Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Indera Penglihatan

Indera Penglihatan

Ratings: (0)|Views: 281 |Likes:
Published by kop_paste

More info:

Published by: kop_paste on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2013

pdf

text

original

 
PENGERTIAN
Panca indera adalah organ-organ akhir yang dikhususkan untuk menerima jenis rangsangantertentu. Serabut saraf yang menanganinya merupakan alat perantara yang membawa kesan rasa(Sensori impression) dari organ indera menuju ke otak dimana perasaan ini ditafsirkan.
 
Beberapa kesan timbul dari luar seperti sentuhan, pengucapan, penglihatan, penciuman dansuara. Ada kesan yang timbul dari dalam antara lain, lapar, haus, dan rasa sakit.
 
Dalam segala. hal, seralbut saraf sensorik dilengkapi dengan ujung akhir khusus mengumpulkanrangsangan yang khas dimana setiap organ berhubungan. Sistem indera, memerlukan bantuansistem saraf yang menghubungkan badan indera dengan sistem saraf pusat, Organ indera adalahsel-sel tertentu yang dapat menerima stimulus dari lingkungan maupun dari dalam badan sendiriuntuk diteruskan sebagai impuls saraf melalui serabut saraf ke pusat susunan saraf. Setiap organindera menerima stimulus tertentu, kesan yang sesuai sebagai sistern organ indera hanya mampumenerima stimulus, menghasilkan dan mengirim impuls saraf, interpretasi dari pada sernuaorgan indera dapat diklasifikasikan meniadi 2 yaitu, organ indera umum seperti reseptor rabatersebar di seluruh tubuh dan organ indera khusus seperti puting pengecap penyebarannyaterbatas pada lidah.
 INDERA PENGLIHATAN (MATA)
Indera penglihatan yang terletak pada mata (organ visus) terdiri dari organ okuli assesoda (alatbantu mata) dan okulus (bola mata). Saraf indera penglihatan, saraf optikus (urat saraf kranialkedua), timbul dari sel - sel ganglion dalam retina, bergabung untuk membentuk saraf optikus.
 
ALIS.
 
Dua. potong kulit tebal yang melengkung ditumbuhi oleh bulu yang berfungsi sebagai pelindungmata dari sinar matahari yang sangat terik dan sebagai alat kecantikan.
 
KELOPAK MATA.Terdiri dari 2 bagian kelopak mata atas dan kelopak mata bawah, fungsinya adalah pelindungmata sewaktu-waktu kalau ada gangguan pada mata (menutup & membuka mata).ORGAN OKULI ASSESORIA (Alat pembantu mata), terdapat disekitar bola mata yang sangaterat hubungannya dengan mata, terdiri dari :
Kavum Orbita.
Merupakan rongga mata yang bentuknya seperti kerucut dengan puncaknyamengarah ke depan, dan ke dalam. Dinding rongga mata dibentuk oleh tulang:1)
 
Os frontalis.2)
 
Os zigomatikum.3)
 
Os stenoidal.4)
 
Os Etmoidal.5)
 
Os Palatum.6)
 
Os Lakrimal.Rongga mata mempunyai beberapa celah yang menghubungkan rongga mata dengan ronggaotak, rongga hidung, rongga etmoidalis dan sebagainya. Rongga bolamata ini berisi jaringanlemak, otot, fasia, saraf, pembuluh darah dan aparatus lakrimalis.
Supersilium
(Alis mata). Merupakan batas orbita dan potong kulit tebal yang melengkung,ditumbuhi oleh bulu pendek yang berfungsi sebagai kosmetik atau alat kecantikan.
Palpebra
(Kelopak mata). Merupakan 2 buah lipatan atas dan bawah kulit yang terletak di depanbulbus okuli, kelopak mata atas lebih lebar dari kelopak mata bawah. Kelopak mata atas lebihmudah digerakkan yang terdiri dari muskulus levator palpebra superior. Pada pinggir kelopak mata terdapat silia (bulu mata).Tarsus merupakan bagian dari kelopak yang berlipat - lipat. Pada kedua tarsus terdapat beberapakelenjar :1)
 
Kelenjar tarsalia.2)
 
Kelenjar sebasea dan kelenjar keringat.Fungsi kelopak mata sebagai pelindung bola mata terhadap gangguan pada bola mata.
 
Aparatus Lakrinialis
(Air mata). Air mata dihasilkan oleh kelenjar lakrimalis superior daninferior, melalui duktus eksretorius lakrimalis masuk ke dalam sakus konjungtiva, melalui bagiandepan bola mata terus ke sudut tengah bola mata ke dalam kanalis lakrimalis mengalir ke duktusnasolakrimalis terus ke meatus nasalis inferior.
Muskulus okuli
(Otot mata). Merupakan otot ekstrinsik mata terdirl dari 7 buah otot, 6 buah ototdiantaranya melekat dengan os kavurn orbitalis, 1 buah mengangkat kelopak mata ke atas.1)
 
Muskulus levator palpebralis superior inferior, fungsinya mengangkat kelopak mata.2)
 
Muskulus orbikularis okuli otot lingkar mata, fungsinya untuk menutup mata.3)
 
Muskulus rektus okuli inferior (otot disekitar mata), fungsinya untuk menutup mata.4)
 
Muskulus rektus okuli medial (otot disekitar mata), fungsinya menggerakkan mata dalam(bola mata).5)
 
Muskulus obliques okuli inferior, fungsinya menggerakkan bola mata ke bawah dan kedalam.6)
 
Muskulus obliques okuli superior, fungsinya memutar mata ke atas, ke bawah dan keluar.Muskulus rektus okuli berorigo pada anulus tendineus komunis, yang merupakan sarung fibrosusyang menyelubungi nervus optikus.Strabismus (juling) disebabkan tidak seimbangnya atau paralise kelumpuhan fungsi dari salahsatu otot mata.
Konjungtiva.
Permukaan dalam kelopak mata disebut konjungtiva palpebra merupakan lapisanmukosa, bagian yang membelok dan kemudian melekat pada bola mata disebut konjungtivabulbi, pada konjungtiva ini banyak sekah kelenjar - kelenjar limfe dan pembuluh darah.Peradangan konjungtiva disebut konjungtivitis. Kadang - kadang terlihat granulasi kelenjar -kelenjar limfe yang meradang menahun. Misalnya pada trakoma, kadang - kadang telahrnernbentuk jaringan perut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->