Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Pemerintahan Di Berbagai Negara

Sistem Pemerintahan Di Berbagai Negara

Ratings: (0)|Views: 359|Likes:

More info:

Published by: Putri Ardiana Puspita Sari on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2012

pdf

text

original

 
Sistem Pemerintahan di Berbagai Negara
Sistem pemerintah berasal dari kata sistem danpemerintah. Menurut W.J.S. Poerwadarminta sistemadalah sekelompok bagian yang bekerja bersama-samauntuk melakukan sesuatu maksud, sedangkan pemerintahmerupakan perbuatan, cara atau hal urusan memerintahyang dilakukan oleh pemerintah.
 
Menurut E.Utrecht, iatilah pemerintah meliputi sebagaiberikut:
 
 
Pemerintah sebagai gabungan dari semua badankenegaraan atau alat perlengkap Negara yang berkuasaatau memrintah dalam arti luas yang meliputi badan yangmembuat peraturan(legislative), badan yang menjalankanperaturan(eksekutif), dan badan yang mengadili pelanggar peraturan(yudikatif).
 
 
Pemerintah sebagai badan kenegaraan tertinggi yangberkuasa memerintah di wilayah suatu Negara(kepalaNegara). Contohnya ialah presiden di Indonesia dan di Amerika Serikat, serta raja di Arab Saudi.
 
 
Pemerintah sebagai badan eksekutif, yaitu berartibahwa kepada oemerintah bersama menteri-mentereinya.Sebagai contoh di Indonesia, yaitu presiden yang di bantuoleh para menteri.
 
Menurut Moh.Koesnardi,S.H. dkk, pemerintah dapatdiartikan secara luas dan dapat pula di artikan secarasempit. Pemerintah dalam arti luas merupakan segalaurusan yang di lakukan oleh Negara dalammenyelenggarakan kesejahteraan rakyat dan kepentingannegaranya, sedangkan pemerintah dalam arti sempitadalah suatu pemerintah yang hanya melaksanakan tugaseksekutif saja.
 
 
Jadi, sistem pemerintahan merupakan sistem hubunganfungsional antar lembaga Negara dalam menjalankankekuasaan di dalam suatu Negara untuk mencapai tujuan.
 
Fungsi Pemerintah
 
Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yangmempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan di taati olehrakyatnya. Menurut teori politik, ada bermaca-macamfungsi Negara anrata lain sebagai berikut:
 a.
 Anarkisme
 
 Anarkisme dapat diartikan sebagai suatu tindakan atausikap penyangkalan dari Negara dan pemerintah sertapenyangakalan dari semua tujuan dan fungsi Negara.Paham ini beranggapan bahwa kodrat manusia ialah lebihdan bijaksana sehingga manusia tidak lagi memerlukanNegara ataupun pemerintah dan fungsi Negara danpemerintah seharusnya diselenggarakan saja oelhperhimpunan-perhimpunan yang dibuat secara sukarelatanpa ada alat-alat pemaksa, tanpa polisi, dan terutamatanpa hokum dan pengadilan.
 b.
Individualisme
 
Paham Individualisme menyatakan bahwa Negara ialahsuatu kebutukan yang terpaksa diterima. Fungsi daripemerintahan Negara yakni menjalankan fungsi-fungsiyang tujuannya memeliharan dan mempertahankankeamana dan ketertiban individu dan masyarakat.
 c.
Sosialisme
 
Sosialisme medrupakan suatu gerakan sosial yangmenghendaki campur tangan pemerintah yang seluas-luasnya dalam bidang perekonomian. Aktivitas Negarasangat luas sehingga tidak ada lagi aktivitas sosial yang
 
tidak diselenggarakan oleh Negara. Seluruh aktivitasNegara hanya ditunjukan untuk memenuhi kesejahteraanbersama umat manusia.
 d.
Komunisme
 
Komunisme bertujuan memperluas fungsi Negara danmenuntut penguasaan bersama dari alat-alat produksi.Komunisme berneda dengan sosialisme karenaKomunisme lebih bersifat revolusioner, sedangkansosialisme bersifat evolusioner. Komunismemembenarkan tercapainya tujuan Negara dengan jalanrevolusi, sedangkan sosialisme masih percaya pada cara-cara damai.
 e.
Sindikalisme
 
Sindikalisme merupakan suatu gerakan politik yang dimulai di Perancis sekitar tahun 1890.Gerakan
Syndicalisme Revolusionaire 
merupakangerakan buruh yang bersifat politis yang dapatmempengaruhi dan menguasai gerakan-gerakan serikatsekerja Perancis. Paham ini berpendapat bahwa Negaratidak diperlukan untuk melaksanakan cita-cita sosialisme.Serikat pekerja itulah yang dapat menggantikan perananNegara sebagai pelaksana fungsi-fungsi kesejahteraandan keamanan.
 f.
Guild Socialism
 
Guild Socialism 
merupakan suatu gerakan yang bersifatkhas Inggris. Paham ini mengajarkan bahwa dalambadan-badan koperasi umum akan menguasai alat-alatproduksi dan akan menyelengarakan tugas-tugaskenegaraan dalam bidang kesejahteraan. Paham ini dideipengaruhi oleh sosialisme dan sindikalisme.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->