Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan

Ratings: (0)|Views: 289 |Likes:
Published by Arief Nur Khoerudin
Makalah Ipa - Pencemaran Lingkungan
Makalah Ipa - Pencemaran Lingkungan

More info:

Published by: Arief Nur Khoerudin on Jul 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2014

pdf

text

original

 
IPA Pencemaran Lingkungan Arief Nur Khoerudin July 26, 2012
 1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang 
Islam adalah Agama yang sempurna, karena ia adalah system hidup yangditurunkan oleh Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana, hal ini didasarkan padafirman Allah SWT : “Pada hari ini Aku sempurnakan bagimu agamamu dan Akucukupkan atasmu nikmat-Ku, dan Aku ridhai Islam sebagai aturan hidupmu.” (QS.5:3). Oleh karena itu aturan Islam haruslah mencakup semua sisi yang dibutuhkan olehmanusia dalam kehidupannya. Demikian tinggi, indah dan terperinci aturan SangMaha Rahman dan Rahim ini, sehingga bukan hanya mencakup aturan bagi sesamamanusia saja, melainkan juga terhadap alam dan lingkungan hidupnya.Di era globalisasi sekarang ini dunia dihadapi berbagai masalah, salah satunyaadalah pemanasan global yang dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan terhadaplingkungan sekitar kita. Karena pemanasan global, polusi, hutan yang berkurang,pasokan terbatas sumber daya alam, orang menjadi sadar akan pentingnya menjagalingkungan. Sampah di lingkungan yang mempengaruhi udara, air, tanah, hewan,tumbuhan dan manusia. Apabila kita menggunakan lingkungan sebagai limbah, kitamengambil tanah dari alam liar, polusi lingkungan, dan menguras sumber daya alam.Maka sedikit demi sedikit alam yang ada di sekitar kita akan berubah menjadi tampatyang tak pernah akan kita impikan untuk anak cucu kita nanti.
B.
 
Tujuan.
1.
 
Mengetahui penyebab terjadinya kerusakan ekosistem2.
 
Mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan ekosistem3.
 
Dapat mengerti dan memahami pentingnya ekosistem dalam kehidupan4.
 
Dapat memahami bagaimana upaya-upaya pelestarian ekosistem
 
IPA Pencemaran Lingkungan Arief Nur Khoerudin July 26, 2012
 2
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Ekosistem
a.
 
Pengertian Ekosistem
 kosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbalbalik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsurlingkungan hidup yang saling mempengaruhi.
Ekosistem
. Ekosistem adalah suatukomunitas tumbuhan, hewan dan mikroorganisme beserta l
ingkungan non-hayati yangdinamis dan kompleks, serta saling berinteraksi sebagai suatu unit yang fungsional.Manusia merupakan bagian yang terintegrasi dalam ekosistem. Ekosistem sangatbervariasi dalam hal ukuran – dapat berupa genangan air pada suatu lubang pohonhingga ke samudera luas.Ilmu yang mempelajari ekosistem disebut ekologi. Ekologi berasal dari dua katadalam bahasa Yunani, yaitu
oikos
dan
logos.
Oikos artinya rumah atau tempat tinggal,dan logos artinya ilmu. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel(1834-1914).Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru, yang baru muncul padatahun 70-an. Akan tetapi, ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabangbiologinya. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankankehidupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hidup dan denganbenda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya.
 
b.
 
Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
a.
 
IndividuIndividu adalah satu makhluk hidup, misalnya seekor semut, seekor burung dansebuah pohon.
E
 
IPA Pencemaran Lingkungan Arief Nur Khoerudin July 26, 2012
 3
b.
 
PopulasiPopulasi adalah kumpulan individu sejenis yang dapat berkembangbiak sertaberada pada tempat yang sama dan dalam kurun waktu yang sama. Contoh populasiadalah sekelompok semut di atas meja.c.
 
KomunitasKomunitas adalah kumpulan beberapa macam populasi yang menempati daerahyang sama pada waktu yang sama, contohnya komunitas hutan jati, padang rumputdan hutan pinus.d.
 
EkosistemEkosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungannya yang membentuksuatu hubungan timbal balik di antara komponen-komponennya. Komponen suatuekosistem mencakup seluruh makhluk hidup dan makhluk tidak hidup yang terdapatdi dalamnya.e.
 
BiomaBioma adalah suatu ekosistem darat yang khas dan luas cakupannya.f.
 
BiosferBiosfer adalah berbagai bioma di permukaan bumi yang saling berhubungan danmembentuk sistem yang lebih besar lagi.Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dibedakan menjadi ekosistembuatan dan ekosistem alami. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secaraalamiah, tanpa campur tangan manusia. Contohnya rawa, sungai dan laut. Jika suatuekosistem sengaja dibuat manusia maka disebut ekosistem buatan. Contohnyaekosistem sawah, kebun, kolam, waduk dan akuarium.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->