Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pancasila 23..

pancasila 23..

Ratings: (0)|Views: 20 |Likes:
Published by CuyunxWaelh Nurul

More info:

Published by: CuyunxWaelh Nurul on Jul 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2012

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENADAHULUAN
 1.
 
LATAR BELAKANG
 
Globalisasi adalah sebuah keniscayaan waktu yang mau tidak maudihadapi oleh negara manapun di dunia. Ia mampu memberikan paksaankepada tiap negara untuk membuka diri terhadap pasar bebas. Hampirtiap negara mengalami hal serupa dalam era globalisasi yang serbaterbuka ini. Pihak yang diuntungkan dalam perkembangan situasi initak lain adalah negara maju yang memiliki tingkat kemapanan jauh diatas negara berkembang.
 
Era globalisasi yang menuntut kita untuk selalu lebih maju padasetiap zaman,menjadikan perkembangan demi perkembangan terkadangjauh dari sebuah keteraturan. Banyaknya terjadi kasus itu hal padadasarnya merupakan tuntutan sebuah zaman yang terus berkembang.Dan seseorang ataupun sekelompok masyarkat tidak menginginkanketertinggalan dari masyarakat lain apalagi Negara
Negara yanglebih maju. Untuk itu pancasila merupakan ideology terbuka yang bisamenampung perkembangan sesuai tuntutan zaman.
 
Didalam bidang politik yang paling jelas diterapkan pengalamanpancasila tersebut.karena dibidang politik sangat memerlukanpancasila karena pancasila adalah pedoman untuk bangsa ini.bidangpolitik kalau tidak menggunakan pengalaman pancasila maka kurangberjalan dengan lancar.
 
2. Maksud dan tujuan
 
Maksud dan tujuan mempelajari aktualisasi pancasila adalahmenerapkan pengalaman tersebut dikehidupan sehari
hari. Dan kitaakan terus menjadikan pancasila sebagai pedoman untuk bangsaIndonesia. Dan tetap bertahan pancasila akan selalu dipakai dalamsetiap pengambilan keputusan.
 
Aktualisasi pancasila dan undang
undang tersebut berarti memakaipancasila dan pengalaman undang
undang untuk diterapkan dalamsetiap pengambilan keputusan.perkembangan era globalisasi bukanmerupakan penghalang untuk tetap memakai pancasila sebagai dasar
 
Negara, karena pancasila menganut ideology terbuka yang bisamenerima perkembangna zaman.
 
3
RUANG LINGKUP
 
Ruang lingkup untuk penerapan aktualisasi pancasila dan UUD 45 iniadalah :
 
 
o
 
Dalam bidang politik
 
o
 
Dalam bidang ekonomi
 
o
 
Dalam bidang social budaya
 
o
 
Dalam bidang hukum
 
Ruang lingkup yang berhubungan dengan aktualisasi ini adalah untukseluruh warga Negara Indonesia.baik yang berada dibidang- bidangtertentu maupun dalam bidang apapun .
 
BAB II
 
AKTUALISASI PENGALAMAN PANCASILA &
 
UUD 45 DALAM ERA GLOBALISASI
 1.
 
BIDANG POLITIK
Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa system pemerintahanberasal dari rakyat untuk rakyat, dimana cita
cita bangsa Indonesiaakan terwujud apabila rakyatnya ikut bekerjasama dalam bidangpolitik. organisasi politik merupakan tempat dimana para pemimpinbangsa dengan berbagai bidang yang mereka miliki akan menentukanperkembangan bangsa ini. peran dan tanggung jawab seluruh pemimpinakan menentukan masa depan suatu bangsa.maka dari itu janganpernah abaikan sebuah tanggung jawab apalagi terhadap sebuahbangsa.
 
Segala unsur politik, baik dibidang wakil rakyat, mauapun hanyaseorang walikota ,haruslah mengikuti pedoman pengalaman pancasila.Karena seperti yang kita ketahui bahwa pancasila merupakan pedomandari bangsa Indonesia. Sehingga dapat mewujudkan cita
cita bangsa.Dan dengan demikian bangsa kita ini akan maju, memperoleh pemimpin
 
yang dapat membawa nama bangsa Indonesia bangga dimata bangsalain.
 
Akan lebih jelas lagi apabila aktualisasi pancasila dan undang
 undang 1945 itu dapat diwujudkan pada semua aspek bidang terutamadibidang politik, karena mempengaruhi perkembangan NegaraIndonesia. Urusan Politik selalu berhubungan dengan kepentinganumum. Negara atau pemerintah sebagai organisasi yang palingberkompeten dan bertanggung jawab dalam mengurusi kepentinganumum.
 Bila dikaitkan dengan kebijakan negara, politik sebagai serangkaian tindakan yang ditetapkandan dilaksanakan atau tidak dilaksanakan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan atauberorientasi pada tujuan tertentu demi kepentingan seluruh masyarakat.
Pengembangan politik yang dilandasi kedaulatan rakyat sesuai denganhak asasi manusia,dalam membangun kehidupan politik haruslahdilihat dari aspek berikut :
 
 
System politik nasional yang berkedaulatan rakyat,demokratisdan terbuka
 
 
Kemandirian partai politik dalam memperjuangkan kepentinganrakyat.
 
 
Pendidikan politik kepada masyarakat untuk mengembangkanbudaya politik yang demokratis
 
2. Dibidang ekonomi
 
Kurang terwujudnya perkembangan ekonomi di Indonesia dikarenakankurang adanya mekanisme perjuangan pemerintah untukmenyamaratakan derajat pendidikan yang menjadi kendala utama yaitumasalah ekonomi. Biaya yang mahal dan sebagainya. Dan banyaknyaterjadi kesenjangan social, baik antara sesama pengusaha ataupundengan rakyat biasa.
 
Transformasi struktur:Yaitu guna memperkuat ekonomi rakyat maka perlu diciptakan systemuntuk mendorong percepatan perubahan dari ekonomi tradisionalmenjadi ekonomi modern.Dengan sendirinya intervensi birokrat pemerintah yang ikut dalamproses ekonomi melalui monopoli demi kepentingan pribadi harussegera diakhiri, dengan kembali mengamalkan nilai-nilai yang

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->