Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB II kti

BAB II kti

Ratings: (0)|Views: 98 |Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Jul 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Pengetahuan2.1.1 Pengertian
Pengetahuan adalah merupakan hasil “tahu” , dan ini terjadi
setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui pancaindera manusia, yakniindera penglihatan, pendengaran, rasa dan raba. Sebagian besarpengetahuan manusia di peroleh melalui mata dan telinga.Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangatpenting untuk terbentuknya tindakan seseorang
(overt behavior).
 Perilaku di dasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng dari padaperilaku yang tidak di dasari oleh pengetahuan(Notoatmodjo,2003).
2.1.2 Tingkat Pengetahuan
Pengetahuan yang dicakup di dalam domain kognitif mempunyai 6 tingkat yaitu :
1.
 
Tahu
(know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk ke dalam pengetahuan tingkatini adalah mengingat kembali (recall) terhadap suatu yang
 
spesifik dari seluruh bahan yang di pelajari atau rangsangan
yang telah diterima. Oleh sebab itu “tahu” ini adalah
merupakan tingkat pengetahuan yang paling rendah. Kata kerjauntuk mengukur bahwa orang tahu tentang apa yang di pelajariantara lain: menyebutkan, menguraikan, mendefinisikan,menyatakan dan sebagainya.
2.
 
Memahami
(comprehension)
Memahami di artikan sebagai suatu kemampuan menjelaskansecara benar tentang objek yang diketahui, dan dapatmenginterpretasikan materi tersebut secara benar. Orang yangtelah paham terhadap objek atau materi harus dapatmenjelaskan, menyebutkan contoh, menyimpulkan,meramalkan, dan sebagainya terhadap objek yang dipelajari.
3.
 
Aplikasi
(application)
Aplikasi di artikan sebagai kemampuan untuk menggunakanmateri yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi riil(sebenarnya). Aplikasi disini dapat diartikan aplikasi ataupenggunaan hokum-hukum, rumus, metode, prinsip, dansebagainya dalam konteks atau situasi yang lain.
4.
 
Analisis
(analysis)
Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan materiatau suatu objek ke dalam komponen-komponen, tetapi masih
 
dalam suatu struktur organisasi tersebut, dan masih adakaitannya satu sama lain.
5.
 
Sintesis
(synthesisis)
Sintesis menunjuk kepada suatu kemampuan untuk meletakan atau menghubungkan bagian-bagian di dalam suatubentuk keseluruhan yang baru. Dengan kata lain sintesis suatukemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada.
6.
 
Evaluasi
(evaluation)
Evaluasi ini berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atauobjek. Penilaian-penilaian itu berdasarkan suatu criteria yang ditentukan sendiri, atau menggunakan criteria-kriteria yang telahada (Notoatmodjo,2003).
2.1.3 Faktor
 – 
Factor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan
 Pengetahuan yang di miliki seseorang akan dipengaruhioleh beberapa hal. Menurut Notoatmodjo (2003) hal tersebut adalah :a.
 
PengalamanPengalaman yang dapat diperoleh dari pengalaman sendirimaupun orang lain. Pengalaman yang sudah diperoleh dapatmemperluas pengetahuan seseorang.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->