Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
19Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I-VII

BAB I-VII

Ratings: (0)|Views: 838|Likes:
Published by Rezky Sya'bani
this creative writing
this creative writing

More info:

Published by: Rezky Sya'bani on Jul 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Manajemen merupakan suatu pendekatan yang dinamis dan proaktif dalam menjalankansuatu kegiatan di organisasi.Didalam manajemen tersebut mencakup kegiatan POAC(Planning, Organizing, Actuating, Controling) terhadap staff, sarana dan prasarana dalammencapai tujuan organisasi.Dalam manajemen terdapat suatu proses yang mengubahsuatu
input 
terjadi suatu
output 
yang diharapkan.
 Input 
manajemen terdiri atas manusia,uang, material, alat dan metode yang selanjutnya akan mengalami proses manajemensehingga tercapailah output.
Output 
pada manajemen berupa efisiensi dalam pelayanandan staff yang kompeten dan ahli.Pada hakikatnya manusia adalah pemimpin, karena dalam kehidupannya sehari-harisetiap manusia selalu melakukan manajemen bagi dirinya sendiri ataupun keluarganya.Pada era globalisasi dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan masyarakat tentangkesehatan, maka perawat dituntut untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitassehingga perlu adanya perubahan dalam tatanan pelayanan keperawatan.Dalam rangka tujuan pemebelajaran manajemen keperawatan yaitu suatu agenpembaharu untuk meningkaktkan kemampuan perawat dalam melaksanakan manajemenasuhan keperawatan, maka kelompok mahasiswa Program Studi Ilmu KeperawatanUniversitas Muhammadiyah Jakarta yang terdiri dari 6 orang melakukan praktik tersebutdi ruang Shafa An-Nisa selama 4 Minggu, terhitung mulai dari tanggal 25 Juni-20 Juli.Dalam melakukan praktik, mahasiswa melakukan kegiatan dimulai dengan pengkajianuntuk mengidentifikasi masalah sampai mahasiswa memepersiapkan perencanaan danimplementasi untuk meneyelesaikan masalah manajemen tersebut.Dari hasil pengumpulan data melalaui wawancara, kuisioner dan observasi didapatbeberapa masalah diantaranya belum optimalnya penggunaan media album orientasipasien baru, belum optimalnya pelaksanaan metode tim, belum optimalnya penggunaanhand rub karena fasilitas yang kurang memadai, dan belum optimalnya pemisahansampah medis, non medis dan benda tajam di troli karena fasilitas yang kurang memadai.
 
B.
 
Tujuan Penelitian1.
 
Tujuan Umum
Setelah menyelesaikan praktek profesi manajemen keperawatan, mahasiswa mampu
menerapkan konsep dan prinsip manajemen keperawatan dan menjadi “change agent”
pada unit pelayanan kesehatan serta nyata dalam meningkatkan mutu pelayanankeperawatan diruang rawat Shafa- An-Nisa RS Islam Jakarta Cempaka Putih.
2.
 
Tujuan Khusus
Setelah menyelesaikan praktek profesi manajemen keperawatan mahasiswa mampu:a.
 
Mengidentifikasi kebutuhan dan masalah pelayanan kesehatan yang terkait denganmanajemen keperawatan berdasarkan analisis situasi nyata di tempat praktik.b.
 
Menetapkan prioritas kebutuhan dan masalah manajemen keperawatan bersamakepala ruangan dan para perawat tempat praktek.c.
 
Menetapkan prioritas dan alternatif penyelesaian masalah yang disepakati bersamakepala ruangan dan para perawat ruangan serta pembimbing.d.
 
Melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah berdasarkan kebutuhan masalahyang disepakati kepala ruangan dan para perawat ruangan serta pembimbing.e.
 
Mengevaluasi proses pelaksanaan kegiatan mulai dari aspek masukan (input),aspek proses sampai dengan proses hasil (output).
C.
 
Manfaat penulisan1.
 
Bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemensecara nyata di lahan praktek maupun tempat bekerja nanti.
 2.
 
Bagi Rumah Sakit atau ruangan
Mahasiswa dapat membantu memecahkan masalah dengan ilmu yang dimilikiselama menempuh di bangku kuliah dengan teknik pemecahan masalah pada konsepmanajemen sehingga meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit.
 3.
 
Bagi pendidikan
Dapat menjadi evaluasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran tentang manajemenkeperawatan bagi mahasiswa yang akan menjalani praktik profesi pada programberikutnya
 
 
BAB IITINJAUAN TEORITISA.
 
MANAJEMEN KEPERAWATAN1.
 
Definisi
Manajemen diartikan secara singkat sebagai proses untuk melaksanakan pekerjaanmelalui upaya orang lain, maka manajemen keperawatan sendiri diartikan secarasingkat sebagai proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatanuntuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman kepada pasien,keluarga dan masyarakat ( Gillies, 1992 ). Manajemen merupakan suatu pendekatanyang dinamis dan proaktif dalam menjalankan suatu kegiatan di organisasi. Dimanadidalam manajemaen tersebut mencakup koordinasi dan suverfisi terhadap staf, saranadan prasarana dalam mencapai tujuan organisasi (Grant & Massely, 1999).Manajemen merupakan proses pelaksanaan kegiatan organisasi melalui upayaorang lain untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan manajemen keperawatan dapatdiartikan sebagai pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan dan rasa aman, kepada individu,keluarga, kelompok dan masyarakat.
2.
 
Prinsip yang Mendasari Manajemen Keperawatan
a.
 
Manajemen keperawatan seyogyanya berlandaskan pada perencanaan, karenamelalui perencanaan pimpinan dapat cepat menurunkan resiko pengambilankeputusan, pemecahan masalah dan efek menurunkan yang terencana.b.
 
Manajemen keperawatan dilaksanakan melalui penggunaan waktu yangefektif, manajer keperawatan menghargai waktu akan menyusun perencanaanyang terprogram dengan baik. Dan melaksanaan kegiatan sesuai waktu yangtelah ditentukan sebelumnya. Keberhasilan seorang manajer keperawatantergantung pada penggunaan waktu yang efektif.c.
 
Manajemen keperawatan melibatkan pengambilan keputusan, berbagai situasimaupun permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan keperawatanmemerlukan pengambilan keputusan diberbagai tingkat manajerial.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->