Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
terapi bicara

terapi bicara

Ratings: (0)|Views: 264 |Likes:
Published by anon_446354562

More info:

Published by: anon_446354562 on Jul 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2014

pdf

text

original

 
SHARING
 
Jika Anak Anda Terlambat Berbicara
Sumber: ibu ibu DI 
 
Tanya
Anak adik saya, lelaki umur 2 tahun 3 bulan sampai saat ini masih belum bisa bicara,kosa kata yang bisa diucapkan tidak lebih dari 5 kata : Mama, Ayah, Diii (nama kakak-nya), Ya dan Cu (minta susu). Mama dan ayahnya berusaha tiap hari untuk menambahperbendaharaan kata-kata namun sangat sulit bagi dia untuk menghafal maupunmengucapkannya.Apakah diantara Ibu ada yang punya kasus serupa? Apakah ini berhubungan dengan apayang disebut orang "autis'? (not sure yet). Menurut DSA keponakan saya, untuk umursegitu masih wajar jika susah bicara dan cuma diberi vitamin saja. Tapi kalau melihatteman-teman sebayanya kayaknya kok saya ngenes ya karena dia diam saja, tidakpernah ngoceh kayak yang lain. Please sharingnya, apakah kiranya perlu dibawa kepsikolog anak? Jika perlu, tolong referensinya. (Y)
 Jawab
Jangan panik dulu, karena perkembangan setiap anak itu berbeda. Untuk kasusterlambat ngomong perlu hati-hati untuk menganalisanya. Coba cari tahu ada tidakriwayat terlambat ngomong di keluarga, kalau memang tidak ada coba perhatikan dulu:1. kesehatan fisik anak, apakah dia sehat atau sering sakit-sakitan2. bagaimana perilaku anak, apakah dia punya perhatian terhadap sekelilingnya atauhanya sibuk dengan diri sendiri3. apakah dia ada alergi thd sesuatu (makanan, udara dll)Ini perlu sekali supaya kita tidak salah menangani masalah keterlambatan bicara inidikemudian hari. Kalau perlu jangan ragu deh pergi ke psikolog untuk berdiskusi danobservasi, jangan sampai si anak diberi label yang salah. Coba ke Lembaga PsikologiTerapan UI, disana psikolognya cukup bagus dan tidak terlalu mahal. Ini cumaberdasarkan pengalaman pribadiku saja, karena aku punya seorang anak yang dulucuma didiagnosa terlambat ngomong, karena katanya biasalah anak laki-laki terlambatngomong. Seandainya waktu bisa diputar kembali. Tapi sudahlah yang pentingkedepannya bagaimana menjaga anak-anak kita tetap sehat dan bisa berkembang sesuaidengan kemampuannya. (DN)Referensi ke Klinik Anakku.1. Kelapa Gading Boulevard Blok LA 6 no. 34-35. Kelapa Gading Permai (depan malKelapa Gading) - Jakarta Utara (450 2355-56)2. Jl . Raya Manggis Blok A no. 2B-C. Komplek Ruko Cinere (depan mal Cinere) - JakartaSelatan (754 5400)3. Komplek Green Ville Blok BG no. 14-15 - Jakarta Barat (566 9211)4. Jl. Ahmad Yani -Bekasi. Pusat Niaga kalimalang Blok A-6 no. 1-2 (885 4001-02)
Tanya
Anak saya usianya hampir 2 tahun (tepatnya 21 bulan), tapi sampai saat ini bicaranyamasih payah banget. Pernah bisa ngomong mamam, minyum, syusyu, kakak, tapi terushilang lagi. Ngocehnya masih tidak bisa kita mengerti.saya lihat pendengarannya baik,dan tingkahnya sih sudah kayak anak gede. motorik kasarnya bagus sekali. Kita sudahcoba ngajak ngomong terus, tapi kayaknya dia cuek banget. Tetap saja ngomong sesuaidengan maunya dia. apakah mungkin karena kita tinggal di lingkungan beda-bedabahasa (saya tinggal di negara berbahasa perancis, di rumah kita berbahasa indonesia,tapi TV umumnya bahasa perancis atau inggris). Bisa minta sharingnya, bagi yangpernah mengalami pengalaman serupa.
 
 Jawab
Memasuki usia dua tahun, anak sedang memasuki tahap awal tumbuh kembang kognitif yaitu tahap pra-operasional, yaitu pemahaman berdasarkan hal2 konkret saja. Jadi diamengerti apa yang bisa dia lihat saja. Kemampuan berbahasa merupakan kemampuanyang bersifat bawaan, yakni dengan sendirinya anak akan mengerti akan bahasa selamaorgan2 fungsi bicaranya berkembang baik. Namun, tidak dapat diabaikan juga adalahfaktor lingkungan dan pengalaman. Jika anak tidak diberi rangsangan secara verbal,anak tidak akan bisa belajar bahasa. Jadi, yang terpenting adalah rangsangan yang andaberikan dan hasratnya berbicara. Berikan saja perkenalan bahasa, baik indonesia,prancis, atau inggris. hal ini sangat baik untuk pembiasaan pendengarannya. Misalnya,dia sudah paham bahwa ketika mau minum, maka anda berkata minum, lalu dalambahasa prancis, besoknya dalam bahasa inggris, sambil memberikan keterangan yangmudah dimengerti, bahwa lingkungan memang mengkondisikan harus menggunakanbanyak bahasa. Jangan dipaksa atau dianggap tidak mampu berbahasa ketika anakmenunjukkan sikap cuek, kemungkinan dia sedang memprosesnya sesuai atau tidakdengan memori yang dimilikinya.
KEMUNGKINAN AUTIS:
CATATAN DARI Dr Rudy Sutadi SpA, Wakil Ketua Yayasan Autisme Indonesia:Penyandang autisme memiliki gangguan/ masalah pada bidang komunikasi, interaksisosial, dan minat yang terbatas serta berulang-ulang. Mungkin juga terdapat masalahpada bidang sensasi (indera), dan fungsi adaptif. Hal-hal tersebut menyebabkan tingkatperkembangan/kemampuan penyandang autisme semakin lama akan semakin jauhtertinggal dari anak seusianya. Dalam talk show ini, Dr. Rudy memberi contoh sebagaiberikut: Masalah pada komunikasi, misalnya anak tidak bisa bicara, terlambat bicara,bicara hanya mengeluarkan suara-suara/suku-suku kata yang tidak mempunyai arti(babling/bahasa "planit"), hanya menarik tangan orang dewasa bila menginginkansesuatu. Pada yang mulai bisa bicara, mungkin hanya sekedar mengulangi kata-kataorang lain (membeo/echoing/ echolaly) atau pada usia 18-24 bulan tiba-tiba bicaranyamenghilang (berhenti bicara).
Tanya
Mohon info seperti apa/prosesnya bagaimana untuk pemeriksaan Autisme? (apakahdengan tes-tes tertentu, ada tahap-2nya, pemeriksaan lab dll?) Apakah di dokter anaksudah cukup? Dan berdasarkan apa nantinya kesimpulan diambil? Kalaupun ada ciri-ciriyang mengarah ke penyakit Autisme dan anak mengalami salah satu gejalanya, bisadicurigai mengidap penyakit ybs? Apakah Yayasan Autisme ((waktu itu saya pernahmelihat tayangan di Metro TV yang menampilkan dokter Rudy (kalau tidak salah) sebagaiwakil ketua Yayasan tsb))sudah mempunyai situs sendiri di Internet ?
 Jawab
Gangguan autisme merupakan suatu jenis gangguan perkembangan pervasif pada anak.Untuk menegakkan diagnosa gangguan autisme ini tidaklah memerlukan suatupemeriksaan yang canggih-canggih seperti MRI, brain mapping atau CT scan, kecuali adaindikasi lain yang bermakna. Oleh karena akhir-akhir ini gangguan autisme seringdikaitkan dengan keracunan logam berat dan pertumbuhan jamur yang pesat di usus,maka beberapa pemeriksaan yang berkaitan dengan hal tsb sering dilakukan (dengancatatan sesuai indikasi yang berlaku). Untuk menegakkan diagnosis gangguan autismebiasanya didasarkan dari gejala gejala klinis yang tampak dan jelas menunjukkan polapenyimpangan dari perkembangan normal anak seusianya. Kriteria yang digunakan padasaat ini adalah dari pedoman kriteria diagnosis berdasarkan DSM-IV (Diagnostic & Statistic Manual of Mental Disorder IV) atau ICD-10 (International Classification of Disease 10).Kriteria Diagnostik gangguan autisme berdasarkan DSM IV adalah:A. Harus ada sedikitnya gejala dari (1), (2), dan (3) dengan minimal 2 gejala dari (1)
 
dan masing-masing satu gejala dari (2) dan (3) :(1). Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik.Minimal harus ada 2 gejala dari gejala di bawah ini:a. Tidak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai, kontak mata sangatkurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik yang kurang tertuju.b. Tidak bisa bermain dengan teman sebaya (sesuai dengan usia anak)c. Tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain.d. Kurangnya hubungan sosial dan emosional yang timbal balik.(2) Gangguan kualitatif dalam bidang komunikasi, seperti ditunjukkan minimal satu darigejala-gejala di bawah ini :a. Bicara terlambat atau bahkan sama sekali tidak berkembang (tak ada usaha untukmengimbangi komunikasi dengan cara lain tanpa bicara)b. Bila bisa bicara, bicaranya tidak dipakai untuk komunikasi.c. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.d. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif dan kurang bisa meniru.(3) Ada suatu pola yang dipertahankan dan diulang-ulang dalam perilaku, minat dankegiatan. Sedikitnya harus ada satu dari gejala di bawah ini:a. mempertahankan satu minat atau lebih, dengan cara yang sangat khas dan berlebih-lebihan.b. terpaku pada satu kegiatan ritualistik atau rutinitas yang tak ada gunanya.c. ada gerakan-gerakan yang aneh yang khas dan diulang-ulang.d. seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.B. Gejala-gejala di atas timbul sebelum usia 3 tahun dan adanya keterlambatan /gangguan dalam bidang:(1) interaksi sosial,(2) bicara/berbahasa,(3) cara bermain baik simbolik atau imajinatif C. Tidak disebabkan oleh sindroma RCH / gangguan disintegrasi masa kanak. Denganmempelajari gejala-gejala tsb di atas maka para orang tua dapat menduga apakah anaktsb termasuk anak dengan autisme atau bukan.
Tanya
Anak saya perempuan usia 1 tahun 8 bulan, sampai saat ini anak saya masih belum bisangomong seperti anak seusianya, ngomongnya masih belum terarah (semaunya sajangomongnya). Dan kalau diajarin untuk berbicara dia cuek saja, apalagi kalau sudahasyik nonton tv di panggil saja tidak noleh. Anak saya berat badannya kira2 11 kg dandia termaksud anak yang lincah, pro aktif dan suka bercanda,cuman satu saja sampaisekarang belum bisa ngomong. Yang ingin saya tanyakan apakah anak saya termasuklambat berbicara atau autisme?
 Jawab
Tolong anaknya dibawa saja untuk diperiksa. Tentunya saya tidak bisa memastikanapakah autis atau bukan dengan data yang terbatas. Umur 1 tahun 8 bulan belum bicaraharus diperiksa dengan teliti. Jangan menunggu, tolong diperiksakan saja.Kebetulan sama dulu juga mengalami kegelisahan seperti itu. Anak saya yang besarwaktu umur 2 tahun, kosakata yang jelas masih sedikit, sebagian besar bahasa planetyang hanya dia yang tahu artinya. Jadi seringnya komunikasi kita seperti satu arah, kitatidak ngerti apa yang diucapkan dan kalau ditanya, seringnya diam saja, atau dijawabpakai isyarat, tapi sepertinya dia mengerti apa yang kita bicarakan, Padahal di rumaheyangnya, banyak orang (om-om-nya) dan semuanya cerewet, seneng ngajak ngobrolanakku, jadi tidak mungkin karena kurang stimulasi. Saya juga konsultasikan ke DSA,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->