Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RADAR1

RADAR1

Ratings: (0)|Views: 71|Likes:
Published by Jhon Doe

More info:

Published by: Jhon Doe on Aug 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
 
MAKALAHRADAR
Di susun oleh:DIMAS AGUNG WISNU (11.7002.7001)Program Studi Teknik ElektroUniversitas 17 agustus 1945Jakarta2012
 
Pendahuluan
Radar adalah sistem objek-deteksi yang menggunakan gelombang radio untukmenentukan jangkauan, ketinggian, arah, atau kecepatan objek. Radar dapatdigunakan untuk mendeteksi pesawat, kapal, pesawat ruang angkasa, pelurukendali, kendaraan bermotor, formasi cuaca, dan medan.Antena radarmemancarkan pulsa gelombang radio atau gelombang mikro yang dipantulkanoleh benda yang ditemui. Tujuannya mengembalikan sebuah bagian kecil darienergi gelombang untuk hidangan atau antena yang biasanya terletak di lokasi yang sama dengan pemancar.Penggunaan radar modern sangat beragam, termasuk kontrol lalu lintas udara,astronomi radar, pertahanan udara, sistem antiroket; radar laut untuk mencarilandmark dan kapal lainnya; sistem pesawat anticollision; sistem pengawasan laut,pengawasan luar angkasa dan sistem pertemuan; meteorologi curah hujanpemantauan; sistem kontrol altimetri dan penerbangan; rudal sasaran dipandumenemukan sistem, dan radar penembus tanah untuk pengamatan geologi. sistemradar berteknologi tinggi berhubungan dengan pemrosesan sinyal digital danmampu mengekstrak objek dari tingkat kebisingan(gangguan) yang sangat tinggi.
Sejarah Radar
Pada awal 1886, Heinrich Hertz menunjukkan bahwa gelombang radio dapattercermin dari benda padat. Pada tahun 1895 Alexander Popov, seorang instrukturfisika di Imperial Rusia Angkatan Laut sekolah di Kronstadt, dikembangkan suatualat menggunakan tabung coherer untuk mendeteksi sambaran petir jauh. Tahunberikutnya, ia menambahkan pemancar spark-gap. Pada tahun 1897, saat uji cobaini dalam berkomunikasi antara dua kapal di Laut Baltik, ia mencatat interferensimengalahkan disebabkan oleh berlalunya kapal ketiga. Dalam laporannya, Popovmenulis bahwa fenomena ini dapat digunakan untuk mendeteksi objek, tetapi diatidak lebih dengan observasi ini.Huelsmeyer adalah orang pertama yang menggunakan gelombang radio untukmendeteksi "keberadaan benda-benda logam jauh". Pada 1904 ia menunjukkankelayakan mendeteksi sebuah kapal dalam kabut tebal tapi tidak jaraknya. Iamemperoleh paten untuk perangkat deteksi pada bulan April 1904 dan kemudianpaten untuk amandemen terkait untuk menentukan jarak ke kapal. Dia jugamendapat paten Inggris pada September 23, 1904 untuk aplikasi radar pertamapenuh, yang ia sebut telemobiloscope.Pada tahun 1922 A. Hoyt Taylor dan Leo C. Young, para peneliti yang bekerjadengan Angkatan Laut AS, menemukan bahwa ketika gelombang radio disiarkanpada 60 MHz adalah mungkin untuk menentukan jangkauan dan bantalan kapalterdekat di Sungai Potomac. Meskipun saran Taylor bahwa metode ini dapatdigunakan dalam jarak pandang terbatas, Angkatan Laut tidak segeramelanjutkan pekerjaan. investigasi serius mulai delapan tahun kemudian setelahpenemuan bahwa radar dapat digunakan untuk melacak pesawat terbang.Sebelum Perang Dunia Kedua, peneliti di Perancis, Jerman, Italia, Jepang,Belanda, Uni Soviet, Inggris, dan Amerika Serikat, mandiri dan dalam kerahasiaanbesar, teknologi yang dikembangkan yang mengarah ke versi modern dari radar.Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Afrika Selatan diikuti sebelum perangInggris, dan Hongaria memiliki perkembangan serupa selama perang.
 
Pada tahun 1935, PKOschepkov insinyur militer Soviet, bekerja sama denganInstitut Leningrad electrophysical, menghasilkan peralatan eksperimen, RAPID,mampu mendeteksi pesawat terbang dalam jarak 3 km dari penerima . SistemPerancis dan Uni Soviet, bagaimanapun, memiliki kontinyu-gelombang operasi dantidak bisa memberikan kinerja penuh bahwa pada akhirnya menjadi pusat radarmodern.Radar Kendali berevolusi sebagai sistem berdenyut(pulsed), dan aparat SD duluseperti ditunjukkan pada Desember 1934 oleh Amerika Robert M. Beliau , bekerjadi Naval Research Laboratory. Tahun berikutnya, Angkatan Darat Amerika Serikatberhasil menguji permukaan primitif ke radar permukaan untuk tujuan lampubaterai pencarian pantai di malam hari. Hal ini diikuti oleh sistem berdenyutmenunjukkan Mei 1935 oleh Rudolf Kühnhold dan perusahaan GEMA di Jermandan kemudian satu pada bulan Juni 1935 oleh tim Udara Departemen yangdipimpin oleh Robert A. Watson Watt di Inggris. Kemudian, pada tahun 1943,Robert M memperbaharui radar dengan teknik monopulse yang digunakan selamabertahun-tahun dalam kebanyakan aplikasi radar.
Jenis-jenis Radar
1.
 
Doppler Radar
Radar Doppler merupakan jenis radar yang menggunakan Efek Doppler untukmengukur kecepatan radial dari sebuah objek yang masuk daerah tangkapanradar. Radar jenis ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan radial. ContohRadar Doppler yaitu Weather radar yang digunakan untuk mendeteksi cuaca.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->