Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi

Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi

Ratings: (0)|Views: 71 |Likes:

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Sri Rahayu Robiatul Adawiah on Aug 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
SEMINAR TUGAS AKHIR PERIODE JULI 2005
DUDUT LESMONO - 52011000061
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASIPERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGANMENGGUNAKAN ASP DAN SQL SERVERStudi Kasus Ruang Baca FTIF
Dudut Lesmono – Febriliyan Samopa
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh NopemberEmail:ceriamail@yahoo.com 
Abstrak
 Ruang Baca FTIF merupakan salah satu perpustakaan kecil yang ada di lingkungan ITS. Ruang Baca FTIF merupakan sebuah perpustakaan yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Informasi. Untuk mengefisiensikan danmengefektifkan tugasnya, Ruang Baca FTIF mempunyai sebuah Sistem Informasi Manajemen yangmencatat berbagai macam transaksi yang terjadi, sehingga petugas dapat secara langsungmenyiapkan sebuah laporan untuk pihak manajemen. Akan tetapi sistem informasi yang ada telah adamasih mempunyai banyak kekurangan. Masih banyak proses bisnis dari sebuah perpustakaan yangbelum dijalankan. Dalam tugas akhir ini dibuat sistem informasi Ruang Baca FTIF. Tujuan dari tugas akhir adalah untuk dapat menjalankan dan mengefisienkan proses bisnis sebuah perpustakaan, antara lainbooking online, peminjaman tugas akhir online, dan sebagainya. Studi tentang sistem informasi perpustakaan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan melakukan studi literatur ke berbagaisumber tentang perpustakaan. Sistem informasi ini dikembangkan dengan menggunakan script  pemrograman ASP dan menggunakan SQL Server sebagai server basis datanya. Dengan dibangunnya Sistem Informasi Ruang Baca FTIF, Ruang Baca dapat memberikaninformasi kepada berbagai pihak. Selain itu dengan adanya sistem ini, proses bisnis perpustakaanmenjadi lebih efisien.
 Keyword 
: perpustakaan, sistem informasi, katalog, ASP, Crystal Report.
1.
 
PENDAHULUAN
Sebuah Universitas adalah sebuah badanusaha / perusahaan yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah tenaga kerja yang siappakai. Untuk menghasilkan lulusan yangberkualitas, sebuah universitas harusmenyediakan sebuah fasilitas atau tempat untuk menyimpan berbagai macam sumber informasidalam bentuk buku atau sejenisnya. Tempatinilah yang biasa kita sebut sebagai perpustakaan.Hampir setiap Universitas mempunyaisebuah perpustakaan, tidak terkecuali ITS. ITSyang mempunyai perpustakaan pusat. Bahkanhampir setiap fakultas juga mempunyaiperpustakaan seperti Ruang Baca FTIF.Ruang Baca FTIF merupakan salah satuperpustakaan kecil yang ada di lingkungan ITS.Ruang Baca FTIF merupakan sebuahperpustakaan yang digunakan untuk menunjangproses belajar mengajar yang dilakukan olehFakultas Teknologi Informasi. Untuk mengefisiensikan dan mengefektifkan tugasnya,Ruang Baca FTIF mempunyai sebuah SistemInformasi Manajemen yang mencatat berbagaimacam transaksi yang terjadi, sehingga petugasdapat secara langsung menyiapkan sebuahlaporan untuk pihak manajemen.Akan tetapi Sistem Informasi yang ada telahada masih mempunyai banyak kekurangan. Masihbanyak proses bisnis dari sebuah perpustakaanyang belum dijalankan. Salah satu contohnyaadalah tidak adanya fasilitas yang memberikaninformasi kepada peminjam bahwa sebuah bukusedang dipinjam. Selain itu seorang peminjamtidak dapat memberikan komentar tentangkebaikan atau kekurangan dari sebuah buku.Oleh karena itu dalam penelitian ini penulisakan membuat sebuah Sistem InformasiPerpustakaan yang merupakan sebuah perbaikandari sistem yang telah ada. Dengan adanya sistemyang baru ini diharapkan mampu memperlancarsemua operasi dari sebuah perpustakaan.
2.
 
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAANPengertian, Tujuan dan Tugas PokokPerpustakaan
Perpustakaan adalah institusi/lembaga yangmenyediakan koleksi bahan perpustakaan tertulis,tercetak dan terekam sebagai pusat sumberinformasi yang diatur menurut sistem dan aturanyang baku dan didayagunakan untuk keperluanpendidikan, penelitian dan rekreasi intelektualbagi masyarakatPerpustakaan secara umum bertujuan untuk melakukan layanan informasi literal kepada
 
SEMINAR TUGAS AKHIR PERIODE JULI 2005
DUDUT LESMONO - 52011000062masyarakat. Tujuan khusus dibedakan oleh jenisperpustakaannya. Karena tujuannya memberilayanan informasi literal kepada masyarakatmaka tugas pokok adalah:a.
 
Menghimpun bahan pustaka yangmeliputi buku dan nonbuku sebagaisumber informasi.b.
 
Mengolah dan merawat pustaka.c.
 
Memberikan layanan bahan pustaka.
Koleksi Perpustakaan
Beberapa jenis koleksi yang dimiliki olehperpustakaan adalah:1.
 
BukuBeberapa jenis buku yang dimiliki olehsebuah Perpustakaan Perguruan Tinggiadalah sebagai berikut:a.
 
Buku Teks.b.
 
Buku Penunjang.c.
 
Laporan Kerja Praktek.d.
 
Tugas Akhir atau Thesis.e.
 
Buku Tandon (Buku Tandon).2.
 
Koleksi ReferensiIsi buku referensi tidak mendalam dankadang-kadang hanya memuat informasitertentu saja3.
 
Jenis Serial (Terbitan Berkala)Pada umumnya terbitan berkala berupamajalah dan koran. Jika dilihat dariisinya majalah dibedakan majalahpopuler, semi populer dan ilmiah4.
 
Brosur yaitu buku atau lembaran-lembaran lepas yang memuat masalah-masalah aktual yang bersifat sementara.5.
 
Bahan Pandang Dengar (Audio Visual)Bahan pandang dengar memuatinformasi yang dapat ditangkap secarabersamaan oleh indra mata dan telinga
Klasifikasi Bahan Pustaka dan PenempatanKoleksi
Koleksi perpustakaan harus diolah dan diatursecara sistematis, dengan tujuan untuk memudahkan penemuan kembali koleksi yangdibutuhkan. Kegiatan pengaturan ataupengelompokan bahan pustaka berdasarkanaturan tertentu disebut dengan klasifikasi.Tujuan klasifikasi dapat dirinci sebagaiberikut:a.
 
Menghasilkan urutan yang bergunab.
 
Penempatan yang tepatBila bahan pustaka diperlukan pemakai,pustaka yang diinginkan mudahdiketemukan serta mudah dikembalikan.c.
 
Penyusunan mekanisBahan pustaka baru mudah disisipkan diantara bahan pustaka yang sudahdimiliki.Klasifikasi yang digunakan untuk menayakan subjek berkelas (pengkelasan ataupengelompokan berdasarkan subjek yangdikandung sebuah buku) adalah bagan klasifikasiseperti :a.
 
Dewey Decimal Classification (DDC)yang dalam istilah Indonesia dikenaldengan Klasifikasi Persepuluhan Dewey.b.
 
Universal Decimal Classification (UDC)c.
 
Library of Conggress Classification(LC)
Katalog
Secara umum pengertian katalog adalahsuatu daftar yang terurut yang berisi informasitertentu dari benda atau barang yang didaftar.Secara lebih luas pengertian katalog adalahmetode penyusunan item (berisi informasi atauketerangan tertentu) dilakukan secara sistematisbaik menurut abjad maupun urutan logika yanglain.Pemakai perpustakaan menggunakan koleksiperpustakaan untuk mencari bacaan rekreasional,atau informasi untuk melakukan kegiatanpenelitian, dan sebagai alat bantu belajar maupunkegiatan lainnya. Mungkin saja pemakai tidak dapat menemukan buku yang diinginkan dalamrak. Untuk mengetahui buku apa saja yangdimiliki perpustakaan diperlukan alat bantu yangdisebut katalog perpustakaan. Jadi katalogperpustakaan adalah daftar buku dalam sebuahperpustakaan atau dalam sebuah koleksi.Katalog perpustakaan berarti sistematikadaftar buku atau bahan pustaka yang lain didalam perpustakaan yang memberi informasitentang pengarang, judul, edisi , penerbit, tahunterbit,ciri fisik, isi (subjek), dan lokasi bahanpustaka tersebut disimpan.Tujuan pengkatalogan menurut C.A. Cutteradalah:1.
 
Memudahkan sesesorang menemukansebuah karya yang telah diketahuipengarang, judul atau subjeknya.2.
 
Memperlihatkan apa yang dimilikiperpustakaan melalui nama pengarang,subjek dan jenis literaturnya3.
 
Membantu pemilihan sebuah karyaseperti dalam hal edisinya secarabibliografis dan karakternya (
topic
).
Jenis Layanan Perpustakaan
Beberapa Jenis Layanan Perpustakaan secaraumum adalah sebagai berikut :a.
 
Layanan peminjaman bahan pustaka(layanan sirkulasi)Layanan peminjaman bahan pustakaadalah layanan kepada pemakaiperpustakaan berupa peminjaman bahanpustaka yang dimilikii perpustakaan.b.
 
Layanan referensi
 
SEMINAR TUGAS AKHIR PERIODE JULI 2005
DUDUT LESMONO - 52011000063Koleksi ini tidak boleh dibawa pulangoleh pengunjung perpustakaan danhanya untuk dibaca ditempat.c.
 
Layanan ruang bacaLayanan ruang baca adalah layanan yangdiberikan oleh perpustakaan berupatempat layanan untuk melakukankegiatan membaca di perpustakaan.
Layanan Sirkulasi
Layanan sirkulasi atau layanan pemijamandan pengembalian bahan pustaka adalah satukegiatan di perpustakaan yang melayanipeminjaman dan pengembalian buku. Kegiatansirkulasi dapat dilaksanakan sesudah buku-bukuselesai diproses dengan lengkap dengan label-labelnya seperti kartu buku, kartu tanggalkembali, kantong buku, dan
call number 
padapunggung buku.Menurut Sulistyo-Basuki, bagian layanansirkulasi mempunyai tugas melayani pengunjungperpustakaan khususnya hal berikut ini :1.
 
Mengawasi keluarnya setiap bahanpustaka dari ruang perpustakaan.2.
 
Pendaftaran anggota perpustakaanSalah satu tugas dari bagian sirkulasiadalah menerima pendaftaran anggotaperpustakaan.3.
 
Peminjaman dan pengembalian bahanpustaka4.
 
Memberikan sanksi bagi anggota yangterlambat mengembalikan pinjaman.5.
 
Memberikan peringatan bagi anggotayang belum mengembalikan pinjaman6.
 
Menentukan penggantian buku yangdihilangkan anggota.7.
 
Membuat statistik sirkulasi8.
 
Penataan koleksi di jajaran/rak 
3.
 
PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini akan dijelaskan metodologiyang digunakan dalam perancangan sistem.Selanjutnya akan dijelaskan tentang analisakebutuhan, perancangan proses dan basis datadari Sistem Informasi RBFTIF.
Metodologi Perancangan
Permodelan sistem pada tugas akhir inimenggunakan UML (
Unified Modelling Language
) dan dengan menggunakan
tool
Rational Rose 2002. Alasan dari penggunaanUML dalam proses modeling pada tugas akhir iniadalah karena UML menjadi notasi standar untuk arsitektur perangkat lunak dan merupakan bahasastandar industri untuk memvisualisasikan,membangun, dan mendokumentasikan sistem.
Analisa Kebutuhan
Dari hasil analisa kebutuhan dapatditentukan bahwa kebutuhan sistem adalah dapatmenangani proses berikut:1.
 
Manajemen user.2.
 
Pemeliharaan data anggota.3.
 
Pemeliharaan data koleksi.4.
 
Sirkulasi5.
 
Menampilkan berita .6.
 
Layanan burn koleksi CD.7.
 
Layanan foto copy koleksi .8.
 
Download koleksi digital.9.
 
Download paper tugas akhir.10.
 
Resensi sebuah buku.11.
 
Penelusuran koleksi.12.
 
Usulan pertambahan koleksi.13.
 
Pembuatan laporan.
Perancangan Sistem
Berdasarkan studi lapangan dan analisa yangdilakukan, aktor yang terlibat pada sistem iniadalah sebagai berikut:1.
 
Aktor User Internal Aktor User InternalYang termasuk dalam kelompok aktorini adalah:a.
 
Aktor Pustakawan adalahseorang yang diberi tanggung- jawab untuk mengelolaperpustakaan.b.
 
Aktor Administrator adalahseorang yang bertanggung- jawab untuk memelihara sisteminformasi yang telah dibuat.c.
 
Aktor Kajur adalah seorangyang mempunyai peran dalampengembangan ruang baca jurusan2.
 
Aktor User EksternalAktor User Eksternal adalah semua aktoryang tidak termasuk dalam aktorinternal. Aktor User Eksternal ini dibagilagi menjadi dua bagian antara lain:a.
 
Anggota, yang termasuk dalamaktor ini adalah aktor Dosen,aktor Mahasiswa, aktorAnggota Luar.b.
 
Non anggota.Gambar 3.1 adalah
use case diagram
yangmenggambarkan aktor-aktor yang terlibat didalam sistem.Gambaran umum dari sebuah sistem dapatdigambarkan oleh sebuah
use case diagram
.Secara garis besar Sistem Informasi ruang bacaFTIF mempunyai beberapa
use case
yangdisediakan untuk aktor-aktor yang berpartisipasidi dalam sistem.
Use case
tersebut antara lain :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->