Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Administrasi Jaringan

Modul Administrasi Jaringan

Ratings: (0)|Views: 124 |Likes:
Published by Nato Bondan Sunarto

More info:

Published by: Nato Bondan Sunarto on Aug 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
A.PENJELASAN TENTANG SERVER 
Kata ‘server’ seringkali diucapkan oleh pengguna komputer, terutama ketika sedangmembicarakan ‘jaringan komputeratau ‘internet’. Dalam bahasa Inggris, kata server berasal darikata serve yang artinya melayani, meladeni, menghidangkan, menyajikan. Sehingga dalam pembicaraan ‘jaringan komputer’ atau ‘internet’, server adalah sebuah komputer (atau sebuahsistem komputer) yang tugasnya melayani komputer-komputer lainnya. Tentu saja, komputer-komputer yang dilayani adalah komputer-komputer yang terhubung dengan server tersebut.Dengan demikian, komputer server dapat berfungsi sebagai:
1.
Situs intenet atau ilmu pengetahuan
2.
Penyimpan data atau file, dan membuat data atau file tersebut dapat diambil kembali saatdibutuhkan.
3.
Mengkoneksikan komputer client ke Internet.Banyak sekali kaum komputeris yang mencoba mendefinisikan arti kata/istilah server dalamhubungannya dengan komputer. Berikut ini disajikan beberapa definisinya:
• 
Server adalah sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
• 
Server adalah sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayanibanyak pengguna dalam satu jaringan.
• 
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Komputer server biasanya memiliki RAM yang besar dan dalam operasionalnyamenggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sistem operasi jaringan atau network operatingsystem. Server juga menjalankan software administratif yang berguna untuk mengontrol akses ke jaringan, dan mengelola perangkat (sumber daya) yang terdapat di dalamnya, misalnya printer,serta memberikan akses kepada workstation yang menjadi anggota jaringan (workstation yangtersambung ke jaringan). Kata atau istilah workstation berasal dari bahasa Inggris yang terjemahan bebasnya bermakna stasiun kerja. Dalam bahasan jaringan komputer, istilah workstation biasanyadipakai untuk menyebut komputer (yang dipakai oleh pengguna) yang terhubung ke suatu jaringan.Dalam pengertian yang lain, workstation diartikan sebagai single user komputer yang berdaya penuh yang penggunaannya biasanya ditujukan untuk aplikasi high end graphics dan aplikasidesain tambahan. Disebut juga dengan nama graphics workstation.
 
Jadi server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalamsebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringanatau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yangmengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.Macam-macam jenis server diantaranya :
1.
Fax Server
Fax server digunakan untuk melayani servis fax bagi client. Dengan adanya server fax ini.Segala permintaan pengiriman fax maupun menerima fax akan melalui server fax ini.Server fax ini juga dilengkapi dengan modem yang mendukung fungsi fax.
2.FTP Server
Server ini mempunyai layanan protokol FTP. Artinya dengan adanya server FTP ini,segala permintaan FTP (FTP merupakan protokol untuk layanan transfer data) akanterlaksana.
3.Mail Server
Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail (surat). Surat dalamhal ini, client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain, yang dimana surat tersebutdisimpan dalam server mail itu juga. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat,server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis seperti web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang dipunya client.
4.Database Server
Server database, seperti namanya. Server ini melayani servis bagi client yangmembutuhkan layanan penyimpanan database. Dalam server database tersebut, bisa berisiratusan ataupun ribuan database dari banyak user. Biasanya database tersebutdikelompokkan atau disimpan per user yang memakai layanan database tersebut. Agar tidak terjadinya pencurian data.
5.Proxy Server
Proxy server, bisa digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan. Server ini bisa digunakan untuk memfilter permintaan servis masuk maupun keluar dari sebuah
 
client. Dengan adanya proxy server ini, kita bisa memblock suatu IP agar bisa berkomunikasi misalnya.
6.Web Server
Server ini merupakan server yang mungkin tidak aneh lagi didengar. Situs seperti searchengine, blog, website dll pasti membutuhkan web server agar file – file web seperti.html .php .asp bisa diproses terlebih dahulu dalam web server sebelum fule tersebutdikirimkan ke client. Web server melayani request servis dengan protokol HTTP, dan ada juga IMAP ataupun FTP.
7.Telnet Server
Merupakan server yang digunakan untuk melayani servis Telnet. Dengan adanya server ini, kita bisa melakukan remote komputer yang kita inginkan. Sebelum kita meremotekomputer, kita masuk dulu dalam sistem login server telnet ini. Kemudian permintaantelnet diteruskan ke komputer tujuan yang diminta oleh client.
8.File Server
File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data – data yangdimiliki oleh sejumlah client. Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung darikapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.
9.Game Server
Game server merupakan server yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar  pemain (client) dengan pemain yang lainnya. Game server ini selain merupakan server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.
10.DNS Server
DNS server mempunyai kegunaan untuk servis DNS. DNS berguna untuk menerjemahkan alamat domain sebuah komputer ke dalam bentuk IP. Oleh sebab itu jikakita tidak menentukan DNS server pada settingan IP Address, maka kita akan kesulitanuntuk membuka situs seperti Google, karena alamat google tersebut harus diterjemahkandulu ke dalam bentuk IP address sebelum komputer kita bisa terkoneksi ke server googletersebut.. Sedangkan alamat IP server dns belum ditentukan oleh kita.
11.Print Server

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->