Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
25Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Allah Tritunggal

Makalah Allah Tritunggal

Ratings: (0)|Views: 6,805|Likes:
Published by Dasalaku Samuel

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Dasalaku Samuel on Jul 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Bab pertama ini akan diuraikan pokok-pokok yang meliputi antara lain, Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan Penulisan, dan SistematikaPenulisan. Semua pokok-pokok tersebut menjadi dasar pembahasan bab selanjutnya.
Latar Belakang Masalah
Satu Allah dalam wujud tiga Pribadi merupakan suatu permasalahan bukan hanyaantar individu Kristiani namun sudah menjadi permasalahan lintas agama. Menurutkaum islami Trinitas mewujudkan politeisme yang terselubung karena kaum nasranimenyembunyikan wujud 3 Allah dalam 1 Pribadi.Masa sebelum reformasi. orang-orang yahudi pada jaman Tuhan Yesus sangatmenekankan kesatuan Allah, penekanaan ini terus dipertahankan dalam gereja Kristen.Akibatnya adalah bahwa sebagian orang kemudian menyingkirkan perbedaan pribadi- pribadi dalam Allah Tritunggal itu satu persatu, dan yang gagal memberikan penjelasanyang sempurna pada keilahian esensial dari pribadi kedua dan ketiga Allah Tritunggal.
1
Doktrin Tritunggal yakni doktrin yang berpandangan bahwa ada tiga pribadi dalamsatu esensi Allah (Bapa, Anak, dan Roh Kudus) memang sangat memicu persoalandikalangan para penganut monotheisme dimana kalangan yang menolak doktrinTritunggal ini (seperti yahudi dan Islam) melihat paham tritunggal sebagai sebuah paham politheisme, sedangkan para penganut paham Tritunggal (iman Kristenorthodoks) melihatnya sebagai keunikan dan sisi lain didalam paham monotheisme.
2
Menurut kaum islami para penginjil benar-benar frustasi dalam menilai imannyakepada ketuhanan trinitas, setelah gagal membuktikan keabsahan doktrin trinitas secara
1
Louis Berkhof,
Teologi Sistematika
,
 Doktrin Allah
(Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia,1997) hlm.141.
2
Esra Alfred Soru, “Seandainya Allah Bukan Tritunggal.”
.no.pp.1. Online.Internet. Accesed August 24, 2008.
1
 
theologies berdasarkan ayat-ayat bible, mereka melirik Al_quran. Secara sembrono,kitab suci umat islam diselewengkan untuk melegitimasi doktrin trinitas.
3
“Seandainya Allah bukan Tritunggal” maka tentu kita dapat dengan mudah (secararasional) untuk memahami-Nya, dan jika kita sudah dapat memahami-Nya (secararasional) dengan mudah maka tidak ada lagi hal yang bersifat supra rasional padahalfakta bahwa kita dan rasio kita adalah ciptaan-Nya yang mengharuskan adanya “yangsupra rasional” dan hal ini adalah kontra rasional.
4
 Doktrin Tritunggal ini adalah doktrin yang sangat penting bagi semua doktrinkekristenan karena merupakan fondasi, jikalau fondasi ini bergeser ataupun runtuhmaka dapat dipastikan semua yang dibangun diatasnya akan ikut runtuh pula.
5
Rumusan Masalah
Berkenaan dengan latar belakang masalah diatas, maka perlu untuk merumuskanmasalah-masalah tersebut dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaanitu untuk memperdalam pemahaman terhadap doktrin Tritunggal, pertanyaan- pertanyaan itu antara lain:1.Apa itu Tritunggal ?2.Mengapa ada pernyataan Tritunggal ?3.Apa kata Alkitab tentang Tritunggal ?4.Apa implikasi ajaran Tritunggal terhadap orang Kristen secara theologis ?
Maksud dan tujuan penulisan
Maksud penulisan makalah ini adalah1.mengetahui apa arti Tritunggal
3
Swaramuslim.com, “Memahami dan Mengenal Allah Tritunggal.” 
.no. pp.1Online. Internet. Accesed August 24, 2008.
4
“supra rasional” (berada diatas kemampuan akal) adalah salah satu jenis pengetahuan di samping dua jenis pengetahuan yang lain yakni “rasional” (masuk akal) dan “kontra rasional” (tidak masuk akal/bertentangan dengan akal) yang dikemukakan oleh seorang filusuf inggris john locke.Esra Alfred Soru, S.Th, “Seandainya Allah Bukan Tritunggal.”
.no.pp.5-6.Online. Internet. Accesed August 24, 2008.
5
Ezra Alfred Soru,
Tritunggal yang kudus
(Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2002) hlm.5.
2
 
2.mengetahui adanya pernyataan tentang Tritunggal3.mengetahui apa kata Alkitab tentang Tritunggal4.mengetahui lmplikasi ajaran Tritunggal terhadap orang Kristen secaraTheologis
Sistematika penulisan
Pada bagian ini akan diuraikan secara besar Sistematika Penulisan berupa uraiandari tiap-tiap bab pembahasan. Adapun garis besar dari tiap-tiap pembahasan tersebutantara lain:Bab IDalam bab ini diuraikan suatu pendahuluan dari penelitian yang meliputi Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan Penulisan, danSistematika Penulisan.Bab II.Dalam bab ini diuraikan mengenai Definisi Tritunggal dari penelitian yangmeliputi Arti dari Tritunggal dan Pernyatan tentang Tritunggal.Bab III.Dalam bab ini diuraikan mengenai Tinjauan Alkitab mengenai Tritunggal dari penelitian yang meliputi Pernyataan Alkitab mengenai Tritunggal yangdibagi dalam dua pembahasan: Pernyataan Perjanjian Lama dan PernyataanPerjanjian Baru. Dilanjutkan dengan penerapan secara Theologis.Bab IV.Dalam bab inni, setelah melakukan berbagai penelitian, akan ditarikesimpulan, dan juga saran untuk makalah ini.
BAB IIDEFINISI TRITUNGGAL
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->