Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEORI BIAYA PRODUKSI

TEORI BIAYA PRODUKSI

Ratings: (0)|Views: 1,596 |Likes:

More info:

Published by: Arnold Jayendra Sianturi on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
Indonesian Food Friday, May 21, 2010 by yohanaAnalisis biaya produksi perusahaan dibedakan dalam dua jangka, yaitu :1. Biaya Produksi Dalam Jangka Pendek Teori Produksi menggambarkan tentang hubungan antara tingkat produksi suatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan berbagai tingkat produksi barang tersebut. Dengan demikiandalam analisis faktor-faktor lainnya dianggap tetap.2. Biaya Produksi Dalam Jangka PanjangTeori produksi menggambarkan tentang hubungan antara tingkat produksi suatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakanuntuk menghasilkan berbagai tingkat produksi barang tersebut.Dengan demikian dalam analisis faktor-faktor lainnya dianggap tetap.Model OperasiDiasumsikan bahwa semua perusahaan mengikuti pembuatan keputusanrasional, dan akan memproduksi pada keluaran maksimalisasi keuntungan. Dalamasumsi ini, ada empat kategori dimana keuntungan perusahaan akandipertimbangkan:
ϖ
Sebuah perusahaan dikatakan membuat sebuah keuntungan ekonomi ketikaaverage total cost lebih rendah dari setiap produk tambahan pada keluaranmaksimalisasi keuntungan. Keuntungan ekonomi adalah setara dengan kuantitaskeluaran dikali dengan perbedaan antara average total cost dan harga.
ϖ
Sebuah perusahaan dikatakan membuat sebuah keuntungan normal ketikakeuntungan ekonominya sama dengan nol. Keadaan ini terjadi ketika averagetotal cost setara dengan harga pada keluaran maksimalisasi keuntungan.
ϖ
Jika harga adalah di antara average total cost dan average variable cost padakeluaran maksimalisasi keuntungan, maka perusahaan tersebut dalam kondisikerugian minimal. Perusahaan ini harusnya masih meneruskan produksi, karenakerugiannya akan makin membesar jika berhenti produksi. Dengan produksiterus menerus, perusahaan bisa menaikkan biaya variabel dan akhirnya biayatetap, tetapi dengan menghentikan semuanya akan mengakibatkan kehilangansemua biaya tetapnya.Jika harga dibawah average variable cost pada
ϖ
maksimalisasi keuntungan, perusahaan harus melakukan penghentian. Kerugian diminimalisir dengan tidak memproduksi sama sekali, karena produksi tidak akan menghasilkan keuntunganyang cukup signifikan untuk membiayai semua biaya tetap dan bagian dari biayavariabel. Dengan tidak berproduksi, kerugian perusahaan hanya pada biaya tetap.Dengan kehilangan biaya tetapnya, perusahaan menemui tantangan. Akan keluar dari pasar seutuhnya atau tetap bersaing dengan resiko kerugian menyeluruh.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->