Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
REVITALISASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR

REVITALISASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR

Ratings: (0)|Views: 362|Likes:
Published by M. Subaidi Muchtar
Perkembangan usaha BUMD Provinsi Jawa Timur hingga tahun 2012 ini semakin beragam, baik dari sisi jumlah maupun core bussiness nya, oleh karenanya sangat strategis bila Pemerintah Provinsi Jawa Timur segera melakukan revitalisasi BUMD dan melakukan upaya-upaya regulasi yng diarahkan untuk memperkuat kelembagaan dan pengembangan kinerja BUMD Provinsi Jawa Timur.
Perkembangan usaha BUMD Provinsi Jawa Timur hingga tahun 2012 ini semakin beragam, baik dari sisi jumlah maupun core bussiness nya, oleh karenanya sangat strategis bila Pemerintah Provinsi Jawa Timur segera melakukan revitalisasi BUMD dan melakukan upaya-upaya regulasi yng diarahkan untuk memperkuat kelembagaan dan pengembangan kinerja BUMD Provinsi Jawa Timur.

More info:

Published by: M. Subaidi Muchtar on Jul 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
 REVITALISASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DAERAHPROVINSI JAWA TIMUR :
 Kajian Raperda Pengelolaan BUMD JatimOleh : Drs. M. Subaidi Muchtar, M.Si(Ketua DPC PKB Kabupaten Jombang)
 A.
 
Pendahuluan
Kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Jatimbelum maksimal. Banyak di antaranya malah masih merugi dan tidakmemberikan kontribusi bagi perekonomian Jawa Timur.Menurut Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU), salah satu BUMD milikPemprov Jatim, Arif Afandi, tidak sehatnya BUMD disebabkansetidaknya oleh tiga faktor, yaitu
Pertama
, Susunan organisasi terlalugemuk disebabkan porsi antara karyawan dan beban kerja tidaksebanding. Artinya, terlalu banyak karyawan di BUMD tersebut.
Kedua,
Mismanagement disebabkan penerapan tata kelolaperusahaan yang bur
uk. “Juga masih ada BUMD yang bergerak di
bisnis yang sebenarnya sudah
sunset industry
. Misalnya di PWU adapabrik es yang sebenarnya merupakan bisnis yang bisa dikatakansebagai industri senja.Tetapi selain itu terdapat beberapa BUMD Provinsi Jawa Timur yangmemiliki kinerja bisnis cukup bagus dan bidang usahanya sangatprospektif diantaranya adalah PT Bank Jatim yang telah go public.
 
Kondisi itulah yang kemudian berbagai stake holder BUMD Jatimbaik dikalangan Pelaku bisnis, legislatif dan eksekutif berupaya terusmendorong revitalisasi di tubuh BUMD-BUMD di Jatim.Salah satu upaya mendorong revitalisasi tersebut adalah denganupaya melakukan regulasi berupa Peraturan Daerah yang diarahkanuntuk melakukan mengembangkan pengelolaan BUMD untukmenjawab berbagai permasalahan serius sebagaimana diungkapkanoleh banyak kalangan Direksi BUMD maupun legislatif daneksekutif.
B.
 
Konsepsi Pengembangan BUMD
Dalam kaitan dengan perbaikan kinerja BUMD sebagaimana LaporanHasil Studi Analisa Kinerja BUMD Non PDAM, Biro AnalisaKeuangan dan Moneter, Departemen Keuangan Republik Indonesia,dikemukakan berbagai langkah dan tindakan yang dapat dilakukandalam memperbaiki kinerja usaha BUMD, dengan tindakan-tindakanyang sifatnya strategis yang dapat dikelompokkan dalam tiga bagianstrategi, yaitu strategi pengusahaan, strategi penumbuhan dan strategipenyehatan perusahaan yang dapat diringkaskan sebagai berikut:1.
 
Strategi Pengusahaan Perusahaan, yang dapat dilakukan denganlangkah atau tindakan memperbaiki kinerja perusahaan,diantaranya dengan (a) Mengatasi kelemahan internal yangdiantaranya melalui penetapan kembali
core business
, likuidasi unitbisnis yang selalu rugi, dan memperbaiki sistem manajemen
 
organisasi; (b) Memaksimumkan kekuatan internal, yang antaralain dengan cara mengkonsentrasikan bisnis pada usaha yangberprospek tinggi, memperluas pasar dengan mempertahankandan mencari pelanggan baru, serta mencari teknik produksi baruyang dapat meningkatkan efisiensi usaha; (c) Mengatasi ancamaneksternal, yang diantaranya dengan cara memperbaiki mutuproduk dan jasa, meningkatkan kualitas SDM serta meningkatkankreativitas dan keaktifan tenaga pemasaran dalam mencariterobosan baru; dan (d) Memaksimumkan peluang eksternal, yangantara lain melalui upaya kerjasama yang saling menguntungkandengan perusahaan sejenis atau yang dalam keterkaitan. Dankerjasama ini dapat dilakukan dalam bentuk joint venture, BOT,BOO atau bentuk kerjasama lainnya.2.
 
Strategi Penumbuhan Perusahaan, adalah bertujuan untukmenumbuhkan dan mengembangkan perusahaan sesuai denganukuran besaran yang disepakati untuk mencapai tujuan jangkapanjang perusahaan. BUMD dikatakan tumbuh jika perusahaandaerah itu berhasil meningkatkan antara lain, volume penjualan,pangsa pasar, besarnya laba dan aset perusahaan. Beberapatindakan yang dapat dilakukan agar perusahaan terus tumbuhberkembang diantaranya adalah mengkonsentrasikan bisnis padaproduk yang representatif, melakukan perluasan pasar,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->