Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Gereja Dalam Dunia Modern

Peran Gereja Dalam Dunia Modern

Ratings: (0)|Views: 170 |Likes:
Published by Paijo Tole

More info:

Published by: Paijo Tole on Jul 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2012

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang Masalah
Sejalan dengan perjalanan perkembangan zaman dewasa ini. Umat-umat Kristen katolik khususnya semakin pintar, cerdas, dan kreatif. Karena kecerdasan dan kekreatifannya itu akhirnyaumat-umat katolik selalu bertanya-tanya tentang makna hidup sekarang dan di masa mendatang, sertahubungan timbal balik antara keduanya. Kerena ini membuat mereka gelisah akan hidup merekadimasa akan datang dan adapun ini juga didasari dengan berbagai factor lainnya.Disini Gereja menyadari bahwa untuk menjawab semua petanyaan itu Gereja harus selaluwajib menyelidiki tanda-tanda zaman dan menafsirkannya dalam cahaya Injil. Adapun Gereja harusmengimani, bahwa Kristus telah wafat dan bangkit bagi semua orang Ia mengurniakan kepadamanusia terang dan kekuatan melalui Roh-Nya, supaya manusia mampu menanggapi panggilannyayang amat luhur. Dan dibawah langit tidak diberikan kepada manusia nama lain, yang bagi merekaharus menjadi pokok keselamatan. Begitu pula Gereja percaya, bahwa kunci, pusat dan tujuan seluruhsejarah manusia terdapat pada Tuhan dan Gurunya. Selain itu Gereja menyatakan, bahwa dibalik segala perubahan ada banyak hal yang tidak berubah, dan yang mempunyai dasarnya yang terdalam pada diri Kristus, Dia yang tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.Seluruh pertanyaan dan permasalahan umat, Gereja haruslah bisa menyelesaikannya terutama permasalahan dizaman dewasa ini. Oleh karena itulah Gereja harus melihat perkembangan dari zamanke zaman dan menafsirkannya dalam cahaya Injil. Adapun Gereja harus perpatokan dengan Tuhankita Yesus Kristus yang melayani umat tanpa hentinya. Dengan berbagai permasalahan yang terterahdiatas disini pernulis terdorong untuk memecahkan permasalah tersebut.
1.2Rumusan Masalah
1
 
Dalam penulisan karya tulis ini, penulis ingin melihat secara khusus peran Gereja di Duniadewasa ini, terutama dalam menanggapi dan menyelesaikan pertanyaan dan permasalah yang dialamioleh umat. Permasalah tersebut oleh penulis dirumuskan sebagai berikut.1.Apakah factor-faktor yang menyebabkan umat selalu bertanya-tanya tentang hidup ini…..?2.Permasalah apa yang dihadapi oleh umat…..?3.Bagaimana Gereja menanggapi permasalah dizaman dewasa ini…..?
4.
Apa peran Gereja di Dunia dewasa ini……?
1.3Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan karya tulis ini, yaitu untuk menjawab peertanyaan-pertanyaan yangada pada rumusan masalah, antara lain yaitu sebagai berikut :1.Untuk mengetahui factor-faktor yang menyebabkan umat selalu bertanya-tanya tentang hidupini.2.Untuk mengetahui Permasalah apa yang dihadapi oleh umat.3.Untuk mengetahui Gereja menanggapi permasalah dizaman dewasa ini.4.Untuk mengetahui Apa peran Gereja di Dunia dewasa ini.
1.4Manfaat Penulisan
Dalam penulisan karya tulis ini baik penulis maupun pembaca mendapatkan manfaatnya yaituseperti: mengetahui pertanyaan dan permasalahan umat, peran Gereja dan bagaimana gerjamenanggapinya di dalam dunia yang moderen ini.
1.5Metode Penulisan
Dalam penulisan karya tulis ini. Penulis menggunakan metode kepustakaan. Metode inimengguraikan dan membahas masalah-masalah dengan memanfaatkan sumber-sumber tertulis seperti buku-buku ilmiah maupun sumber lainnya yang menunjang dan berkaitan dengan permasalahan yangdibahas.
BAB II
2
 
KENYATAAN MANUSIA DI DUNIA MASA KINI
2.1 Harapan dan kegelisahan
KEGEMBIRAAN DAN HARAPAN, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang,terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dankecemasan para murid Kristus juga. Untuk menunaikan tugas seperti melayani, Gereja selalu wajibmenyelidiki tanda-tanda zaman dan menafsirkannya dalam cahaya Injil. Demikianlah Gereja – dengan cara yang sesuai dengan setiap angkatan – akan dapat menanggapi pertanyaan-pertanyaan,yang disegala zaman diajukan oleh orang-orang tentang makna hidup sekarang dan di masamendatang, serta hubungan timbal balik antara keduanya. Maka perlulah di kenal dan difahami duniakediaman kita beserta harapan-harapan, aspirasi-aspirasi dan sifat-sifatnya yang sering dramatis.Adapun beberapa ciri utama dunia sekarang dapat digariskan sebagai berikut.Dewasa ini umat manusia berada dalam periode baru sejarahnya, masa perubahan-perubahanyang mendalam dan pesat berangsur-angsur meluas ke seluruh dunia. Perubahan-perubahan itu timbuldari kecerdasan dan usaha kreatif manusia, dan kembali mempengaruhi manusia sendiri, cara-caramenilai serta keinginan-keinginannya yang bersifat perorangan maupun kolektif, cara berfikir dan bertindak terhadap benda-benda maupun sesama manusia. Demikianlah kita sudah dapat berbicaratentang perombakan sosial dan budaya yang sesungguhnya, serta berdampak juga atas hidupkeagamaan.Seperti terjadi pada krisis pertumbuhan manapun juga, perombakan itu membawa sertakesukaran-kesukaran yang tak ringan. Demikianlah, sementara manusia begitu memperluaskekuasaannya, ia toh tidak selalu mampu mengabdikannya kepada dirinya. Ia berusaha menyelamisecara makin mendalam rahasia batin jiwanya sendiri, namun acap kali nampak kurang pasti tentangdirinya. Lambat laun ia makin jelas menemukan hukum-hukum hidup kemasyarakatan, tetapi seringragu-ragu tentang bagaimana mengarahkannya.Tidak pernah bangsa manusia begitu berlimpah harta-kekayaan, kemungkinan-kemungkinanserta kekuatan ekonominya; akan tetapi sebagian masih sangat besar penghuni dunia tersiksa karenakelaparan dan kekurangan, dan tak terhitunglah jumlah mereka yang sama sekali buta huruf. Tidak  pernah manusia mempunyai rasa kebebasan setajam sekarang ini; namun sementara itu muncullah jenis-jenis baru perbudakan sosial dan psikis. Dunia begitu mendalam merasakan kesatuannya sertasaling tergantungnya semua orang dalam solidaritas yang memang mesti ada; tetapi sementara itutertimpa oleh perpecahan yang amat gawat akibat kekuatan-kekuatan yang saling bermusuhan; sebab
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->