Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
identifikasi-lemak1

identifikasi-lemak1

Ratings: (0)|Views: 179|Likes:
Published by Yolando Arief

More info:

Published by: Yolando Arief on Jul 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2013

pdf

text

original

 
1
LAPORAN PRAKTIKUM BIOKIMIAIDENTIFIKASI LEMAK
Disusun Oleh:Kelompok VIIIAnggota:Ai SusilawatiErik HerdiansyahNoyalita KhodijahSaedi HeryantoSri Rahayu
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI2011
 
2
BAB IIDENTIFIKASI LEMAKA.
 
Dasar Teori
Lipida adalah senyawa organik yang tidak larut dalam air tapi dapat diekstraksidengan pelarut non polar seperti khloroform, eter, benzena, alcohol, aseton, dankarbondisulfid. Lipid juga merupakan kelompok senyawa beraneka ragam. Lemak dikenalmerupakan salah satu dari senyawa lipid. Adapun yang termasuk senyawa lipid antara lainkolesterol, steroid, dan terpenoid.
Pengertian Lemak
Lipid berasal dari kata Yunani yang berarti lemak. Secara bahasa lipid merupakanlemak, sedangkan kalau dilihat dari stukturnya, lipid merupakan senyawa trimester yangdibentuk dari senyawa gliserol dan berbagai asam karboksilat rantai panjang. Jadi lemak disusun dari dua jenis molekul yang lebih kecil yaitu gliserol dan asam lemak. Gliseroladalah sejenis alkohol yang memiliki tiga karbon yang masing-masing mengandung sebuahgugus hidroksil. Asam lemak memiliki kerangka karbon yang panjang, umumnya 16 sampai18 atom karbon, panjangnya salah satu ujung asam lemak itu adalah kepala yang terdiri atassuatu gugus karboksil dan gugus fungsional yang menyebabkan molekul ini disebut asamlemak, yang berikatan dengan gugus karboksilat itu adalah hidrokarbon panjang yang disebutekor.Sifat dari lemak:a) Hidrofobik (sulit untuk larut dalam air).b) Hanya larut dalam larutan non-polar seperti klorofom, eter, dan benzene.c) 1 gram lemak menghasilkan 39.06 kjoule atau 9,3 kcal.d) Lemak terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.Fungsi utama lemak: sebagai penyekat, bantalan dan cadangan energi. Fungsipenyekat tampak jelas pada membran sel. Seluruh sel mahluk hidup dibungkus oleh membranyang antara lain terdiri dari molekul-molekul lemak yang tersusun sedemikian rupa sehinggaisi sel terpisah dari dunia luar. Fungsi penyekat tampak jelas pula pada sel-sel syaraf. Baik selsyaraf maupun serat syaraf diliputi oleh sarung pembungkus yang disebut MIELIN, yangterutama terdiri atas lemak. Fungsi sebagai bantalan tampak misalnya pada jaringan bawahkulit, yang menebal ditempat-tempat tertentu dan juga disekitar berbagai alat didalam ronggatubuh dan dibelakang bola mata. Lemak juga merupakan bentuk cadangan energi bagi tubuh.Senyawa ini dibentuk bila tubuh kelebihan makanan dan dipecah bila tubuh kekurangan
 
3
energi. Secara kasar tampak dalam bentuk perubahan berat badan atau dalam bentuk gemuk dan kurus.
Senyawa organik ini terdapat dalam semua sel dan berfungsi sebagai :
1. Penyimpan energi dan transpor
 
2. Struktur membran3. Kulit pelindung, komponen dinding sel4. Penyampai kimiaBeberapa senyawa lipida mempunyai aktivitas biologis yang sangat penting dalam tubuh,diantaranya vitamin dan hormon. Ditinjau dari sudut nutrisi, lemak merupakan sumber kaloripenting disamping berperan sebagai pelarut berbagai vitamin.a.
 
LipidTerhidrolisisLipid terhidrolisis merupakan ester dari gliserol dengan suatu asam lemak atau asam fosfatyang mengikat etanolamin atau serinb.
 
SteroidSteroid merupakan senyawa turunan (derivat) lipid yang tidak terhidrolisis. Senyawa yangtermasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, dan estrogen. Pada umumnyasteroid berfungsi sebagai hormon. Steroid mempunyai struktur inti. Perbedaan jenis steroidyang satu dengan steroid yang lain terletak pada rantai samping (cabang) yang diikatnya.c.
 
TerpenoidSeperti halnya steroid, terpenoid juga merupakan derivat dari lipid. Senyawa ini umumnyaterdapat pada minyak atsiri, misalnya sitral (minyak sereh), geraniol (minyak mawar),limonen (jeruk), dan juga sebagai vita¬min A. Berikut ini beberapa contoh senyawa terpena.Secara Kimia, Lemak terbagi tiga , yaitu:1.
 
Lemak SederhanaLemak jenis ini bila dihidrolisis akan menghasilkan alkohol, biasanya berupa gliserol,serta menghasilkan asam lemak. Contoh yang paling banak ditemukan adalah Triasilgliserolyang disebut juga Trigliserida (TG), yang ditemukan antara lain dalam serum, dalam minyak kelapa dan dalam berbagai minya lain yang berasal dari mahluk hidup. Yang dimaksuddengan minyak adalah lemak yang dalam suhu ruang berada dalam bentuk cair , lemak yangdalam suhu ruang masih berbentuk padat disebut lemak saja. Biasanya minyak berasal daritumbuhan dan lemak dari hewan. Konsistensi cair atau padat pada suhu ruang ini biasanyaditentukan dari jumlah atom C yang menyusun asam lemak dari TG. Makin panjang atom C,biasanya makin padat. Dilain pihak, makin banyak ikatan rangkap, konsistensi semakin cair.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->