Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Puisi

Proposal Puisi

Ratings: (0)|Views: 340 |Likes:
Published by Yuyun Mailufa

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Yuyun Mailufa on Jul 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang Masalah
Pembelajaran puisi yang diberikan kepada siswa sekolah dasar berbentuk prosa, puisi, irama.Pelaksanaan pembelajaran umumnya hanya pada teori-teori saja, belum memenuhi tujuan pengajaran puisi yang meliputi teori dan praktek. Salah satu alasan yang menjadi penyebab pembelajaran puisitidak optimal karena kurangnya alokasi waktu. Selain alasan di atas, ada juga guru bahasa Indonesiayang kurang meminati karya puisi khususnya puisi, sehingga pembelajaran puisi hanya diberikanteorinya saja.Pembelajaran puisi dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didimengapresiasikan puisi, baik itu prosa, puisi, maupun irama. Pembelajaran puisi bukan hanya proses penguasaan teori puisi atau sejarah puisi. Pembelajaran puisi mencakup dua segi yaitu: (1) peningkatan kemampuan menikmati, menghayati, dan memahami karya puisi, (2) peningkatankeberanian dan keterampilan dalam menuangkan gagasan, pengalaman, dan perasaan dalam berbagai bentuk karya puisi serta membahas secara lisan atau tulisan terhadap karya puisi.Mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia adalah satu diantara banyak mata pelajaran yangdapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Mengajarkan mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada prinsipnyaadalah menanamkan kemampuan dan keterampilan dalam empat aspek kebahasaan yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Pengajaran bahasa Indonesia di sekolah mempunyai tujuan akhir,yakni agar siswa terampil berbicara, menyimak, dan membaca dan menulis.Saat ini orang berpuisi untuk mengekspresikan perasaannya, terutama mengenai keadaansekarang dam keadaan yang sedang terjadi sekarang ini. Pemahanam puisi tidak mudah. Sumardjono(1984:72) mengemukakan membaca puisi lebih sulit daripada membaca karya-karya fiksi lain.Kesulitan itu disebabkan oleh cara dan bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dengan karya-
 
karya fiksi yang lain.Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti mengambil masalah tersebut di atas gunamelakukan penelitian mengenai Peningkatan kemampuan siswa kelas VI SDN Grogol KecamatanTulangan Kabupaten Sidoarjo dalam membaca puisi anak dengan metode pemberian tugas.
1.2Rumusan Masalah
Agar rumusan penelitian ini lebih terarah, maka masalah yang ada perlu dirumuskan.Rumusan ini penting karena nantinya akan menjadi panutan dan langkah-langkah selanjutnya.Bertitik tolak dari judul dan latar belakang masalah, maka dapat dikemukakan perumusanmasalah sebagai berikut Adakah peningkatan kemampuan siswa kelas VI SDN Grogol KecamatanTulangan Kabupaten Sidoarjo dalam membaca puisi anak dengan metode pemberian tugas.
1.3Tujuan Penelitian
Setiap kegiatan yang dilakukan manusia dengan kesadaran hati mempunyai tujuan tertentu.Apalagi suatu penelitian yang hasilnya dapat memberikan sumbangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya, serta memperkaya ilmu pengetahuan pada umumnya di samping itu tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas VI SDN GrogolKecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam membaca puisi anak dengan metode pemberiantugas”.
1.4Manfaat Penelitian
Pelatihan kependidikan sangat besar manfaatnya bagi pengembangan sistem pendidikanmaupun untuk kepentingan praktis dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan penelitian diharapkandapat mengetahui hal-hal atau faktor-faktor yang menghambat maupun yang menunjang pengembangan pendidikan.Hasil penelitian ini sangat penting bagi berbagai pihak antara lain :
 
1.4.1Bagi Guru
(a)Dengan penelitian ini, penulis berharap dapat memberikan informasi atau masukan pengetahuankhususnya bidang puisi.(b)Siswa dapat lebih memahami atau mengembangkan gagasan atau ide-ide dalam membaca puisi.
1.4.2Bagi Peneliti
(
aa
Dapat dijadikan suatu masukan atau informasi emiris yang dapat memperkaya teorimengenai puisi.
(
aa
Sebagai dasar untuk penelitian serupa dimasa yang akan datang.
BAB II

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rahmat Fadli liked this
Abdul Malik liked this
Lili Aulia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->