Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alat Mesin Pembukaan Lahan Serta Jenis Alat

Alat Mesin Pembukaan Lahan Serta Jenis Alat

Ratings: (0)|Views: 449 |Likes:
Published by Veetry Afiyah

More info:

Published by: Veetry Afiyah on Jul 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2013

pdf

text

original

 
3. ALAT PENGOLAH TANAH
 Sebagaimana diuraikan di atas bahwa pengolahan tanah adalah suatu usahauntuk mempersiapkan lahan bagi pertumbuhan tanaman dengan caramenciptakan kondisi tanah yang siap tanam. Walaupun pengolahan tanah sudahdilakukan oleh manusia sejak dahulu kala dan sudah mengalami perkembanganyang demikian pesat baik dalam metode maupun peralatan yang digunakan,tetapi sampai saat ini pengolahan tanah masih belum dapat dikatakan sebagaiilmu yang pasti (eksakta) yang dapat dinyatakan secara kuantitatif. Belum adametode yang memuaskan yang tersedia untuk menilai hasil olah yang dihasilkanoleh suatu alat pengolah tanah tertentu, serta belum dapat ditentukan suatukebutuhan hasil olah yang khusus untuk berbagai tanaman untuk lahan kering(Bainer, et al, 1960).Beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa masalah pengolahan tanahmerupakan masalah yang penting untuk mendapatkan produksi pertanian yangoptimal. Kondisi tanah yang baik adalah salah satu faktor berhasilnya produksitanaman, dan untuk mencapai kondisi tanah yang baik diperlukan alat-alatpertanian.Akhir-akhir ini masalah yang utama didalam pembukaan dan pengolahan tanahadalah bagaimana agar didapatkan efisiensi yang optimal. Hal ini dimaksudkandari pengertian
minimal tillage
yaitu pengolahan yang seminimal mungkin, tetapimenghasilkan tanah yang baik dan pertumbuhan tanaman yang optimal denganbiaya yang rendah.Pekerjaan pengolahan tanah dapat dibagi menjadi pengolahan tanah pertama danpengolahan tanah kedua. Peralatan pengolahan tanah pertama disebut jugapembajakan.
II. TINJAUAN PUSTAKA
 
Traktor digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan yang paling banyak ialahuntuk pengolahan tanah, karena memang pekerjaan pengolahan tanah adalah pekerjaanpertanian yang relatif membutuhkan daya yang besar dibanding pekerjaan lainnya. Selain itutraktor juga digunakan untuk penanaman, untuk pemeliharan tanaman, untuk memutar pompairigasi, untuk pemanen (dengan memasang pisau reaper), untuk memutar perontok padi, sertauntuk pengangkutan, mulai dari bibit, pupuk, peralatan, sampai hasil pertanian Dari asalkatanya, traktor berarti
alat penghela
. Memang fungsi utama traktor ialah untuk menghelasesuatu. Itulah sebabnya semua traktor tentu pada bagian belakangnya dilengkapi dengansambungan untuk tempat menggandeng alat yang akan dihela tersebut. Pengertian traktorialah kendaraan bermesin yang khusus dirancang untuk menjadi penghela. Dari sejarahnya,
 
traktor memang dirancang awalnya untuk mengganti hewan hela dengan mesin yang lebihkuat.
 
Traktor adalah alat/mesin penarik beban yang bersumberdaya mekanis.
 
Klasifikasi traktor dibedakan menjadi dua macam, yaitu berdasarkan kegunaan
 
dan jenis roda penggeraknya.
 
1. Traktor Berdasarkan Kegunaannya
 
a. General purpose tractor 
 
Traktor ini dirancang untuk melaksanakan pekerjaan yang bersifat umum. Berdayakecil sampai berdaya besar. Kedudukan poros roda relative rendah.
 
b. Special purpose tractor 
 
Traktor ini dirancang untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih khusus. Mudahdirangkai dengan peralatan yang khusus (misalnya dipasang alat/ mesin pengolah tanah,pemeliharaan tanaman, pemanen, untuk traktor khusus pertanian). Kedudukan poros roda(
ground clearance
) tinggi, jarak roda kiri dan kanan (
wheel base)
dapat diatur.
 
c. Industrial tractor 
 
Traktor ini dirancang khusus untuk keperluan industry atau kegiatan pembangunan.Kekhususannya antara lain; ukuran roda depan dan belakang hampir sama atau sama danbergandan ganda.karena ukuran roda yang hampir sama, maka kemampuan tarik traktorbesar.
 
d. Plantation tractor 
 
Traktor ini dirancang untuk dapat dengan mudah dan aman digunakan pada lahanyang banyak tanamannya. Dibuat dengan konstruksi pusat titik berat rendah sehingga dapatdigunakan pada lahan yang mempunyai kemiringan tinggi. Berdaya besar dan dilengkapidengan pelindung (atap).
 
e. Garden tractor 
 
Disebut juga traktor kebun yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan ringan(misalnya pertanian kecil atau pemangkas rumput).
 
2. Traktor Berdasarkan Jenis Roda Penggeraknya
 
A. Traktor roda krepyak (
 crawler tractor
)
 
a. Standard crawler tractor 
 
Traktor ini mempunyai
ground preassure
(tekanan ke tanah) yang kecil (0,8 kg/cm²)
 
sehinnga kemugkinan traktor terbenam ke dalam tanah kecil. Sering digunakan untuk meratakan atau menimbun tanah pada pekerjaan pembukaan hutan.
 
b. Low ground preassure tractor 
 
Traktor ini digunakan pada tanah yang agak lembab.
Ground preassurenya
sebesar0,6 kg/cm². GP sebesar itu diperoleh dengan
 
memperlebar trak (luasan kontak roda dengantanah) danmenghilangkan komponen-komponen yang kurang bermanfaat.
 
c. Swam crawler tractor 
 
Traktor jenis ini mempunyai
ground preassure
sebesar 0,25 kg/cm², sehingga dapatdigunakan pada tanah yang sangat lembek atau basah.
 
d. Special application crawler tractor 
 
Traktor jenis ini digunakan untuk menarik peralatan pertanian yang berat.
 
B. Traktor roda karet (ban)
 
a. Single axle
 
Traktor ini mempunyai satu poros roda (dua roda) sering disebut dengan traktortangan dan dayanya kurang dari 12,5 Hp. Cara pengendalian: operator tidak naik di atastraktor , tetapi berjalan di belakang traktor.
 
b. Double axle
 
 
1.
Three cycle
(traktor roda tiga)
 
Roda depan terdiri dari satu roda atau dua roda yang dipasang
 
berhimpitan an roda belakang dua buah. Traktor ini cocok untuk 
 
pekerjaan penanaman, pemeliharaan tanaman atau panen.
 
2.
Four wheel tractor 
(traktor roda empat)
 
Traktor ini mempunyai empat roda yang masing-masing dua pada poros depan dandua pada poros belakang. Cocok untuk menarik beban berat seperti pengolahan tanah(pembajakan, penggaruan). Berdasarkan dayanya dibedakan menjadi:
 
-
 Mini traktor 
: berdaya 12,5-20 HP
 
-
Four Wheel drive tractor 
: berdaya diatas 20 HP
 
3.
.
Macam-Macam Traktor Pertanian
 
Traktor pertanian didefinisikan sebagai suatu kendaraan yang mempunyai dayapenggerak sendiri, minimum mempunyai sebuah poros roda yang diracang untuk menarik serta menggerakkan alat/ mesin pertanian. Atas dasar bentuk dan ukuran traktor, maka traktorpertanian dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
 
A. Traktor besar
 
Merupakan traktor yang mempunyai dua poros roda (beroda empat atau lebih),panjangnya berkisar 2650-3910 mm, lebar berkisar 1740-2010 mm dan dayanya bekisar 20-120 HP.
 
B. Traktor mini
 
Merupakan traktor yang mempunyai dua poros roda (beroda empat). Traktor inimemiliki panjang bekisar 1790-2070 mm, lebar berkisar 995-1020 mm dan dayanya berkisar12,5-20 HP. Pada elemennya traktor jenis ini digerakkan oleh motor diesel dua silinder ataulebih, mempunyai 6 kecepatan (
versneling
) maju dan 2 kecepatan mundur, yang dibedakanmenjadi 4 macam kecepatan rendah (termasuk kecepatan mundur) dan 4 macam kecepatantinggi (termasuk kecepatan mundur). Kecepatan kerja berkisar antara 0,94-4,79 km/jam dankecepta transport antara 7,54-13,31 km/jam. Traktor jenis ini sudah dilegkapi dengan PTO(
 power take off 
),
three point hitch
(tiga titik penggandengan/ 
system mounted 
). Padaumumnya konstruksi traktor mini tidak banyak berbeda dengan traktor besar, perbedaannyahanya pada dayanya saja
 
C. Traktor tangan
 
Traktor tangan merupakan traktor yang hanya mempunyai sebuah poros roda (berodadua). Traktor ini mempnyai panjang berkisar 1740-2290 mm, lebar berkisar 710-880 mm dandayanya berkisar 6-10 HP. Sebagai daya penggerak utamanya menggunakan motor dieselsilinder tunggal. Prinsip kerja traktor tangan adalah mesin pengolah tanah denganmenggunakan tenaga penggerak motor bakar yang pada umumnya motor diesel. Sebagaimesin pengolah tanah, traktor digunakan untuk menarik peralatan pengolahan tanah, sepertibajak piring, garu piring. Berfungsi pula untuk menggerakkan peralatan stasioner, sepertigenerator listrik, mesin pompa air, mesin penggilingan gabah (Nawawi, 2001).
 
4. Peralatan Tambahan Pada Traktor
 
A. Pengunci differensial
 
Diferensial (gardan) berfungsi untuk merubah sudut putaran mesin menjadi 90º.Selain itu juga untuk memungkinkan putaran roda kanan dan kiri berbeda (saat membelok).Pengunci diferensial diperlukan untuk membebaskan traktor dari slip. Alat ini menyamakanputaran roda kanan dan kiri. Ada dua macam tipe pengunci diferensial:
 
a. Pengunci diferensial mekanik 
 
Digerakkan dengan pedal yang diinjak kaki dan langsung diteruskan ke penguncidiferensial pada gardan.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->