Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Algoritma Dan Pemrograman 1

Algoritma Dan Pemrograman 1

Ratings: (0)|Views: 377|Likes:
Published by أحمد فاضل

More info:

Published by: أحمد فاضل on Jul 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/04/2012

pdf

text

original

 
ALGORITMA DANPEMROGRAMAN 1
DENGAN BAHASA PASCAL
WINDA ASTARI (09360027)20 JANUARI 2010
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM
INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL
 
BAB I PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Bahasa program merupakan suatu wahana untuk menuangkan pikiran manusia yangdapat dimengerti oleh mesin komputer sehingga bernilai guna. Suatu bahasa program akanterikat aturan dari paradigma bahasa. Ada berbagai macam paradigma bahasa : Prosedural,Fungsional, Deklaratif, Object Oriented, Konkuren.Perlu diperhatikan perbedaan antara belajar 
bahasa program
dengan belajar 
memprogram
!!!Belajar bahasa program hanya belajar tentang sintak (aturan) dari bahasa sedangkan belajar memprogram akan tercakup beberapa hal yang didalamnya terkandung tentang belajar bahasa program itu sendiri. Yang harus diperhatikan oleh mahasiswa yang sedang belajar memprogram,yaitu :
Simulasi
, sensibilitas terhadap masalah dan kemungkinan solusi. Kegiatan dilakukan dikelas, melalui permainan. Contoh : Mengurutkan tinggi badan mahasiswa dari tinggi ke pendek atau sebaliknya. Permainan dapat dilakukan secara manual maupun dengankomputer.
Analisis
masalah secara lebih formal dan membuat spesifikasi dan algoritma dalamnotasi yang ditetapkan. Mahasiswa harus menuliskan solusi algoritmiknya dalam notasistandar di kelas. Penulisan notasi algoritmik bertujuan untuk menyeragamkan pemahaman tentang algoritma program yang terbebas dari sintak (aturan) penulisan bahasa program .
Menulis program
, yaitu menterjemahkan notasi algoritmik ke dalam sintak bahasa program.
Debugging dan menguji coba program
. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan programyang benar. Program dikatakan benar jika terbebas dari salah lojik dan sintak bahasa.Secara ideal mahasiswa hanya diberi kesempatan untuk me-run program sebanyak 2kali : pertama untuk membersihkan program dari kesalahan sintak dan kedua untuk mendapatkan program benar. Pada tahap ini diharapkan tidak terjadi kesalahan lojik jikaanalisa benar.
Mengamati peristiwa eksekusi
, perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan bahwa jika analisa benar maka sisa pekerjaan menjadi mudah. Pada pemrograman prosedural, aspek ini penting untuk memahami fenomena eksekusi dan perubahaan nilaisuatu struktur data.
 
Membaca program
: orang akan dapat menulis dengan baik kalau sering membaca. Halini juga berlaku dalam memprogram. Kegiatan yang dapat dilakukan di kelas adalahdengan saling tukar menukar teks algoritma, dan saling mengkritik algoritma teman.Mahasiswa harus berlatih sendiri pada kegiatan belajar bersama.
Membuktikan kebenaran program secara formal
, satu-satunya hal yang menjaminkebenaran, tetapi kontradiktif dan sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Programyang hanya lima baris pembuktiannya bisa sehalaman, sehingga seringkali tidak pernahditerapkan dalam aplikasi nyata.Makalah ini akan membahas tentang algoritma dan pemrograman dalam Bahasa Pascal.
I.2 RUANG LINGKUP
Pada penulisan makalah ini, Saya membatasi permasalahan, yakni seputar runtunan, pemilihan (satu kasus, dua kasus, tiga kasus/lebih, case), pengulangan (for_do, while_do,repeat_until), prosedur, fungsi, dan larik.
I.3 RUMUSAN MASALAH
1.Apa saja elemen-elemen bahasa dalam Pascal ?2.Bagaimana struktur program Pascal ?3.Apa yang dimaksud dengan struktur runtunan, pemilihan, pengulangan, prosedur, fungsi,dan larik ?4.Bagaimana algoritma dan program dari struktur tersebut ?
I.4 TUJUAN
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah :1.Untuk melengkapi nilai tugas mata kuliah Algoritma dan Pemrograman 12.Sebagai media untuk berbagi pengetahuan3.Untuk mengkaji kembali pengetahuan yang telah saya dapat pada kuliah Algoritma danPemrograman 1
I.5 MANFAAT
Dengan adanya makalah ini diharapkan mahasiswa/i dapat lebih memahami dan mengertitentang Algoritma dan dapat Pemrograman.
BAB II PEMBAHASAN

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->