenali perangkat sirkulasi AC dan kerusakan apa saja yang bisa terjadi pada perangkat ini 
Bila AC mobil Anda kerjanya sudah melemah alias tidak lagi menghembuskan hawa dingindengan maksimal, belum tentu penyebabnya dari
freon 
yang harus diisi kembali. Kerusakanpada salah satu perangkat sirkulasi AC dapat menyebabkan AC tak dingin lagi dan
freon 
cepathabis. Untuk itu kenalilah beberapa perangkat sirkulasi AC dan kerusakan apa saja yang bisaterjadi pada perangkat ini yang mempengaruhi kerja AC mobil Anda :
 
a) Evaporator
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->