Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
cerpen

cerpen

Ratings: (0)|Views: 120|Likes:
Published by Shodiq Thefajars
http://the-fajars.blogspot.com/
http://www.gate-village.blogspot.com/
http://vilem-21.blogspot.com/
http://puisi-tasawuf.blogspot.com/
http://the-fajars.blogspot.com/
http://www.gate-village.blogspot.com/
http://vilem-21.blogspot.com/
http://puisi-tasawuf.blogspot.com/

More info:

Published by: Shodiq Thefajars on Jul 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, ODT, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/03/2014

pdf

text

original

 
Cerpen Aisyah WulansariKembali ia berjalan tertatih. Menyeret separuh bagian tubuhnya denganterpaksa. Ia merayap, memelas kepada hampir semua orang yang berlalu-lalangdi sekitar jalan protocol ini. Perawakannya kumuh, amat kucel. Tak betahlahmata ini memandangnya berlama-lama. Dengan melasnya ia memita belas kasihdari orang yang lewat. Setengah memaksa, ia meminta beberapa nilai uang dariorang-orang sekitar. Tak tega benar jika melihatnya bertingkah seperti itu.Sungguh memancing rasa empati tiap individu di sekitarnya.Keadaan kota kian gelap. Mentari perlahan meringkuh ke peristirahatannyasementara waktu. Keelokan langit sore tergambar indah pada cakrawala barat.Induk burung beterbangan menuju sarangnya, berharap buah hatinya puas akanmekanan yang telah dibawanya. Hiruk pikuk kota makin padat. Tiap insanberlomba untuk segera tiba di rumah dan menikmati ketenangan mandi denganair hangat. Di sisi lain jalan protocol yang kian padat ini, tepat di pinggir jalan ini,sosok yang telah seharian memelas dan menyeret separuh tubuhnya itumengambil duduk sejenak. Ia tersenyum puas. Bibir sumbing yang siang tadi iatunjukan, tak tampak lagi. Perlahan ia mengambil sikap siap, dan berdirisempurna. Sangat kontras dengan keadaan tubuhnya siang tadi. Ia melangkahnormal, tak menyeret tubuhnya lagi. Dengan bangga ia menghitung jumlah uangyang ia dapatkan. “Dasar orang-orang bodoh! Mudah sekali untuk mengelabuhimereka. Dengan begini aku akan kaya! Kaya…. Ya KAYA!!! Hahahahahaha…..!!!!”tawanya lepas. Penuh dengan ketamakan dalam dirinya.“Wah, Bang banyak banget tuh fulusnya. Ngobjek dimana nih?”“Eh ya iya lah, siapa dulu, Gue gitu!!! Hahaha!!” jawab Si Cacat sombong.“Makanye lu lu pade mesti pake otak kalo ngobjek. Jangan Cuma asal minta-minta. Acting dikit kek. Pasang tampang melas gitu!! Pasti dah, bakal kasian liatmuka lu pade. Bila perlu nih ye, air comberan elu siram ke badan lu!!! Makinbau, makin jelek, makin banyak duit!!!! Hahahahaha”, tutur panjang lebar SiCacat, berlagak profesional dalam menipu.“Bocah, dengerin gue ye… hidup entu cuman buat dapetin duit inget baik-baik,Cuma buat duit. Kagak lebih dari itu!!! Paham???”“Paham, Bang!!!” jawab bocah-bocah jalanan hampir serentak.Kehidupan jalanan memang terasa berbeda. Siapa yang kuat, dia ang berkuasa.Sangat persis dengan hukum rimba yang sering kita dengar dalam cerita-ceritafabel. Dan kini, Si Cacat bak dia atas angin. Ia menjadi seorang makelar dadakandi daerahnya. Semua karena uang haram yang ia dapatkan, bukan yang lain.Seperti kecanduan, Si Cacat terus melakuakan penipuan dengan menjatuhkanharga dirinya. Kembali ia merayap, meronta, berharap belas kasih dari individuyang tengah berlalu-lalang di sekitar jalan protocol tempat ia mangkal. Serasasemua sudah habis hati untuk berempati kepadanya, kian hari makin kecil pulapendapatanya. Suatu ketika ia mulai geram. Saat mentari sudah makinmembubung tinggi, tak satu keping uangpun masuk ke dalam gelasnya. Lewatsatu orang, berbelas kasih dengan Rp200,00. Tak terima, ia berteriak “Dasarpelit Lu!!!”. “Awas Lu ya, gue sumpain lu jadi kere tau rasa Lu!!!” geramnyadalam hati.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->