Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
dzikir

dzikir

Ratings: (0)|Views: 277|Likes:
Published by mmat40

More info:

Published by: mmat40 on Jul 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/18/2012

pdf

text

original

 
Sabtu, 25 Oktober 2008
 BAHAGIAN PERTAMA
DZIKIR 
 
DASAR, ESENSI DAN KEUTAMAAN A. DZIKIR DALAM AL-QUR'AN.
DZIKIR 
berasal dari akar kata ( 
z, k, r 
 ) di dalam al-
Qur‟an kata ini
ditemukan sebanyak 287kali dalam berbagai ayat dan surat antara lain:
 
Surat al-Baqarah(2):152.
 
 Artinya :
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (ni`mat) -Ku.
 
Surat al-
Nisa‟ (4):103.
 
 
.
 
 Artinya :
 Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.
3. Dalam Surat al-
Nisa‟ (4):142
 
 
 
. Artinya :
Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.
 4. Surat
 
al-
 A‟raf(5):205.
 
 
 Artinya :
Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut,dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orangorang yang lalai.
5. Surat al- al-Ahzab; 41.
 
 
 
 Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.
6. Surat al-
 Jumu‟ah;10.
 
 
  
 
 
 
 
 Artinya :
 Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
7. Dalam surat Ali Imran;191.
 
 
 
 
.
 Artinya :
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi.
8
.
Surat al-Nur; 37.
 
  
. Artinya :
laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.
9. Pada surat al-Zumar; 22.
 
  
 Artinya :
 Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.
10. Surat al-Zumar; 45.
 
 
 
 Artinya :
Dan apabila hanya nama Allah saja yang disebut, kesallah hati orang-orang yang tidakberiman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut,tiba-tiba mereka bergirang hati.
 11. Surat al-Mujadalah;19.
 
 Artinya :
Syaitan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan syaitan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan syaitan itulah golongan yang merugi.
12. Surat al-
Ra‟du;28
 
 
 
 
 Artinya :
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat  Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.
 13. Surat al- Kahfi;28.
 
 
 
 
.
 
 Artinya : D
an janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.
 
14. Surat Thaha;14.
 
 Artinya :
Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.
 Memperhatikan ayat-ayat di atas, maka makna dzikir ditemukan dua macam, yaitudzikir dalam bentuk lisan dan dzikir dalam bentuk qalbu. Dzikir lisan ialah menyebut atau
membaca asma‟ Allah, sifat Allah, Zat Allah, apakah bacaan itu dilakukan melalui ibadah
khusus misalnya seperti shalat, membaca al-
Qur‟an, istighfar, tasbih, tahmid, takbir,ta‟zhim, dan tahlil serta dilakukan secara rutin dan teratur atau melalui bacaan lain yang 
bukan teratur. Sedangkan dzikir qalbu adalah membaca dengan gerakan hati pada bentuk dzikir tertentu, tanpa diiringi oleh lidah (lisan) dan dilakukan secara sendiri-sendiri, tanpadilembaga-kan atau bimbingan seorang mursyid dan dilaku-kan secara rutin. Pada dzikirqalbu tidak ada batas waktu dan dapat dilakukan sepanjang waktu, serta mempunyaimetodologi khusus, sehingga dzikir tersebut mengandung energi (kekuatan) yang paling dahsyad, melebihi energi dari temuan fisika moderen. Misalnya,
Sijjil 
, kenapa lebihdahsyat dari otom-atom dan mampu mengalahkan tentera Abrahah di Makkah danbanyak lain lagi, sedangkan pada dzikir lisan dibatasi oleh waktu dan tertentupelaksanaannya.
 
 Allah mengecam orang yang tak mau berdzikir yang ditandai oleh perbuatannyamelanggar aturan Allah. Wahai para pelangar hukum dan para pendurhaka, bukalah matahatimu yang telah buta dan tertutup selama ini sebab matamu masih nyalang dan begituberani melanggar hukum dan berani durhaka kepada Allah SWT, yang buta bukan keduamatamu tetapi yang sungguh-sungguh buta dan tertutup adalah mata hatimu (Q.S.20:124-125 )
 
 
Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit,dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".
 
B. ZIKIR DALAM HADIS
Hadis-hadis yang menjadi landasan tentang zikir adalah sebagai berikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->