Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH IMPLEMENTASI PANCASILA

MAKALAH IMPLEMENTASI PANCASILA

Ratings: (0)|Views: 929 |Likes:
Published by Miyut Al-Rembangi

More info:

Published by: Miyut Al-Rembangi on Aug 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
 
MAKALAHIMPLEMENTASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DANBERNEGARA
Disusun untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Sejarah IdeologiDosen Pengampu : Drs. Arif Purnomo, S.S, M.PdDrs. R. Suharso, M.PdRombel : 001Disusun oleh :Muslim ( 3101409004 ) Albertus Setyo Adi (3101409025 )Muhammad Budiyanto ( 3101409014 ) Sefrian Priodi (3101409026 )Muthohharoh (3101409016 ) Dwi Kristiawan (3101409033 )Afifi Musthofa (3101409017 ) Afriko Wigyan F (3101409043 )Bayu Novandri (3101409024 ) Nur Hasan (3101409063 )JURUSAN SEJARAHFAKULTAS ILMU SOSIALUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
 
A.
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesiayang majemuk. Mengapa begitu besar pengaruh Pancasila terhadap bangsa dan negaraIndonesia? Kondisi ini dapat terjadi karena perjalanan sejarah dan kompleksitas keberadaanbangsa Indonesia seperti keragaman suku, agama, bahasa daerah, pulau, adat istiadat, kebiasaanbudaya, serta warna kulit jauh berbeda satu sama lain tetapi mutlak harus dipersatukan.Sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan landasan berbangsadan bernegara yang implementasinya mewajibkan semua manusia Indonesia harus ber-ketuhanan. Karena keberadaan Tuhan melingkupi semua wujud dan sifat dari alam semesta ini,diharapkan manusia Indonesia dapat menyelaraskan diri dengan dirinya sendiri, dirinya denganmanusia-manusia lain di sekitarnya, dirinya dengan alam, dan dirinya dengan Tuhan.Keselarasan ini menjadi tanda dari mausia yang telah meningkat kesadarannya dari kesadaranrendah menjadi kesadaran manusia yang manusiawi.Pancasila, dalam konteks masyarakat bangsa yang plural dan dengan wilayah yang luas,harus dijabarkan untuk menjadi ideologi kebangsaan yang menjadi kerangka berpikir (the mainof idea), kerangka bertindak (the main of action), dan dasar hukum (basic law) bagi segenapelemen bangsa. Namun, dalam kerangka pluralitas dan multikulturalisme tidak dinafikan dandihalangi hidupnya ideologi kelompok yang sifatnya lebih terbatas selama tidak bertentangandengan nilai-nilai Pancasila. Sebagai contoh, ideologi kelompok keagamaan (ormas), partaipolitik, dan etnonasionalisme kesukuan tetap dibiarkan hidup sebagai khasanah kekayaan bangsadalam payung ideologi besar Pancasila. Hal ini, dimaksudkan untuk menghindari pemaksaan danmonopoli ideologi serta penafsiran tunggal.Pada hakikatnya, Pancasila juga terbuka pada pemikiran ideologi lainnya. Kecualiterhadap ideologi Komunisme yang nyata-nyata bertentangan dengan Pancasila harus tetapdilarang dan tidak boleh hidup di bumi Indonesia. Artinya Pancasila menjadi ajimat yang ampuhbagi rejim dalam mengambil segala bentuk keputusan, rakyat diharuskan tunduk pada legitimasiyang digunakan dengan melalui pengatasnamaan Pancasila, inilah di kemudian waktu menjadipermasalahan yang rumit.
 
Implementasi nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa danbernegara. Pelaksanaan nilai Pancasila lebih penting ketimbang pembahasan-pembahasan secarateori.
B.
 
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan diangkat adalahsebagai berikut :1.
 
Apa saja butir-butir yang terkandung dalam pancasila ?2.
 
Bagaimana implementasi pancasila dari masa ke masa?3.
 
Bagaimana implementasi pancasila pada bidang politik-hukum ?4.
 
Bagaimana implementasi pancasila pada bidang Ketahanan Negara ?5.
 
Bagaimana implementasi pancasila pada bidang sosial-ekonomi ?6.
 
Bagaimana implementasi pancasila pada bidang sosial-budaya ?7.
 
Bagaimana implementasi pancasila pada bidang demokrasi ?8.
 
Apa saja pedoman umum dalam implementasi pancasila ke dalam kehidupan?9.
 
Bagaimana mempertahankan, memantapkan, memapankan, dan mengokohkanPancasila ?
C.
 
TUJUAN
1.
 
Mahasiswa menjadi lebih mengetahui implementasi pancasila pada berbagai bidang.2.
 
Mahasiswa dapat mengamalkan butir-butir pancasila.
D.
 
PEMBAHASAN1.
 
Butir-Butir Pancasila1.Ketuhanan Yang Maha Esa
 
Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketaqwaanya kepada Tuhan YangMaha Esa.
 
Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai denganagama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil danberadab.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->