Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
6Activity
P. 1
PMK_113_pmk05_2012_2

PMK_113_pmk05_2012_2

Ratings: (0)|Views: 1,068 |Likes:
Published by Ali Idolaku
Peraturan baru tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap
Peraturan baru tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap

More info:

Published by: Ali Idolaku on Jul 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
 MENTERI KEUANGANREPUBLIK INDONESIA
PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIANOMOR 113/PMK.05/2012 TENTANGPERJALANAN DINAS DALAM NEGERI BAGI PEJABAT NEGARA,PEGAWAI NEGERI, DAN PEGAWAI TIDAK TETAPDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAMENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa dalam rangka mengatur ketentuan mengenaiperjalanan dinas dalam negeri bagi pejabat negara,pegawai negeri, dan pegawai tidak tetap, telah ditetapkanKeputusan Menteri Keuangan Nomor 7/KMK.02/2003tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri bagi PejabatNegara, Pegawai Negeri Sipil, dan Pegawai Tidak Tetapdan Peraturan Menteri Keuangan Nomor45/PMK.05/2007 tentang Perjalanan Dinas JabatanDalam Negeri bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, danPegawai Tidak Tetap sebagaimana telah beberapa kalidiubah terakhir dengan Peraturan Menteri KeuanganNomor 7/PMK.05/2008;b.
 
bahwa berdasarkan Pasal 7 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang PerbendaharaanNegara, Menteri Keuangan selaku Bendahara UmumNegara berwenang untuk menetapkan kebijakan danpedoman pelaksanaan anggaran negara;c.
 
bahwa agar perjalanan dinas dalam negeri dapatdilaksanakan secara lebih tertib, efisien, ekonomis,efektif, transparan, dan bertanggung jawab, perlumengatur kembali ketentuan mengenai perjalanan dinasdalam negeri bagi pejabat negara, pegawai negeri, danpegawai tidak tetap;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlumenetapkan Peraturan Menteri Keuangan tentangPerjalanan Dinas Dalam Negeri bagi Pejabat Negara,Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap;Mengingat : 1.
 
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 1974 Nomor 55, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 3041) sebagaimanatelah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun1999 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999Nomor 169, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 3890);SALINAN
 
 
MENTERI KEUANGANREPUBLIK INDONESIA
- 2 -2.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentangKeuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4286);3.
 
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentangPerbendaharaan Negara (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4355);4.
 
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentangPemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung jawab KeuanganNegara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2004 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4400);5.
 
Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2002 tentangPedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan BelanjaNegara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2002 Nomor 73, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4214) sebagaimana telah beberapa kalidiubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2010;6.
 
Keputusan Presiden Nomor 56/P Tahun 2010.MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN MENTERI KEUANGAN TENTANG PERJALANANDINAS DALAM NEGERI BAGI PEJABAT NEGARA, PEGAWAINEGERI, DAN PEGAWAI TIDAK TETAP.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Menteri ini, yang dimaksud dengan:1.
 
Perjalanan Dinas Dalam Negeri yang selanjutnya disebutPerjalanan Dinas adalah perjalanan ke luar tempatkedudukan yang dilakukan dalam wilayah RepublikIndonesia untuk kepentingan negara.2.
 
Pejabat Negara adalah pimpinan dan anggota lembagatertinggi/tinggi negara sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Dasar Tahun 1945 dan Pejabat Negaralainnya yang ditentukan oleh Undang-Undang.3.
 
Pegawai Negeri adalah setiap warga negara RepublikIndonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan,diangkat oleh pejabat berwenang dan diserahi tugasdalam suatu jabatan dalam negeri, atau diserahi tugasnegara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturanperundangan-undangan yang berlaku.
 
 
MENTERI KEUANGANREPUBLIK INDONESIA
- 3 -4.
 
Pegawai Tidak Tetap adalah Pegawai yang diangkatuntuk jangka waktu tertentu guna melaksanakan tugaspemerintahan dan pembangunan yang bersifat teknisprofesional dan administrasi sesuai dengan kebutuhandan kemampuan organisasi.5.
 
Perjalanan Dinas Jabatan adalah Perjalanan Dinasmelewati batas Kota dan/atau dalam Kota dari tempatkedudukan ke tempat yang dituju, melaksanakan tugas,dan kembali ke tempat kedudukan semula di dalamnegeri.6.
 
Perjalanan Dinas Pindah adalah Perjalanan Dinas daritempat kedudukan yang lama ke tempat kedudukan yang baru berdasarkan surat keputusan pindah.7.
 
Kuasa Pengguna Anggaran yang selanjutnya disingkatKPA adalah adalah pejabat yang memperoleh kuasa dariPengguna Anggaran untuk melaksanakan sebagiankewenangan dan tanggung jawab penggunaan anggaranpada Kementerian Negara/Lembaga yang bersangkutan.8.
 
Pejabat Pembuat Komitmen yang selanjutnya disingkatPPK adalah pejabat yang diberi kewenangan olehPengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran untukmengambil keputusan dan/atau tindakan yang dapatmengakibatkan pengeluaran atas beban AnggaranPendapatan dan Belanja Negara (APBN).9.
 
Surat Perjalanan Dinas yang selanjutnya disingkat SPDadalah dokumen yang diterbitkan oleh Pejabat PembuatKomitmen dalam rangka pelaksanaan Perjalanan Dinasbagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, Pegawai Tidak Tetap, dan Pihak Lain.10.
 
Pelaksana SPD adalah Pejabat Negara, Pegawai Negeri,dan Pegawai Tidak Tetap yang melaksanakan PerjalananDinas.11.
 
Lumpsum 
adalah suatu jumlah uang yang telah dihitungterlebih dahulu (
 pre-calculated amount 
) dan dibayarkansekaligus.12.
 
Biaya Riil adalah biaya yang dikeluarkan sesuai denganbukti pengeluaran yang sah.13.
 
Perhitungan Rampung adalah perhitungan biayaPerjalanan Dinas yang dihitung sesuai kebutuhan riilberdasarkan ketentuan yang berlaku.14.
 
 Tempat Kedudukan adalah lokasi kantor/satuan kerja.15.
 
 Tempat Tujuan adalah tempat/Kota yang menjadi tujuanPerjalanan Dinas.16.
 
 Tempat Tujuan Pindah adalah tempat/Kota tujuanpindah.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Namaquu Ameliaa liked this
Zamurai HytaKe liked this
Taufiq Att liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->