Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
43Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
REFERAT SKIZOFRENIA

REFERAT SKIZOFRENIA

Ratings: (0)|Views: 853|Likes:
Published by Ade Dian Lestari

More info:

Published by: Ade Dian Lestari on Jul 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN KASUSSKIZOFRENIA PARANOID (F20.0)
IDENTITAS PASIEN
 Nama: Ny.HNUmur: 53 tahunJenis Kelamin: PerempuanStatus Perkawinan: JandaAgama: IslamWarga Negara: IndonesiaSuku Bangsa: MandaPendidikan: SDPekerjaan: Ibu Runah TanggaAlamat: Jl.Kompleks PAM L5. I21 ADiagnosa sementara: Skizofrenia Paranoid (F20,0)
LAPORAN PSIKIATRI
1. Riwayat Penyakit (diperoleh dari Autoanamnesa)
A. Keluhan utama :
Sering Keluar Rumah
B. Riwayat gangguan sekarang :
- Keluhan dan Gejala:Dialami ± 2 bulan yang lalu sejak pasien mulai tinggal bersama dengan iparnya. pasien mengambil barang dari rumah dan tidak mengembalikannya, Jika meninggalkanrumah pasien dapat kembali lagi ke rumah. Selain itu pasien juga sering bicara sendiri,tertawa sendiri, berteriak-teriak dan menyanyi. Pasien sering berkata dia seringmendengarkan bisikan-bisikan dari laki-laki bernama Heri yang menyuruhnya melakukan berbagai hal. Pasien menganggap Heri adalah pacarnya. Awalnya pasien sudahmenunjukkan gejala-gejala aneh seperti bicara sendiri, berteriak-teriak dan menyanyi sejak ± 10 tahun yang lalu. Tetapi perlangsungannya tidak terus-menerus, membaik tanpa pernahmendapatkan pengobatan medis. Keluarga menduga hal itu disebabkan oleh kematiansuami osi ±10 tahun yang lalu, pasien mempunyai 2 orang anak dari suaminya tersebut.
1
 
Pasien juga pernah tinggal di sebuah pulau seorang diri ±5 tahun tahun yang lalu, sebelumtinggal di pulau, pasien tinggal di kampong bersama suaminya (sebelum meninggal).Kemudian pasien dibawa ke tempat tinggal adiknya oleh warga pulau ±2 bulan yang laludikarenakan kelakuannya disana semakin parah.- Hendaya/disfungsi :* Hendaya dalam bidang social (+)* Hendaya pekerjaan (+)* Hendaya dalam penggunaan waktu senggang (+)- Faktor stressor psikososial :Tidak ditemukan- Hubungan gangguan sekarang dengan riwayat penyakit fisik dan psikis sebelumnya :Tidak ada.
C. Riwayat gangguan sebelumnya :
- Trauma (-) - Alkohol (-)- Infeksi (-)- Merokok (-)- Kejang (-)- NAPZA (-)
D. Riwayat kehidupan pribadi :
- Riwayat prenatal dan perinatal (0-3 tahun)Pasien lahir normal, cukup bulan dan persalinan dibantu oleh dukun. Selama masakehamilan ibu pasien dalam keadaan sehat. Pasien tumbuh dan berkembang dengan sehat.-Riwayat Masa anak-anak hingga remaja (usia 4-18 tahun)Pertumbuhan dan perkembangan pasien sama dengan anak normal lainnya. Paseiantinggal bersama orang tua dan saudara lainnya. Pasien seorang periang dan senang bergaul.-Riwayat Masa dewasaPendidkan terakhir pasien ialah lulus SD
E. Riwayat Kehidupan keluarga :
- Pasien anak ke 3 dari 5 bersaudara ( L,L,P,L,L)
2
 
- Hubungan dengan orangtua dan saudara lainnya baik - Pasien sudah menikah dan telah memiliki 2 orang putra- Riwayat keluarga dengan penyakit yang sama, tidak ada.
F. Situasi Sekarang :
Pasien sekarang tinggaal bersama dengan adik dan iparnya, pasien tidak bekerja
G. Persepsi pasien tentang diri dan kehidupannya :
Pasien merasa bahagia dengan kehidupannya karena mempunyai banyak uang dandi sukai oleh banyak laki-laki.
 Autoanamnesa (02 july 2010).
 DM: Assalamualaikum bu,P: Waalaikumsalam dok.DM: Perkenalkan, saya dokter muda yang bertugas disini, nama saya Wana, boleh saya tausiapa nama lengkapnya ibu ?P: Hasnah…(berfikir) Hasnah ji Bu, kalau di Al-Quran, Hasanah..HasanahDM: Bagaimana kabarnya Ibu Hasnah hari ini ?P: Eee bagus ji Bu. Itu ji kalau di rumah selalu ka dipukulDM: Siapa yang memukul ibu ?P: Semua Bu, Iparku..Saudaraku..Na pukul ka semuaDM: Boleh saya tau, kenapa ibu dipukul ?P: Nda tau..Barangkali karena selalu ka makan di rumahnya,nda na suka, kan mau ka makandirumahnya Heri. Ah, kau nda bersih, na bilangi ka begitu. Jengkel ka, sekali ku berakitempat tidurnya. Biasa kerja disini Heri dokter ?DM: Siapa itu Heri, Ibu?P: Anak Toraja, polisi. Suamiku itu .
3

Activity (43)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rani Husain liked this
nunu almaidin liked this
akulenge liked this
Athitah Pratiwi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->