Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERDAGANGAN INTERNASIONAL dan PEMBAYARAN INTERNASIONAL

PERDAGANGAN INTERNASIONAL dan PEMBAYARAN INTERNASIONAL

Ratings: (0)|Views: 399|Likes:

More info:

Published by: Arnold Jayendra Sianturi on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/05/2012

pdf

text

original

 
 
Kliping Ekonomi
Oleh : Joni m yusuf Arnold jayendraMetri dwi hepsari
Perdagangan internasional Pembayaran internasional  Neraca pembayaran Fakultas ekonomi jurusan manajemen  Angkatan 2010 
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa (transaksi) antara duaNegara atau lebih yang bertujuan mencari keuntungan atau laba. Bentuk kegiatan pertukaranantarnegara tersebut sekarang di sebut ekspor dan impor. Ekspor adalah kegiatan pengiriman
 
atau penjualan barang dan jasa ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan mendatangkanatau membeli barang dan jasa dari luar negeri.
1.
 
Faktor-faktor yang mendorong perdagangan internasional 
 
Faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah sebagai berikut.1.
 
Perbedaan sumber daya alamSetiap Negara di muka bumi ini memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda.Sementara itu kebutuhan sebuah Negara bermacam-macam sehingga tidak mungkindapat dipenuhi oleh Negara itu sendiri, sehingga di butuhkan perdagangan antar Negara.Contohnya timur tengah yang menghasilkan minyak bumi melimpah, tapi mereka tidak memiliki tanah subur untuk pertanian, sehingga mereka harus melakukan perdaganganinternasional dengan Negara kaya akan pertanian seperti Indonesia.2.
 
Adanya keuntungan yang didapat dari perdagangan internasionalTujuan orang berdagang adalah untuk mendapatkan untung atau laba, begitu jugaperdagangan internasional yang mana untungnya itu akan di jadikan tambahanpemasukan bagi Negara.3.
 
Perbedaan ongkos produksi barangSuatu Negara akan melakukan kegiatan perdagangan jika menguntungkan. Keuntungandari perdagangan ditentukan oleh ongkos produksi yang lebih kecil atau ongkos produksidianggap lebih murah di bandingkan dengan membuat barang itu sendiri. Contohnya,Indonesia akan membeli pesawat dari amerika karena jika membuat sendiri ongkosnyalebih mahal dan tidak menguntungkan, maka pembelian pesawat adalah pilihan yangtepat.4.
 
Perbedaan sumber daya manusiaKualitas sumber daya manusia setiap Negara tidak sama, ada Negara yang sumber dayamanusianya sudah maju seperti di Negara jepang,korea, dan lainnya, tetapi banyak jugaNegara yang sumber daya manusianya rendah seperti di Negara-negara berkembangafrika dan asia selatan. Negara yang SDM nya maju dapat menjual produk merekakepada Negara dengan sumber daya manusia yang rendah karena ketidakmampuanmemproduksi sendiri barang tersebut.5.
 
Perbedaan sosial dan kebudayaanAdanya perbedaan social dan budaya suatu Negara dapat mendorong terjadinyaperdagangan internasional. Contoh, Negara maju yang memiliki budaya untuk berwisatake luar negeri dapat di manfaatkan oleh Negara yang memiliki tempat wisata untuk mempromosi dan menjual produknya.6.
 
Perbedaan seleraSelera masyarakat suatu Negara akan produk yang di konsumsi selalu bermacam-macamdan tak sama, sehingga hal ini mendorong terjadinya perdagangan antar Negara.Contohnya, Negara norwegia menghasilkan ikan laut dan Negara swedia menghasilkanmenghasilkan daging, tetapi karena orang norwegia lebih menyukai daging, sedangkanorang swedia lebih menyukai ikan, maka karena hal ini Negara norwegia akanmengekspor ikan dan mengimpor daging. Begitu pula sebaliknya dengan Negara swedia.
 
 7.
 
Perbedaan iklimIklim Negara eropa tidak sama dengan Negara Indonesia atau Negara timur tengah.Penduduk Negara eropa tidak akan dapat beraktivitas secara maksimal jika musim dingintiba sehingga produksi barang akan menurun. Oleh karena itu, Negara eropa akanmelakukan perdagangan internasional yang berguna untuk memenuhi kebutuhannyaselama musim dingin.8.
 
Terbukanya komunikasi dan informasi antarnegaraNegara yang melakukan perdagangan internasional pasti akan menjalin kerjasama denganNegara partner dalam perdagangannya. Contohnya, jepang dengan Indonesia, jepangakan dengan senang hati memberikan informasi teknologi untuk Indonesia, karenaIndonesia adalah konsumen terbesar produk buatan jepang.9.
 
Memperluas pasarDengan memperluas pasar akses Negara-negara di dalam pasar dunia (global market)akan semakin mudah. Hal ini tentu menguntungkan bagi produsen yang memiliki produk berlebihan dalam produksinya, sehingga memudahkan pemasaran.
2.
 
 Dampak perdagangan internasional 
Dampak positif :a.
 
Negara tidak harus memproduksi semua barang yang dibutuhkan warganya, namuncukup memproduksi barang dengan ukuran biaya yang paling murah dan efisien.b.
 
Negara yang terlibat dalam perdagangan internasional akan memperoleh devisa sebagaisumber penerimaan kas Negara.c.
 
Memungkinkan terjadinya pertukaran penggunaan teknologi, sehingga mempercepatpertumbuhan ekonomi suatu Negara.d.
 
Perdagangan internasional akan memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu Negara. Contohnya, penduduk jepang akan menikmati kayu lapis buatan Indonesia,sebaliknya Indonesia akan dapat menggunakan mobil-mobil buatan jepang.Dampak negativ :a.
 
Semakin menguatnya persaingan dalam menghasilkan produk terbaik yang tak jarangmenimbulkan persaingan tidak sehat antar produsenb.
 
Menyebabkan keluarnya devisa suatu Negara jika terjadi impor karena membutuhkansuatu barang dari luar negeri.
 3.
 
Teori perdagangan internasional 
a.
 
Teori keunggulan mutlak (
theory absolute advantage)
 Teori ini dikemukakan oleh tokoh aliran liberal/klasik Adam Smith dalam buku
TheWealth of Nations
. Menurut teori ini, Negara akan melakukan perdagangan ataupertukaran jika masing-masing Negara memiliki keunggulan mutlak, yaitu keuntunganyang di peroleh suatu Negara dalam melakukan hubungan perdagangan dengan luarnegeri karena Negara itu memiliki keistimewaan, seperti kekayaan alam dan keahlian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->