Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Sejarah

Tugas Sejarah

Ratings: (0)|Views: 1,671|Likes:
Published by Denni Fariz

More info:

Published by: Denni Fariz on Aug 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

 
 
KERAJAAN KERAJAANHINDU BUDHADI INDONESIA
OLIVIA RIZKI EGAWATI
 
XI IPA 5
11SMA N 1 YOGYAKARTA2011/2012
 
 
Kerajaan Kutai
a.
 
LokasiKerajaan ini terletak diMuara Kaman,Kalimantan Timur,tepatnya di hulusungai Mahakam.  b.
 
Sumber SejarahTujuh buah prasasti yang tertulis pada Yupa, Yupa adalah tiang/tonggak kayu yangdipergunakan untuk menambatkan binatang kurban. Prasasti ini ditulis dengan bahasaSansekerta dan tulisan Pallawa. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu yang pertama diIndonesia dan mulai tumbuh sekitar tahun 400 M.c.
 
Politik
 
Raja Kudungga: raja pertama yang berkuasa di Kerajaan Kutai. Akan tetapi, apabila dilihatdari nama raja yang masih menggunakan nama lokal, para ahli berpendapat bahwa padamasa pemerintahan Raja Kudungga pengaruh Hindu baru masuk ke wilayahnya. KedudukanRaja Kudungga awalnya adalah seorang kepala suku. Dengan masuknya pengaruh Hindu, iamengubah struktur pemerintahannya menjadi kerajaan dan mengangkat dirinya menjadiraja.
 
Raja Aswawarman: Prasasti Yupa menyatakan bahwa Raja Aswawarman merupakanseorang raja yang cakap dan kuat. Pada masa pemerintahannya, wilayah Kutai diperluas.Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan upacara Asmawedha. Upacara itu pernah dilakukandi India pada masa pemerintahan Raja Samudragupta ketika ingin memperluas wilayahnya.Dalam upacara itu dilaksanakan pelepasan kuda dengan tujuan menentukan bataskekuasaan Kerajaan Kutai. Dengan kata lain, sampai dimana ditemukan tapak kaki kuda,maka sampai situlah batas Kerajaan Kutai.
 
Raja Mulawarman: Merupakan putra Raja Aswawarman. Ia adalah raja terbesar dariKerajaan Kutai. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Kutaid.
 
Sosial BudayaKehidupan kebudayaan masyarakat Kutai erat kaitannya dengan kepercayaan/agama yangdianut. Yupa merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Kutai, yaitu tugu batu yangmerupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman Megalitikum, yakni bentukmenhir. Salah satu yupa itu menyebutkan suatu tempat suci dengan nama Waprakeswara(tempat pemujaan Dewa Siwa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masyarakat Kutaiadalah pemeluk agama Siwa (hindu).e.
 
Ekonomi
 
Dilihat dari letak Kerajaan Kutai pada jalur perdagangan dan pelayaran antara Barat dan Timurmaka aktivitas perdagangan tampaknya menjadi mata pencaharian yang utama. Rakyat Kutaisudah aktif terlibat dalam perdagangan internasional dan tentu saja mereka berdagang pulasampai ke perairan Laut Jawa dan Indonesia Timur untuk mencari barang-barang dagangan yanglaku di pasaran Internasional. Dengan demikian, Kutai telah termasuk daerah persinggahanperdagangan internasional, yaitu Selat Malaka
 –
Laut Jawa
 –
Selat Makasar
 –
Kutai-
 –
Cina, atausebaliknya.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->