Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penelitian Kualitatif (Prokrastinasi Skripsi)

Penelitian Kualitatif (Prokrastinasi Skripsi)

Ratings: (0)|Views: 1,297 |Likes:

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Fitriani Dzulfadhilah Halim Jaya on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
MENGANALISIS HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIALAMIMAHASISWA SEHINGGA MENYEBABKAN PROKRASTINASITERHADAP PENYELESAIAN SIKRIPSINurhayati (107104028)Rosdiaman (107104033)Isnaeni Natsir (107104037)Fitriani Dzulfadhilah (107104051)Ike Dwi Febriyanti (107104052)Khaerunnisa Syatir (107104062)Nurhidayah (107104080)Diah Septiani (107104082)
FAKULTAS PSIKOLOGIUNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR2012
 
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Konteks Penelitian
Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar padaPerguruan Tinggi. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan telahmencanangkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi: pendidikan,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan kata lain, seorangkeluaran perguruan tinggi (sarjana) sudah selesai mengikuti kuliah,praktikum, melakukan KKN, serta sudah melakukan penelitian dan membuatserta telah diuji laporan penelitiannya (skripsi). Dalam kenyataannya, tidak sedikit para mahasiswa yang dapat menyelesaikan sekitar 140 SKS dalam 4tahun, tetapi ketika harus mengerjakan skripsi yang berbobot 6 SKS, ternyataada yang sampai dengan 4 semester baru selesai (Zaenal, 2006 : 26)
 
Skripsi merupakan tugas akhir, penelitian yang harus dilakukan seorangcalon sarjana, merupakan karya ilmiah yang sangat berharga. Maka akansangat bangga dan berbahagia jika seorang mahasiswa bisa dinyatakan lulusdalam ujian skripsi. Dalam pembuatannya, mahasiswa yang bersangkutanharus menyediakan waktu khusus untuk mengerjakannya sampai selesai.Sebagian besar mahasiswa banyak mengalami kendala-kendala dalammenyelesaikan tugas akhir ini. Penelitian yang dilakukan oleh Mujiyah padatahun 2001 (Suryadi, 2008) mengungkap kendala-kendala yang dihadapimahasiswa dalam menyusun tugas akhir skripsi:
 
 
1.
 
Kendala internal yang meliputi: malas (40%), motivasi rendah (26,7%),takut bertemu dosen pembimbing (6,7%), sulit menyesuaikan diri denganpembimbing (6,7%).2.
 
Kendala eksternal yang berasal dari dosen pembimbing meliputi: sulitditemui (36,7%), minimnya waktu bimbingan (23,3%, kurang koordinasidan kesamaan persepsi antara pembimbing I dan II (23,3%), kurang jelasmemberikan bimbingan (26,7%), dan dosen terlalu sibuk (13,3%).Sementara hasil penelitian Yoyon Bahtiar Irianto (2001) yang dilakukandi Universitas Pendidikan Indonesia tentang kesulitan mahasiswa dalammenyusun skripsi, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hampir setengahnyamahasiswa tingkat akhir program S-1 FIP mengalamai kesulitan dalamlangkah-langkah penulisan skripsi yang berkenaan dengan masalah yangditelitinya; (2) Penyebab utama kesulitan-kesulitan itu, dikarenakan belumterlatihnya mahasiswa dalam mempergunakan prinsip, metoda dan teknik-teknik penelitian ilmiah.Hambatan-hambatan ini dapat menimbulkan prokrastinasi akademik bagimahasiswa serta mempengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan dalammenyelesaikan skripsinya. Berdasarkan data yang diperoleh dari Biro SkripsiUniversitas Diponegoro (2008) pada mahasiswa tahun 2003-2008, waktuyang dibutuhkan untuk menyelesaikan skripsi sangat beragam. Mahasiswapaling cepat dapat menyelesaikan skripsinya dalam waktu lima bulan, danwaktu paling lama yang dibutuhkan mahasiswa untuk dapat menyelesaikanskripsinya adalah empat tahun enam bulan. Waktu rata-rata yang dibutuhkan

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ade Irma Arifin liked this
Ninda Kusuma liked this
bhyaaaaaa liked this
Iwan Putrawan liked this
Iwan Putrawan liked this
Fadilah Insaniah liked this
Ahmad Fauzi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->