Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
43460675 Teknik Teknik Sirkumsisi

43460675 Teknik Teknik Sirkumsisi

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by ayunitapermata

More info:

Published by: ayunitapermata on Jul 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

 
Teknik-teknik Sirkumsisi:
Pertama : METODE GUILLOTINE/KLASIK 
Adalah tehnik sirkumsisi dengan cara dilakukan penjepitan antara prepusium secaramelintang pada sumbu panjang penis, kemudian prepusium yang berada diatas klemdipotong.Kelebihannya peralatan yang digunakan lebih murah dan sederhana, proses memakan waktucukup singkat, sudah banyak dikenal masyarakat biaya relatif lebih murah serta bisadigunakan untuk bayi/anak dibawah 3 tahun dimana pembuluh darahnya masih kecil.Kekurangannya risiko kepala (glan) terpotong / tersayat sangat tinggi, terutama jika sayatandibawah klem koher, mukosa kadang lebih panjang sehingga membutuhkan pemotonganulang, bisa terjadi nekrosis jika jepitan koher terlalu lama, risiko perdarahan tinggi apabilatanpa dilakukan penjahitan. operasi.
Kedua : METODE STANDAR SIRKUMSISI KONVENSIONAL
 Merupakan metode yang paling banyak digunakan hingga saat ini, cara ini merupakan penyempurnaan dari metode dorsumsisi dan merupakan metode standar yang digunakan oleh banyak tenaga dokter maupun mantra (perawat). Alat yang digunakan semuanya sesuai
 
dengan standar medis dan membutuhkan keahlian khusus untuk melakukan metode ini. Kelebihannya peralatannya sudah sesuai standar medis, menggunakan pembiusan local dan benang yang jadi daging, risiko infeksi kecil dan risiko perdarahan tidak ada. Metode inicocok untuk semua kelompok umur, biayanya cukup terjangkau serta pilihan utama untuk  pasien dengan kelainan fimosis. Kekurangannya membutuhkan keahlian khusus dari pengkhitan dan proses waktunya antara 15-20 menit.
Ketiga : METODE ³LASER´ ELEKTROKAUTERY
 Metode ini sedang booming dan marak di masyarakat dan lebih dikenal dengan sebutan³Khitan Laser´. Penamaan ini sesunnguhnya kurang tepat karena alat yang digunakansamasekali tidak menggunakan Laser akan tetapi menggunakan ³elemen´ yang dipanaskan. Alatnya berbentuk seperti pistol dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan. Jika dialiri listrik, ujung logam akan panas dan memerah. Elemen yangmemerah tersebut digunakan untuk memotong kulup.
 
 Khitan dengan solder panas ini kelebihannya adalah cepat, mudah menghentikan perdarahanyang ringan serta cocok untuk anak dibawah usia 3 tahun dimana pembuluh darahnya kecil.Kekurangannya adalah menimbulkan bau yang menyengat seperti ³sate´ serta dapatmenyebabkan luka bakar, metode ini membutuhkan energi listrik (PLN) sebagai sumber dayadimana jika ada kebocoran (kerusakan) alat, dapat terjadi sengatan listrik yang berisiko bagi pasien maupun operator.Untuk proses penyembuhan, dibandingkan dengan cara konvensional itu sifatnya relatif karena tergantung dari sterilisasi alat yang dipakai, proses pengerjaanya dan kebersihanindividu yang disunat.
Keempat : METODE LASER CO2
 Istilah yang lebih tepat untuk ³Khitan Laser´ yang sesungguhnya adalah dengan metode ini.Fasilitas Laser CO2 sudah tersedia di Indonesia. Salah satunya, di Jakarta. Laser yangdigunakan adalah laser CO2 Suretouch dari Sharplan. Berikut tahapan sunat dengan laser tersebut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->