Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Pembangunan Modernisasi Baru

Teori Pembangunan Modernisasi Baru

Ratings: (0)|Views: 848 |Likes:
Published by hari127

More info:

Published by: hari127 on Jul 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

 
TEORI PEMBANGUNAN MODERNISASI BARU(Kajian Baru dari Teori Modernisasi)
Oleh : Indrawadi, S.Si, M.AP 
1. PENDAHULUAN
Teori Modernisasi Baru atau kajian baru dari Teori Modernisasi lahir sekitar akhir Tahun 1970-an sebagai tanggapan atas kritikan yang diberikan oleh penganutteori dependensia klasik. Kajian baru teori modernisasi juga memberikan kritik balasanatas kelemahan-kelemahan pada teori dependensia klasik.Adapun hal-hal yang dikritik dari teori dependensi klasik yaitu sebagai berikut :- Metode PengkajianTeori dependensi hanya mengalihkan perhatiannya pada persoalan-persoalan yanglebih bersifat retorika. Selain itu muncul kecenderungan untuk menganalisa danmenetapkan persoalan ketergantungan satu negara dunia ketiga dengan negaralainnya secara tidak berbeda. Hal ini menyebabkan hasil kajian teorinya lebihmenggunakan pendekatan deduktif, yang dengan secara gampang dan sederhanamemilih data dan menganalisanya untuk sekedar disesuaikan dengan apa yangsemestinya secara logis.Faktor-faktor sejarah yang mungkin justru menjadi faktor yang menentukan dalammenjelaskan satu bentuk dan atah Pembangunan yang khas di negara dunia ketiasering dilupakan dalam kajian teori dependensi klasik.
 
Teori dependensi klasik hanya melihat situasi ketergantungan sebagai satufenomena global saja dan hamper tidak menyediakan tempat untuk adanya variasitingkat nasional.- Kategori TeoritisTeori dependensi klasik secara berlebihan menekankan factor eksternal danmelupakan sama sekali dinamika faktor internal seperti peranan kelas sosial dannegara. Selain itu kajian teori ini memberikan gambaran yang kurang tepatmengenai karakteristik negara dunia ketiga yang dikatakan sebagai negara pinggiran yang pasif, hanya memiliki ruang gerak yang sempit untuk terciptanyadinamika politik yang intensif.- Implikasi KebijakanRumusan kebijaksanaan yang diajukan teori dependensi klasik tidak menjelaskansecara detil dan jelas bagaimana negara dunia ketiga harus bertindak.Tidak jauh berbeda dengan teori modernisasi, kajian baru teori modernisasi jugamemiliki pokok perhatian pada persoalan Pembangunan negara dunia ketiga yangdikenal dengan negara yang sedang berkembang. Kajian baru ini masih menggunakananalisa pada tingkat nasional dan menjelaskan Pembangunan Dunia Ketiga dengan bertitik tolak pada faktor internal seperti nilai-nilai tradisional dan modern serta tetap berpegang pada asumsi pokoknya yaitu bahwa negara dunia ketiga pada umumnyatetap akan memperoleh keuntungan melalui proses modernisasi dan hubungan yanglebih erat dan intensif dengan Barat. Namun ada beberapa perbedaan yang cukup berarti antara kajian teorimodernisasi klasik dengan kajian baru teori Administrasi sebagai tanggapan ataskritikan yang diberikan oleh teori dependensia klasik kepada kajian teori Administrasi
 
modern. Tokoh-tokoh yang mempelopori kajian teori ini antara lain Wong Siu Lun,Michael R. Dove, Samuel Huntington, Winston Davis dan lain-lain.
2. KAJIAN BARU TEORI MODERNISASI
Seperti disampaikan diatas, ada beberapa perbedaan yang cukup berarti antarahasil kajian teori modernisasi klasik dengan hasil kajian baru teori modernisasi. Hal inimerupakan tanggapan terhadap kritikan yang ditujukan kepada teori modernisasi klasik antara lain sebagai berikut :- Gerak Pembangunan dan arah perkembangan masyarakat yang dijadikan asumsi teorievolusi.- Nilai tradisional yang menjadi asumsi teori fungsionalisme yang dianggap sebagai penghambat sebenarnya sangat membantu dalam upaya modernisasi.- Metode kajian yang memiliki kecenderungan untuk melakukan Analisa yang abstrak,tidak jelas periode sejarah dan wilayah negara yang dimaksud menjadikan kajianmenurut teori modernisasi klasik tidak memiliki batas ruang dan waktu dalamanalisanya.- Teori modernisasi klasik dipandang tidak lebih hanya digunakan untuk memberikanlegitimasi intervensi Amerika Serikat terhadap kepentingan negara dunia ketiga.- Teori modernisasi klasik lebih terfokus pada variable intern dan melupakan unsur dominasi asing dan faktor ekternal.Pada kajian baru teori modernisasi telah diuji kembali berbagai asumsi dasar teori modernisasi sebagai bentuk otokritik terhadap kajian teori modernisasi klasik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->