Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pendidikan keluarga

makalah pendidikan keluarga

Ratings: (0)|Views: 712 |Likes:
Published by 'Emma Setya Handoko

More info:

Published by: 'Emma Setya Handoko on Jul 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
1. Pendidikan keluarga
a. Pengertian pendidikan keluargakata keluarga berasal dari kata “ kawula” dan “warga “. Kawula artinya “abdi” yakni “hamba” sedangkan “warga” berarti “anggota”. Keluarga adalhbentuk masyarakat kecil yang terdiri dari beberapa individu yang terikatoleh suatu keturunan, yakni kesatuan antara ayah, ibu dan anak yangmerupakan kesatuan kecil dari bentuk – bentuk kesatuan masyarakat.Pendidikan keluarga adalah pendidikan yang diberikan oleh orang tuakepada anak – anaknya sesuai dan dipersiapkan untuk kehidupan anak – anak itu dimasyarakat kelak.b. Tugas pendidikan keluargaAnak lahir dalam pemeliharaan orang tua dan dibesarkan di dalamkeluarga. Orang tua tanpa ada yang memerintah langsung memikul tugassebagai pendidik, dalam pendidikan anak, orang tua bertugas sebagaipemelihara, sebagai pengasuh, pembimbing, pembina maupun sebagaiguru dan pemimpin terhadap anak – anaknya. Anak menyerap norma – norma pada anggota keluarga, baik ayah, ibu maupun kanak – kanaknya.Maka orang tua di dalam keluarga harus dan merupakan kewajibankodratiuntuk memperhatikan anak – anaknya serta mendidiknya sejak anak – anak itu kecil bahkan sejak anak itu masih ada dalam kandungan. Tugasorang tua mendidik anak – anaknya terlepas.c. Materi pendidikan keluargaKeluarga adalah pendidik yang pertama dan utama. Materi pendidikanyang utama meliputi nilai agama, nilai dan norma dari sikap yang baik.Dalam hal ini orang tua harus memberikan pendidikan dengan caramemberi contoh yang baik dalam perkataan maupun perbuatan agar anakdapat menyerap apa yang dilihat dan didengar dari lingkungannyaterutama lingkungan keluarga. Anak yang lahir dalam keluarga yangselalu membiasakan berbuat baik, biasanya menghasilkan pribadi yang
 
baik. Dan sebaliknya anak yang lahir dalam keluarga yang selalumembiasakan perbuatan – perbuatan yang tercela, biasanyamenghasilkan pribadi anak yang tercela. Pendidikan agama berpangkal juga didalam keluarga, karena suasana keagamaan dalam keluarga akanberakibat anak tersebut berjiwa agama.d. Pentingnya pendidikan keluarga- Pendidikan keluarga dipersiapkan untuk kehidupan anak – anaksebelum untuk sekolah dan tujuan ke dalam masyarakat.- Sebagai pembina perilaku- Sebagai ajang dimana sifat – sifat kepribadian anak terbentuk mulaipertama.e. Pelaksanaan pendidikan keluargaPendidikan keluarga dilaksanakan dilingkungan keluarga. Pendidikankeluarga dilaksanakan oleh orang tua kepada anak – anaknya. Anakmenyerap norma – norma pada anggota keluarganya, baik ayah, ibu,maupun kanak – kanaknya. Keluarga merupaka ajang pertama dimanasifat – sifat kepribadian anak bertumbuh dan terbentuk. Pelaksanaankegiatan pendidikan ini tanpa suatu organisasi yang ketat tanpa adanyaprogram waktu ( tak terbatas ) dan tanpa adanya evaluasi. Beberapa halyang harus diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan keluarga :
Usaha untuk menciptakan suasana yang bersih dalam lingkungankeluarga.
Sikap anggota keluarga hendaklah belajar berpegang pada hak dankewajiban masing – masing.
Orang tua hendaklah mengetahui tabiat untuk anak – anaknya.
Hindari segala sesuatu yang menusuk perkembangan jiwa anak.
Berikan anak bergaul dengan teman – temannya diluar lingkungankeluarga.
Ciptakan kondisi yang harmonis antara anggota keluarga.
 
f. Ciri ciri pendidikan keluargaDalam pendidikan keluarga terjadi interaksi antara orang tua dan anak.Dimana antara satu dengan yang lainnya memiliki hubungan yang sangaterat. Adapun ciri – ciri pendidikan keluarga diantaranya :- Dilaksanakan dilingkungan keluarga.- Dilaksanakan oleh keluarga.- Waktu yang digunakan tidak terbatas/lama pendidikan terusmenerus.- Tak ada evaluasig. Fungsi pendidikan keluarga- Merupakan pendidikan pertama dan utama bagi anak.- Dapat membentuk kepribadian anak.- Dapat mendidik tingkah laku anak.- Untuk melindungi anggota keluarganya dari berbagai gangguan.- Didalam keluarga akan tumbuh sikap tolong menolong dan tenggangrasa.- Keluarga merupakan lembaga yang berperan dalam meletakandasar – dasar pendidikan agama.- Pendidikan keluarga dapat menjamin emosional anak untu tumbuh danberkembang.- Sebagai lembaga perkumpulan ekonomi.
2. Pendidikan Sekolah
a. Pengertian pendidikan sekolahSekolah adalah lembaga dengan organisasi yang tersusun rapi dengansegala aktivitasnya direncanakan dengan sengaja yang disebut kurikulum.Pendidikan sekolah adalah semua bentuk pendidikan yangdiselenggarakan dengan sengaja, tertib dan berencana didalam kegiatanpersekolahan.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Auliya Azmie liked this
Nha Pipper SQuid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->