Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASUHAN KEPERAWATAN Vera Vela Hiperthyroid

ASUHAN KEPERAWATAN Vera Vela Hiperthyroid

Ratings: (0)|Views: 70 |Likes:
Published by RinNy BrowNers

More info:

Published by: RinNy BrowNers on Jul 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
ASUHAN KEPERAWATAN HIPERTIROID
HIPERTIROID
 
1. PENGERTIAN
 Hipertiroidisme (Tiroktosikosis) merupakan suatu keadaan di mana didapatkan kelebihanhormon tiroid karena ini berhubungan dengan suatu kompleks fisiologis dan biokimiawi yangditemukan bila suatu jaringan memberikan hormon tiroid berlebihan.Hipertiroidisme dapat didefinisikan sebagai respon jaringan-jaringan terhadap pengaruhmetabolik terhadap hormon tiroid yang berlebihan (Price & Wilson: 337)Hipertiroidisme (Hyperthyrodism) adalah keadaan disebabkan oleh kelenjar tiroid bekerjasecara berlebihan sehingga menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan di dalam darah.Hipertiroidisme adalah kadar TH yang bersirkulasi berlebihan. Gangguan ini dapat terjadiakibat disfungsi kelenjar tiroid, hipofisis, atau hipotalamus. (Elizabeth J. Corwin: 296).
2. ANATOMI FISIOLOGI
 Mekanisme yang berjalan di dalam tubuh manusia tersebut diatur oleh dua sistem pengaturutama, yaitu: sistem saraf dan sistem hormonal atau sistem endokrin (Guyton & Hall: 1159).Pada umumnya, sistem saraf ini mengatur aktivitas tubuh yang cepat, misalnya kontraksiotot, perubahan viseral yang berlangsung dengan cepat, dan bahkan juga kecepatan sekresibeberapa kelenjar endokrin (Guyton & Hall: 703).Sedangkan, sistem hormonal terutama berkaitan dengan pengaturan berbagai fungsimetabolisme tubuh, seperti pengaturan kecepatan rekasi kimia di dalam sel ataupengangkutan bahan-bahan melewati membran sel atau aspek lain dari metabolisme sel
 
seperti pertumbuhan dan sekresi (Guyton & Hall:1159). Hormon tersebut dikeluarkan olehsistem kelenjar atau struktur lain yang disebut sistem endokrin.Salah satu kelenjar yang mensekresi hormon yang sangat berperan dalam metabolisme tubuhmanusia adalah kelenjar tiroid. Dalam pembentukan hormon tiroid tersebut dibutuhkanpersediaan unsur yodium yang cukup dan berkesinambungan. Penurunan total sekresi tiroidbiasanya menyebabkan penurunan kecepatan metabolisme basal kira-kira 40 sampai 50persen di bawah normal, dan bila kelebihan sekresi hormon tiroid sangat hebat dapatmenyebabkan naiknya kecepatan metabolisme basal sampai setinggi 60 sampai 100 persen diatas normal (Guyton & Hall: 1187). Keadaan ini dapat timbul secara spontan maupun sebagaiakibat pemasukan hormon tiroid yang berlebihan (Price & Wilson:337-338).Tiroksin dan triiodotironin berfungsi meningkatkan kecepatan reaksi kimia dalam hampirsemua sel tubuh, jadi meningkatkan tingkat metabolisme tubuh umum. Kalsitonin berfungsimemacu pengendapan kalsium di dalam tulang sehingga menurunkan konsentrasi tingkatmetabolisme tubuh umum. Fungsi Hormon-hormon tiroid yang lain:
 
Memegang peranan penting dalam peetumbuhan fetus khususnya pertumbuhan saraf dan tulang
 
Mempertahankan sekresi GH dan gonadotropin
 
Efek kronotropik dan inotropik terhadap jantung yaitu menambah kekuatan kontraksiotot dan menambah irama jantung
 
Merangsang pembentukan sel darah merah
 
Mempengaruhi kekuatan dan ritme pernafasan sebagai kompensasi tubuh terhadapkebutuhan oksigen akibat metabolism.
 
Bereaksi sebagai antagonis kalsium.
3. PATOFISIOLOGI
 
4. PENYEBAB
 Hipertiroidisme dapat terjadi akibat disfungsi kelenjar tiroid, hipofisis, atau hipotalamus.Peningkatan TSH akibat malfungsi kelenjar tiroid akan disertai penurunan TSH dan TRFkarena umpan balik negatif TH terhadap pelepasan keduanya.
 
Hipertiroidisme akibat rnalfungsi hipofisis memberikan gambaran kadar TH dan TSH yangfinggi. TRF akan Tendah karena uinpan balik negatif dari HT dan TSH. Hipertiroidismeakibat malfungsi hipotalamus akan memperlihatkan HT yang finggi disertai TSH dan TRHyang berlebihan.Penyebab Utama1.
 
Penyakit Gravepada penyakit graves kelenjar tiroid membesar secara difus akibat adanya hipertropi danhiperplasia difus sel epitel folikel tiroid. Kelenjar biasanya lunak dan licin, kapsulnya utuh.1.
 
Toxic multinodular goitre2.
 
’’Solitary toxic adenoma’’
 3.
 
Penyebab Lain1.
 
Tiroiditis2.
 
Penyakit troboblastis3.
 
Ambilan hormone tiroid secara berlebihan4.
 
Pemakaian yodium yang berlebihan5.
 
Kanker pituitari6.
 
Obat-obatan seperti Amiodarone
5. TANDA dan GEJALA
 1.
 
Peningkatan frekuensi denyut jantung.2.
 
Peningkatan tonus otot, tremor, iritabilitas, peningkatan kepekaan terhadapKatekolamin.3.
 
Peningkatan laju metabolisme basal, peningkatan pembentukan panas, intoleranterhadap panas, keringat berlebihan.4.
 
Penurunan berat, peningkatan rasa lapar (nafsu makan baik)5.
 
Peningkatan frekuensi buang air besar6.
 
Gondok (biasanya), yaitu peningkatan ukuran kelenjar tiroid7.
 
Gangguan reproduksi8.
 
Tidak tahan panas9.
 
Cepat letih10.
 
Pembesaran kelenjar tiroid11.
 
Mata melotot (exoptalmus) Hal ini terjadi sebagai akibat dari penimbunan zat didalam
orbit 
mata.
6. KOMPLIKASI
 Komplikasi hipertiroidisme yang dapat mengancam nyawa adalah krisis tirotoksik (thyroidstorm). Hal ini dapat berkernbang secara spontan pada pasien hipertiroid yang menjalaniterapi, selama pembedahan kelenjar tiroid, atau terjadi pada pasien hipertiroid yang tidak terdiagnosis. Akibatnya adalah pelepasan TH dalam jumlah yang sangat besar yangmenyebabkan takikardia, agitasi, tremor, hipertermia (sampai 106 oF), dan, apabila tidak diobati, kematian Penyakit jantung Hipertiroid, oftalmopati Graves, dermopati Graves,infeksi.
7. DIAGNOSA MEDIS
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->