Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Makalah Jurnal Dan Paper

Pengertian Makalah Jurnal Dan Paper

Ratings: (0)|Views: 56 |Likes:
Published by Mokhamad Agusta

More info:

Published by: Mokhamad Agusta on Jul 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2012

pdf

text

original

 
Pengertian Makalah,Paper,dan Jurnal ilmiah
A.
 
PENGERTIAN MAKALAH, PAPER, DAN JURNAL ILMIAHA.
 
Pengertian MakalahAda beberapa pengertian makalah, diantaranya sebagai berikut :a.
 
Tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di mukaumum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan;b.
 
Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugassekolah atau perguruan tinggi;c.
 
Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yangtercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan;d.
 
Karangan yang termasuk tugas pelajar selama pendidikannya di sekolah.(Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988 : 546);e.
 
Jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasilpembahasan buku (book report) maupun sebagai hasil karangan tentang suatupokok persoalan. (A.E. Fachrudin,1988 : 214);f.
 
Tugas penulisan untuk mengakhiri suatu satuan bidang studi dalam rentangwaktu seperti semester dan sejenisnya guna memperlihatkan penguasaan atasbidang studi tersebut. (A.E. Fachrudin, 1988 : 214);g.
 
Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugassekolah atau perguruan tinggi. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1999 : 616);h.
 
Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah mahasiswa mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah iniumumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan,baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan.i.
 
Selembar kertas yang berisi pernyataan tertulis atau tercetak. (Kamus IstilahKarya Tulis Ilmiah, 2000 : 111); j.
 
Uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut. (Kamus Bahasa Indonesia. W.J.SPoerwadarminta, 1994 : 496);
 
k.
 
Karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannyaberdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris
 – 
objektif. (E. Zaenal Arifin,2000 : 2);l.
 
Naskah semester. Biasanya paper dituntut oleh seorang dosen atas matakuliahnya apabila semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir.Karangan tidak begitu panjang mungkin 10
 – 
15 halaman ukuran folio. (Drs. S.Imam Asy
ari, 1984 : 17);m.
 
Karangan prosa, bukan cerita rekaan, yang membicarakan pokok tertentu.Biasanya makalah dimuat di majalah atau koran, tetapi makalah dapat jugamerupakan sebuah buku antologi. (Panuti Sudjiman, 1990 : 50);B.
 
Pengertian PaperPaper adalah tulisan yang memuat pembahasan dari sebuah topik tertentu dengandukungan data dan argumen yang valid dan kuat.Menulis paper adalah menghasilkan suatu pembahasan mengenai suatu tematertentu dengan dukungan argumen yang cukup kuat. Untuk menghasilkan sebuahpaper yang baik, sebaiknya harus melakukan riset, yakni melakukan investigasiterhadap topik anda dengan jalan membaca. Sumber bacaan bisa berupa buku,majalah, surat khabar atau sumber-sumber dari internet. Informasi yang anda perolehdari berbagai sumber ini akan anda gunakan untuk mendukung poin-poin (argumenataupun pernyataan) yang anda tulis dalam paper.C.
 
Pengertian jurnal IlmiahJurnaladalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yangsangat diminati orang saat diterbitkan . Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakangkata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahanilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan.Jurnal ilmiah dianggap sebagai sumber informasi primer atau yang paling pentingdi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ilmiah berisi kumpulan artikel yang
 
dipublikasikan secara periodik, ditulis oleh para ilmuwan peneliti untuk melaporkanhasil-hasil penelitian terbarunya. Karena itulah, keberadaan jurnal ilmiah merupakanhal yang penting untuk terus memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tulisan atauartikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah, sudah mengalami proses
 peer-review
danseleksi ketat dari para pakar di bidangnya masing-masing. Proses
 peer-review
inidijalankan untuk menjamin kualitas dan validitas ilmiah artikel yang dimuat.B.
 
PERBEDAAN ANTARA MAKALAH, PAPER, DAN JURNAL ILMIAHI.
 
Makalah :a.
 
Makalah adalah karangan ilmiah yang dibuat berdasarkan pengamatan dan ataupenelitian tentang sesuatu hal yang biasanya untuk dipresentasikan pada suatuseminar, sidang, atau diskusi.b.
 
Diangkat dari suatu kajian literatur dan atau laporan pelaksanaan kegiatanlapangan.c.
 
Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatumata kuliah.d.
 
Memperlihatkan kemampuan mahasiswa tentang permasalahan teoritis yangdikaji atau dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yangberhubungan dengan perkuliahan.e.
 
Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam memahami isi darisumber-sumber yang digunakan.f.
 
Menunjukkan kemampuan mahaiswa dalam merangkai berbagai sumberinformasi sebagai satu kesatuan sintesis yang utuh.g.
 
Terdiri dari tiga bagian pokok (Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan)II.
 
Papera.
 
Paper adalah artikel ilmiah yang ditulis dalam format tertentu. Biasanyapaper adalah hasil penelitian baru. Tetapi paper bisa juga merupakan reviewdari penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya.b.
 
Terdiri dari tiga bagian pokok (Topik, Data, dan Argumen)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->