Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai

Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai

Ratings:

4.6

(5)
|Views: 2,867 |Likes:
Published by pawang

More info:

Published by: pawang on Jan 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

 
Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-NilaiNasionalisme
Selasa, 11-03-2008 14:30:17 oleh: tri darmiyatiKanal:Opini 
Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yangmendunia dan tidak mengenal batas wilayah.
Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses darigagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untukdiikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatutitik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersamabagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A.Jamli dkk.
Kewarganegaraan.
2005)Menurut pendapat Krsna (
Pengaruh Globalisasi TerhadapPluralisme Kebudayaan Manusia di NegaraBerkembang
.internet.public jurnal.september 2005). Sebagaiproses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalaminteraksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruangmakin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksidan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung disemua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi,sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologiinformasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalamglobalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepatsehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dankepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.Oleh karena ituglobalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya.Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagikehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebutmeliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan sepertikehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lainakan mempengaruhi nilai- nilai nasionalisme terhadap bangsa.
Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai- nilainasionalisme
1.Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahandijalankan secara terbuka dan demokratis. Karenapemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jikapemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan
 
dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasanasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.2.Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasarinternasional, meningkatkan kesempatan kerja danmeningkatkan devisa negara. Dengan adanya haltersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomibangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.3.Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru polaberpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dandisiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah majuuntuk meningkatkan kemajuan bangsa yang padaakhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebalrasa nasionalisme kita terhadap bangsa. 
Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai- nilainasionalisme
1.
Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesiabahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dankemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinanberubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologiliberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasanasionalisme bangsa akan hilang2.Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cintaterhadap produk dalam negeri karena banyaknyaproduk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola,Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Denganhilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negerimenunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalismemasyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.3.Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yanglupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia,karena gaya hidupnya cenderung meniru budayabarat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagaikiblat.4.Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajamantara yang kaya dan miskin, karena adanyapersaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Haltersebut dapat menimbulkan pertentangan antarayang kaya dan miskin yang dapat mengganggukehidupan nasional bangsa.
 
5.
Munculnya sikap individualisme yang menimbulkanketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Denganadanya individualisme maka orang tidak akan pedulidengan kehidupan bangsa.Pengaruh- pengaruh di atas memang tidak secara langsungberpengaruh terhadap nasionalisme. Akan tetapi secarakeseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadapbangsa menjadi berkurang atau hilang. Sebab globalisasi mampumembuka cakrawala masyarakat secara global. Apa yang di luarnegeri dianggap baik memberi aspirasi kepada masyarakat kitauntuk diterapkan di negara kita. Jika terjadi maka akanmenimbulkan dilematis. Bila dipenuhi belum tentu sesuai diIndonesia. Bila tidak dipenuhi akan dianggap tidak aspiratif dandapat bertindak anarkis sehingga mengganggu stabilitas nasional,ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme diKalangan Generasi Muda
Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakatterutama di kalangan muda. Pengaruh globalisasi terhadap anakmuda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telahmembuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian dirisebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari anak mudasekarang.Dari cara berpakaian banyak remaja- remaja kita yang berdandanseperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Merekamenggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkanbagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. Pada hal caraberpakaian tersebut jelas- jelas tidak sesuai dengan kebudayaankita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna.Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan caramenutupi identitasnya. Tidak banyak remaja yang maumelestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yangsopan sesuai dengan kepribadian bangsa.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Komaru Zaman liked this
asthromeria liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->