Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
APLIKASI MIKROPROSESOR

APLIKASI MIKROPROSESOR

Ratings: (0)|Views: 125 |Likes:
Published by Arief Nur Khoerudin

More info:

Published by: Arief Nur Khoerudin on Jul 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

 
APLIKASI MIKROPROSESOR _ SENSOR ULTRASONIK 
Aplikasi mikroprosesor &kendali mikroprosesor Mikroprosesor Mikroprosesor adalah mesin kecil sebagai pemproses dan pengendali utama proses yang terjadi pda komputer,yang dibuat dalam bentuk chip. meskipun ukurannya secara fisik tidak terlalu besar ,tetapi pemikir utama dari sebuah komputer adalah pada mikropsesor ini, dan disinilah proses utama diolah.
 
Didalam chip ini terdapat rangkaian ALU, CU dan register-register 
 
ALU (aritmatic Logic Unit) : tempat berlangsungnya perhitungan matematika dan logika
 
CU (Control Unit) : membuat semua unit bekerjasama dalam suatu sistem sertamengontrol perpindahan data ke CPU
 
Register : tempat penyimpanan data sementara dalam suatu mikroprosesor Mikroprosesor adalah piranti yang tidak akan bisa bekerja kalau tidak ada perangkat lunak,inilah yang membedakan mikroprosesor dengan rangkaian digital diskrit. Kemampuannya untuk diprogram,dan diprogram ulang adalah suatu kelebihan didalam mikroprosesor.Hampir semua fungsi rangkaian digital dapat diambil alih oleh suatu sistemmikroprosesor/mikrokontroler,tetapi tidak perlu semua rangkaian digital harus dengan sistemmikrokontroler.Dalam perkembangannya, mikroprosesor dibuat menurut kebutuhan aplikasinya yang lebihspesifik:1.
 
Mikroposesor RISC (reduced intruction set of computing) dan jenis CISC ( complexintruction set of computing) jenis ini digunakan untuk pengolahan informasi dg softwareyang rumit dan digunakan untuk kebanyakan pc saat ini.2.
 
Pengolah sinyal digital-DSP(digital signal prosesor) memiliki software dan hardwareyang ditujukan untuk mempermudah proses-proses sinyal digital.3.
 
Mikrokontroler : yang dikhususkan untuk intrumentasi dan kendali contoh: pada kendalimotor.Pada sistem komunikasi, hampir semua alat penting menggunakan sistem mikroprosesor. Padahari ini, sistem komunikasi hampir selalu terkait dengan komputer atau mikroprosesor. Berikutini adalah beberapa contohnya.1.
 
Sentral Telepon PSTN atau saluran analog dengan bandwidth 4 kHz. Saat ini, hampir semua sistem switching atau penyambungan telepon dilakukan secara digital, randominput sequential ouput atau sebaliknya. Tentu saja semua ini diwujudkan denganmenyertakan sistem mikroprosesor.
 
2.
 
Provider Telepon Digital seperti ISDN, DSL dll. Selain untuk switching atau penyambungan dan queuing atau antrian, sistem mikroprosesor pada provider telepondigital juga dimanfaatkan untuk banyak hal lain termasuk network management danoptimasi Quality of Service.3.
 
Provider Telepon Seluler. Meskipun menggunakan saluran radio frekuensi, hampir semua telepon seluler mnerapkan komunikasi digital.4.
 
Handphone. Handphone yang kecil dan murah sekalipun, harus dilengkapi denganmikroprosesor, karena untuk membaca keypad, menyimpan phonebook, kalkulator,mengirim SMS dll memerlukan sistem instrumentasi digital.5.
 
Komunikasi Satelit. Selain untuk sistem kendali dan instrumentasi satelit, mikroprosesor  juga digunakan untuk switching, muliplexing, queuing, error correction dll.Penggunaan mikroprosesor pada sistem kendali dan instrumentasi diterapkan di hampir semuainstrumen dan alat kendali, mulai dari instrumen kecil seperti barcode reader, sampai instrumen besar seperti panel pesawat terbang. Mulai dari alat kedokteran seperti MRI (MagneticResonance Imaging) sampai alat perang seperti stinger missile untuk serangan darat ke udara.Berikut ini adalah bebrapa contoh penerapan sistem mikroprosesor untuk alat kendali daninstrumentasi.1.
 
EFI, electronic fuel injection yang diterapkan pada mesin-mesin bakar modern. Alat inidipakai untuk mengoptimalkan pemakaian bahan bakar untuk torsi dan kecepatanmaksimum.2.
 
Instrumen Lift. Prosesor digunakan untuk membaca tekanan tombol dan mengendalikangerakan motor listrik, sehingga lift dapat begerak sesuai dengan tekanan tombol dancukup nyaman bagi pemakai, tidak berhenti atau bergerak mendadak.3.
 
Sistem pengatur ketepatan cetak dan potong pada mesin pengganda media kertas sepertikoran dan majalah. Tanpa koreksi dari sistem mikroprosesor, selain hasil yang kurangrapi, alat pemotong atau pencetak harus sering disetting ulang dan ini sangat tidak realistis. Kita4.
 
d. dapat lihat, pada setiap halaman koran atau majalah ada terdapat mark atau tanda, baik tanda untuk warna maupun tanda untuk alat potong.5.
 
Alat pengolah data pada VCD atau DVD player. Karena data disimpan dalam CD dalamkeadaan dikompres, maka untuk mengubahnya menjadi gambar atau suara perludilakukan dekompresi data yang jelas memerlukan algoritma tertentu yang diwujudkandengan program. Tentu saja ini memerlukan sistem mikroprosesor.
 
Contoh Aplikasi Mikroprosesor.
 Berikut ini adalah contoh penggunaan
prosesor MSP430F413
 buatan Texas Instrumenuntuk mengendalikan alat ukur jarak yang menggunakan gelombang ultrasonik 40 kHz.Mikroprosesor pada alat ini berperan sebagai pengendali yang mengaktifkan pengirimsinyal, mengukur waktu propagasi sinyal dengan menunggu aktifnya penerima sinyal ataumenunggu kedatangan sinyal pantulan, kemudian menghitung jarak antara alat ini dengan bendayang memantulkan sinyal ultrasonik serta menampilkan hasil perhitungannya dalam bilangandesimal pada display 7-segment.Gambar 1.2. Aplikasi mikroprosesor untuk alat pengukur jarak.Secara umum, alat ini terdiri dari 4 komponen utama, yaituSistem mikroprosesor single chip. Atau Chip tunggal yang mengandung prosesor, memory dan I/O meskipun dengan kapasitas yang sangat kecilRangkaian elektronika penghasil dan penerima gelombang ultrasonik Display 7-segmentProgram dalam bahasa asembli yang terdiri dari beberapa modul, yaituinisialisasi, pembaca tombol aktif, pengendali pengirim dan penerima, pengukur durasi propagasi gelombang, penghitung jarak dan penampil ke 7-segment.
SENSOR ULTRASONIK 
Yaitu suatu alat yang berfungsi mengukur besaran jarak dankecepatan dan sensor ini tidak langsung dapat masuk ke mikrokontroller karena perlu pentesuaian besaran tegangan dan lain-lainnya maka dikondisikan dulu sinyalnya dibagian pengkondisi sinyal (signal conditioner), sehingga levelnya sesuai atau dapat dimengerti oleh bagian input mikrokontroller atau prosseor lainnya.
Tampilan Kristal Cair (Liquid Crystal Display) LCD adalah :
suatu jenis media tampilanyang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer.Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiridari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya,namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra.Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medanmagnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskansedangkan warna lainnya tersaring.
Pemuat atau KAPASITOR 
merupakan alat elektrik atau elektronik yang mampu menyimpantenaga di medan elektrik antara sepasang pengalir (plat). Proses menyimpan tenaga dalamkapasitor dikenali sebagai "mengecas", dan melibatkan cas elektrik yang mempunyai magnitudyang sama, tetapi kekutuban yang berlawan yang berkumpul di kedua-dua plat masing-masing.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->