Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini - Drg Eriska

Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini - Drg Eriska

Ratings: (0)|Views: 102 |Likes:
Published by familyman80
sebuah artikel kesehatan tentang pengenalan kesehatan gigi anakkarya dari Drg Eriska Riyanti Sp KGA , poin poin penting bagi orangtua terutama poin tentang Pengendalian Plak sd usia 1 tahun , kapan waktunya memakai sikat gigi ( ternyata harus melihat usia dan mungilnya rongga mulut anak ) .. lebih lengkapnya silahkan menyimak artikel kesehatan gigi dari drg Eriska yang simple PDF namun amat penting ini.
sebuah artikel kesehatan tentang pengenalan kesehatan gigi anakkarya dari Drg Eriska Riyanti Sp KGA , poin poin penting bagi orangtua terutama poin tentang Pengendalian Plak sd usia 1 tahun , kapan waktunya memakai sikat gigi ( ternyata harus melihat usia dan mungilnya rongga mulut anak ) .. lebih lengkapnya silahkan menyimak artikel kesehatan gigi dari drg Eriska yang simple PDF namun amat penting ini.

More info:

Published by: familyman80 on Aug 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
 
PENGENALAN DAN PERAWATAN KESEHATAN GIGI ANAKSEJAK DINI
Oleh :Eriska Riyanti, drg., Sp. KGA.
Disajikan pada Seminar Sehari Kesehatan-Psikologi Anak Minggu, 29 Mei 2005 di Gedung Lab. Klinik UtamaPramita.
 
 
PENDAHULUAN
Pengenalan dan perawatan kesehatan gigi anak sejak dini merupakan sesuatu hal yangkadang-kadang menimbulkan rasa kekhawatiran pada setiap ibu. Para ibu mempunyaikekhawatiran bagaimana cara mempersiapkan anak untuk mempersiapkan anak-anaknya saatmenerima perawatan gigi. Selain itu para ibu juga merasakan kekhawatiran apabila telah melihatada kelainan pada gigi anaknya. Rasa khawatir tersebut dapat ditanggulangi dengan caramempersiapkan para calon ibu, dan para ibu dalam mengambil langkah-langkah apa yang dapatdilakukan di dalam mengenalkan perawatan gigi pada anaknya serta menambah pengetahuan paraibu mengenai kelainan-kelainan pada gigi dan mulut anak yang sering ditemukan.Mulut merupakan pintu gerbang pertama di dalam sistem pencernaan. Makanan danminuman akan diproses di dalam mulut dengan bantuan gigi-geligi, lidah, dan saliva.Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan.Mulut bukan sekedar untuk pintu masuknya makanan dan minuman tetapi fungsi mulut lebih dariitu dan tidak banyak orang menyadari besarnya peranan mulut bagi kesehatan dan kesejahteraanseseorang. Oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut sangat berperan dalam menunjangkesehatan seseorang.Instruksi pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut di rumah telah banyak disusun oleh paraahli. Program tersebut menekankan pada pencegahan terjadinya karies. Oleh karena masihbanyak para orang tua yang beranggapan bahwa geligi susu hanya sementara dan akan digantioleh geligi tetap sehingga mereka tidak memperhatikan mengenai kebersihan geligi susu.Penerapan instruksi pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya telah dimulai sejak bayimasih di dalam kandungan, sehingga orang tua akan lebih siap di dalam melakukan instruksitersebut.
 
Peran serta orang tua sangat diperlukan di dalam membimbing, memberikan pengertian,mengingatkan, dan menyediakan fasilitas kepada anak agar anak dapat memelihara kebersihangigi dan mulutnya. Selain itu orang tua juga mempunyai peran yang cukup besar di dalammencegah terjadinya akumulasi plak dan terjadinya karies pada anak.Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendasari terbentuknya perilaku yangmendukung atau tidak mendukung kebersihan gigi dan mulut anak. Pengetahuan tersebut dapatdiperoleh secara alami maupun secara terencana yaitu melalui proses pendidikan. Orang tuadengan pengetahuan rendah mengenai kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor predisposisidari perilaku yang tidak mendukung kesehatan gigi dan mulut anak.Proses pelaksanaan instruksi kebersihan gigi dan mulut membutuhkan serangkaian prosesyang dapat dimulai dengan mengajarkan orangtua atau pengasuh. Teknik penerapan upaya inisesuai dengan perkembangan kemampuan motorik dan kecerdasan anak. Berbagai sikap danperilaku anak akan muncul pada saat dimulainya proses ini. Namun demikian anak akan mudahmenyesuaikan apabila telah terjalin komunikasi yang interaktif antara anak dengan orang tua ataupengasuh.Prilaku merupakan suatu aktifitas manusia yang sangat mempengaruhi pola hidup yangakan dijalaninya. Proses pembentukan prilaku yang diharapkan memerlukan waktu sertakemampuan dari para orangtua di dalam mengajarkan anak. Oleh karena itu bila pola hidup yangdijalaninya merupakan pola hidup yang sehat maka perilaku yang akan diterapkan di dalammemelihara kesehatan gigi dan mulutpun merupakan pola hidup yang sehat.
TINJAUAN PUSTAKA
Menurut ahli psikologi usia anak terdiri dari beberapa tingkatan yaitu usia bayi, anak,prasekolah, sekolah, dan remaja. Beberapa pendekatan dalam menerapkan suatu perilaku dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->