Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Logika

Logika

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by Imam Wahyudi

More info:

Published by: Imam Wahyudi on Jul 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

 
 Le Penseur 
, atau "Sang Pemikir", oleh Auguste Rodin, 1902. 
Logika
berasal dari kata Yunani kuno 
λόγος (
logos
) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiranyang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika adalah salah satu cabangfilsafat. Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (Latin:
logica scientia
) atau ilmu logika(ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur
. Ilmu disini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu padakesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Kata logis yangdipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal.
Daftar isi
 
 
 
 
 
o
 
o
 
 
 
 
o
 
o
 
 
 
[sunting]Logika sebagai ilmu pengetahuan
Logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana obyek materialnya adalah berpikir(khususnya penalaran/proses penalaran) dan obyek formal logika adalah berpikir/penalaran yangditinjau dari segi ketepatannya.
[sunting]Logika sebagai cabang filsafat
Logika adalah sebuah cabang filsafat yang praktis. Praktis disini berarti logika dapatdipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.Logika lahir bersama-sama dengan lahirnya filsafat di Yunani.Dalam usaha untuk memasarkan pikiran-pikirannya serta pendapat-pendapatnya, filsuf-filsuf Yunani kuno tidak jarang mencobamembantah pikiran yang lain dengan menunjukkan kesesatan penalarannya.  Logika digunakan untuk melakukan pembuktian.Logika mengatakan yang bentuk  inferensi yang berlaku dan yang tidak. Secara tradisional, logika dipelajari sebagai cabang filosofi,tetapi juga bisa dianggap sebagai cabang matematika.logika tidak bisa dihindarkan dalam proses hidup mencari kebenaran
[sunting]Dasar-dasar Logika
Konsep bentuk logis adalah inti dari logika. Konsep itu menyatakan bahwa kesahihan (validitas) sebuah argumen ditentukan oleh bentuk logisnya, bukan oleh isinya. Dalam hal ini logikamenjadi alat untuk menganalisis argumen, yakni hubungan antara kesimpulan dan bukti ataubukti-bukti yang diberikan (premis). Logika silogistik tradisional Aristoteles dan logika simbolik modern adalah contoh-contoh dari logika formal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->