Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosedur Perawatan 10 Jam Operasi (Daily)

Prosedur Perawatan 10 Jam Operasi (Daily)

Ratings: (0)|Views: 1,421|Likes:

More info:

Published by: OphieHyde Sicuakepztkangenmamah on Jul 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
 
BUKU INFORMASI
PROSEDUR PERAWATAN10 JAM OPERASI (DAILY)
 
Tidak dipublikasikan hanya digunakan pada program Diploma III Teknik Mesin FPTK Universitas Pendidikan Indonesia 
ALAT BERAT
PROGRAM D III TEKNIK MESINJURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESINFAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUANUNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIABANDUNG2006
 
 
1
Perawatan Keliling Sebelum Engine Start (Semua Unit Alat Berat)
 Sebelum mengetahui tujuan dari perawatan itu sendiri, perlu diketahui terlebihdahulu apa yang dimaksud dengan perawatan. Secara umum perawatan itudapat didefinisikan sebagai usaha-usaha/tindakan-tindakan termasuk pencegahan dan perbaikan yang dilakukan untuk menjaga agar kondisi danperformance sebuah alat berat selalu seperti kondisi dan performance ketikamasih baru atau semula, tetapi dengan cara yang benar dan efektif sehinggabiaya yang dikeluarkan untuk perawatan dapat se-efektif mungkin.Tujuan dari perawatan ini adalah sebagai berikut :1)
 
 Agar alat berat yang bersangkutan selalu dalam keadaan siaga dan siap pakaisetiap saat (high availability = berdaya guna fisik yang baik).2)
 
 Agar alat berat tersebut selalu dalam keadaan prima, berdaya guna mekanisyang baik (good Performance).3)
 
 Agar biaya perbaikan alat berat tersebut menjadi lebih hemat (reduce repaircost).Perawatan 10 jam operasi ini dapat dibagi menjadi dua bagian perawatan pokok yang secara rutin dapat dilakukan dalam jangka waktu 10 jam setelah alat berattersebut dioperasikan. Yaitu perawatan preventive dan perawatan korektif.Perawatan preventive yaitu perawatan yang dilakukan terhadap alat berat gunamencegah kerusakan-kerusakan yang akan mngkin terjadi apabila tindakantersebut tidak dilakukan setelah mesin/unit dioperasikan 10 jam. Dengan katalain perawatan preventive adalah untuk mencegah sebelum terjadi kerusakansetelah mesin/unit dioperasikan 10 jam. Dengan melakukan perawatanpreventive ini dapat diperoleh keuntungankeuntungan antara lain: Mengurangikerusakan, biaya operasi menjadi lebih hemat, keamanan alat-alat berat yangkita miliki terjamin dengan baik. Perawatan korektif yaitu perawatan pada alatberat setelah terjadi ketidak normalan bagaian-bagian tertentu pada alat berattersebut. Perawatan ini dapat dilakukan dengan penggantian atau penyetelanbagian-bagian tersebut setelah mesin/unit dioperasikan 10 jam. Dengan kata lainperawatan korektif adalah perawatan pemeriksaan, penyetelan, danpenggantian. Dengan melakukan kegiatan perawatan korektif ini dapatmemberikan keuntugan yaitu bagian-bagian alat berat yag telah rusak ataumengalami trouble akan bisa kembali ke keadaan normal sehingga dapat bekerjadengan efektif.
RUANG LINGKUP PERAWATAN SEBELUM MESIN DI HIDUPKAN
Perawatan sebelum mesin dihidupkan ini maksudnya adalah segala tindakanperawatan yang dilakukan sebelum mesin atau engine di hidupkan atau dioperasionalkan. Kegiatan perawatan yang dilakukan ini meliputi perawatan unitalat-alat berat dan kaitannya dengan perawatan keliling sebelum engine di startsetelah mesin/unit dioperasikan 10 jam. Untuk prosedur perawatan keliling padaalat berat sangatlah beragam tergantung pada jenis, type dan produsennya.Namun pada intinya untuk perawatan keliling setelah engine/unit dioperasikan 10 jam mempunyai banyak kesamaan terutama pada engine dan power train,sedang untuk bagian yang lain seperti Mask, Under carriage dan steering andbraking system ada perbedaan, tentunya untuk perawatan keliling yang
 
 
2
dilakukan disesuaikan dengan prosedur yang sudah dijelaskan dalan manualbook masing-masing jenis alat berat tersebut. Berikut ini prosedur perawatankeliling pada alat berat secara umum yang dilakukan setelah 10 jam pemakainpada alat berat tersebut. Pemeriksaan ini dapat meliputi :a.
 
Pemeriksaan monitor panel.Pemeriksaan pada monitor panel ini pada dasarnya sama untuk semua jenismesin/unit alat berat, pembacaan pada monitor panel ini berdasarkan darisinyal atau kondisi yang dialami oleh bagian yang di deteksi. Bentuk monitorpanel inipun bervariasi, salah satu jenis monitor panel dari hydraulicExcavator PC200-7, produk dari komatsu.Bagian-bagian dari monitor panel ini adalah sebagai berikut :1)
 
Monitor level oli mesinMonitor ini memperingatkan operator jika oli pada engine oil pan menetesatau berkurang. Jika oli pan mesin rendah, monitor akan berkedip, jikaberkedip oil pan perlu diperiksa kemudian ditambahkan oli.2)
 
Monitor penggantian oli.Monitor ini meperingatkan operator jika waktu yang disetel sudah lewatsetelah pergantian oli, lampu ini akan memberikan informasi tentang kapanmenggati oli, sesuai dengan yang kita setel sejak awal atau pada saatmengisi oli sebelumnya dengan melihat penggantian oli pada manual book yang telah disediakan oleh pabrik pembuat alat berat tersebut. Jika lampupada tanda monitor ini menyala maka operator harus mengganti oli mesindengan yang baru.3)
 
Monitor level bahan bakar.Monitor ini memperingatkan operator jika level bahan bakar yang tersisadalam tangki bahan bakar. Jika bahan bakar yang tersisa di dalam tangkibahan bakar kurang maka lampu indikator pada monitor ini akan menyala,maka perlu ditambahkan bahan bakar.4)
 
Monitor level pengisian.Monitor ini menggambarkan ketidaknormalan pada sistem pengisian (charge)ini dilakukan saat mesin menyala atau mesin di hidupkan. Jika lampu monitormenyala, periksa kekencangan V-belt, jika ketidaknormalan ditemukan.5)
 
Monitor kontrol penyumbatan air cleaner.Monitor ini memperingatkan operator jika Air cleaner tersumbat, jika menyalaberkedip, matikan mesin dan lakukan pemeriksaan kemudian bersihkan aircleaner. Setelah pemeriksaan dilakukan maka mesin dihidupkan lagi untuk memeriksa kerja dari air cleaner tadi.6)
 
Monitor tempratur air pendingin.Monitor ini memperingatkan operator bahwa tempratur air pendingin mesinnaik atau tidak. Jika temperatur air pendingin mesin terlalu tinggi lampumonitor akan menyala dan sistem pencegahan overheat secara otomatisbekerja untuk mengurangi kecepatan mesin.7)
 
Monitor tekanan oli mesinJika tekanan lubrikasi mesin di bawah normal, monitor ini akan menyala danbuzzer berbunyi. Jika lampu menyala, matikan engine dan periksa oli pada olipan dan system lubrikasi, kemungkinan ada kebocoran atau sistem tidak bekerja dengan baik.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Irma Ceztrik liked this
Aep Wahyudi liked this
dimasfaiz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->