Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagaimana Membuat PCB Sendiri

Bagaimana Membuat PCB Sendiri

Ratings: (0)|Views: 22 |Likes:
Published by Arief Nur Khoerudin

More info:

Published by: Arief Nur Khoerudin on Jul 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2012

pdf

 
Elektronika
Cara Membuat PCB
Arief Nur Khoerudin – Teknik Informatika – UNIKOM Bandung
Bagaimana membuat PCB sendiri ?
Project ini akan menjelaskan bagaimana cara untuk membuat PCB sendiri dirumah.yang anda butuhkan adalah beberapa alat dan waktu untuk eksperimen.Kita bisa membuat PCB dengan biaya yang murah, berikut langkahnya :
 
Software tools : Schematic dan PCB lay out program 
 
Siapkan PCB
 
Cetak gambar ke PCB, ada beberapa cara : 1.
 
UV photoresist laminate 2.
 
Sablon 3.
 
Toner transfer paper  4.
 
Cetak langsung ke PCB
 
Etching 
 
Drilling 
 
Silver Coated PERHATIAN !!
 Mohon di perhatikan bahwa membuat PCB menggunakan beberapa bahan kimia yang berpotensi berbahaya, Ini adalah tanggung jawab anda sendiri jika anda memakainya. jika andatidak ingin mengambil resiko, jangan mencoba untuk memakai bahan kimia ini.
 
 Di sarankan untuk memakai alat bantu keamanan seperti kacamata goggles, baju yang tebal,dan sarung tangan waktu anda memakai bahan kimia
. Di beberapa negara beberapa alat dan bahan kimia tertentu sangat di larang, karena bahantersebut memungkinkan menghasilkan limbah yang sulit di daur ulang dan dapat merusak lingkungan. Ini adalah tanggung jawab anda pribadi untuk mematuhi larangan tersebut, Beberapa persyaratan dan peralatan keamanan harus di patuhi dalam project ini.
 
Saya ingin memberikan beberapa contoh yang harus di ingat : NaOH (caustic soda) dan ferricChloride sangat berbahaya dan tidak sehat, jangan sampai udara nya terhirup oleh anda.
Caustic soda bisa menghancurkan kain, kulit dan tissue
 , dan
Ferric Chloride dapat membuat logam berubah warna menjadi kuning secara permanen. Jangan memakai NaOH dan ferric chloride dengan logam, terutama alumunium
. Ferric Chloride bisa melarutkan stainless steel.Cari tahu dan lakukan persiapan sebelum anda mendapatkan kecelakaan kerja yang tidak di
 
Elektronika
Cara Membuat PCB
Arief Nur Khoerudin – Teknik Informatika – UNIKOM Bandung
harapkan.Tandai botol botol berbahan kimia supaya tidak keliru, dan jauhkan dari anak anak. Gunakanbotol berbahan plastik yang tebal, supaya aman bila kena panas.
  Jangan taruh bahan kimia di tempat yang panas seperti di mobil atau di bagian rumah yang terkena sinar matahari langsung.
 Perlu di ingat Sinar ultraviolet dari matahari dapat mengaktifkan UV sensitive resin lapisan PCB, dan itu tidak sehat untuk kita.
Tatap mata langsung dengan sinar ultra violet dapat menyebabkan katarak.
 Debu yang di hasilkan dari pemotongan dan proses bor PCB tidak sehat untuk pernafasan danmata kita, dan dapat menyebabkan penyakit paru paru.
Software Tools : Schematic dan PCB Lay out program
Pertama tama untuk mendesign PCB lay out kita membutuhkan software bantu seperti : Protel,Orcad, PCB designer, eagle, CAM350 , Express PCB atau yang lain.Saya lebih suka menggunakan protel untuk mendesign rangkaian elektronika.Langkah pertama, kita membuat Gambar Schematic dengan protel.
 
Elektronika
Cara Membuat PCB
Arief Nur Khoerudin – Teknik Informatika – UNIKOM Bandung
Untuk dapat mengkonversi ke bentuk PCB, kita harus create netlist dahulu.Cek netlist report untuk meyakinkan semua sudah benar. buka netlist dari protel pada program PCB layout, kemudian kita akan melakukan routingalur/tracks.Ada 2 macam routing, manual dan automatic.Saya lebih suka menggunakan Manual route, karena saya bisa mendesign sesuai dengan selerasaya dengan optimal. Jika anda menggunakan auto route, kemungkinan gambar yang di hasilkan bisa menjadi 2 layer dan itu tidak optimal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->