Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Satuan Acara Penyuluhan Imunisasi Hepatitis

Satuan Acara Penyuluhan Imunisasi Hepatitis

Ratings: (0)|Views: 388 |Likes:
Published by Anymphs Niroro

More info:

Published by: Anymphs Niroro on Jul 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2014

pdf

text

original

 
SATUAN ACARA PENYULUHAN ( SAP ) HEPATITIS
I.
 
IDENTIFIKASI MASALAHImunisasi hepatitis B merupakan imunisasi yang diwajibkan, lebih dari 100 negaramemasukkan vaksinasi ini dalam program nasionalnya. Jika menyerang anak, penyakityang disebabkan virus ini sulit disembuhkan. Bila sejak lahir telah terinfeksi virushepatitis B (VHB) dapat menyebabkan kelainan-kelainan yang dibawanya terus hinggadewasa. Sangat mungkin terjadi sirosis atau pengerutan hati.Banyak jalan masuk virus hepatitis B pada anak. Yang potensial melalui jalanlahir. Cara lain melalui kontak dengan darah penderita, misalnya transfusi darah. Bisa juga melalui alat-alat medis yang sebelumnya telah terkontaminasi darah dari penderitahepatitis B, seperti jarum suntik yang tidak steril atau peralatan yang ada di klinik gigi.Bahkan juga bisa lewat sikat gigi atau sisir rambut yang digunakan antar anggotakeluarga.Sayangnya, tak ada gejala khas yang tampak secara kasat mata. Bahkan olehdokter sekalipun. Fungsi hati kadang tak terganggu meski sudah mengalami serosis.Anak juga terlihat sehat, nafsu makan baik, berat badan juga normal. Penyakit barudiketahui setelah dilakukan pemeriksaan darah.Upaya pencegahan adalah langkah terbaik. Jika ada salah satu anggota keluargadicurigai kena Virus Hepatitis B, biasanya dilakukan screening terhadap anak-anaknyauntuk mengetahui apakah membawa virus atau tidak. Selain itu, imunisasi merupakanlangkah efektif untuk mencegah masuknya virus hepatitis B.II.
 
PENGANTARBidang studi : Pendidikan kesehatanTopik : HepatitisSub topic : Imunisasi.Sasaran : Mahasiswa FKp angkatan 2009Hari / tanggal : Rabu, 31 Juli 2012Jam : 09.00Waktu : 20 menitTempat : Ruang kelas A9III.
 
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM ( TIU )Setelah mengikuti kegiatan konseling diharapkan warga mampu memahamitentang imunisasi hepatitis dan mampu mencegah penyebaran virus yang menyebabkanhepatitis.IV.
 
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUH ( TIK )Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan diharapkan peserta penyuluhan dapatmenjelaskan kembali :1.
 
Pengertian imunisasi hepatitis2.
 
Jumlah dan usia pemberian imunisasi hepatitis3.
 
Lokasi penyuntikan imunisasi hepatitis4.
 
Efek samping imunisasi hepatitis5.
 
Tanda keberhasilan imunisasi hepatitis
 
 V.
 
MATERITerlampirVI.
 
METODE1.
 
Penyuluhan2.
 
Tanya jawabVII.
 
MEDIA1.
 
Leaflet2.
 
FlipchartVIII.
 
KEGIATAN PEMBELAJARANNo. Waktu Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Sasaran1. 3 menit Pembukaan:-
 
Memberi salam-
 
Menjelaskan tujuan-
 
Menjawab salam-
 
Mendengarkan danmemperhatikan2. 10 menit Pelaksanaan:-
 
Menjelaskan materiimunisasi hepatitis secaraberurutan dan teraturMateri:1.
 
Pengertian imunisasihepatitis2.
 
Jumlah dan usiapemberian imunisasihepatitis3.
 
Lokasi penyuntikanimunisasi hepatitis4.
 
Efek sampingimunisasi hepatitis5.
 
Tanda keberhasilanimunisasi hepatitisMenyimak danmendengarkan3. 5 menit Evaluasi:Meminta partisipan untuk menjelaskan kembali ataumeyebutkan:1.
 
Pengertian imunisasihepatitis2.
 
Jumlah dan usiapemberian imunisasiBertanya dan menjawab
 
hepatitis3.
 
Lokasi penyuntikanimunisasi hepatitis4.
 
Efek sampingimunisasi hepatitis5.
 
Tanda keberhasilanimunisasi hepatitis1.
 
4. 2 menit Penutup:Mengucapkan terima kasih danmengucapkan salamMenjawab salamLampiran Materi
HEPATITISI.
 
Pengertian
Hepatitis yang berarti peradangan dalam hati dapat diakibatkan oleh berbagai macamhal, seperti infeksi bakteri, racun, ataupun karena sistem imun di dalam tubuh sendiri yangdapat menyerang hati. Meskipun ada beberapa jenis hepatitis, pada umumnya ada 3 macamhepatitis yang disebabkan oleh virus dan sering terjadi yaitu hepatitis A, B, ataupun C.
II.
 
Macam-macam hepatitis
-
 
 Hepatitis A
 
Virus hepatitis A dapat ditularkan melalui feses dari pasien yang sebelumnya telahterinfeksi dengan penyakit ini. Selanjutnya seseorang dapat terkena hepatitis A denganmengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi feses tersebut.Hepatitis A bersifat kurang merusak dibanding hepatitis virus yang lain. Hal ini karena jenis hepatitis ini jarang menimbulkan kerusakan liver yang menetap. Bahkan dalambeberapa minggu gejala akan hilang sama sekali dan orang yang telah terinfeksi hepatitisA akan kebal terhadap penyakit tersebut. Berbeda dengan hepatitis B dan C, infeksihepatitis A tidak berlanjut ke hepatitis kronik.-
 
Gejala Hepatitis APada minggu pertama, individu yang dijangkiti akan mengalami sakit sepertikuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing dan kencingyang berwarna hitam pekat. Demam yang terjadi adalah demam yang terus menerus,tidak seperti demam yang lainnya yaitu pada demam berdarah, tbc, thypus, dll.-
 
Cara penularan :
 
Virus hepatitis A ditularkan melalui tinja orang yang terkana virus hepatitis A danmasuk kemulut orang lain bisa terjadi karena:
 

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Hanan Hikary liked this
naeny liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->