Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LP WAHAM (Sudah Di Edit)

LP WAHAM (Sudah Di Edit)

Ratings: (0)|Views: 570 |Likes:
Published by rakatsu

More info:

Published by: rakatsu on Aug 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yangmemungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. (UU KesehatanNo. 23 th 1992).Rumah Sakit Jiwa Daerah Sambang Lihum Gambut Kabupaten Banjar sebagaitempat pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang secara spesifik menangani pasiendengan gangguan kesehatan jiwa (M.Baihaki, 2012. . Sumber data Ruang PerawatanAkut Wanita Nusa Indah RSJD Sambang Lihum Gambut).Berdasarkan laporan data periode Januari-Maret 2012 di Ruang Nusa IndahRSJD Sambang Lihum jumlah pasien yang mengalami gangguan proses pikir: wahamsebagai berikut :
Tabel 1Jumlah Pasien yang Mengalami Gangguan Proses Pikir : Waham yang di Rawatdi Ruang Nusa Indah RSJD Sambang LihumPeriode Januari
 – 
Maret 2012
Sumber : Data Ruang Nusa Indah tahun 2012No Bulan Jumlah pasien1 Januari 12 Februari 13 Maret 1Jumlah 3
 
Dengan melihat tabel di atas dapat kita ketahui bahwa pasien yang menderitagangguan proses piker: waham pada periode Januari-Maret 2012 berjumlah 3 orang,sehingga diperlukan suatu penanganan dalam upaya - upaya untuk penyembuhanpenyakit melalui pemeliharaan kesehatan dengan perawatan dan pengobatan. Olehkarena itu penulis merasa tertarik untuk mengungkap masalah ini ke dalam seminarkeperawatan dengan pendekatan proses keperawatan dengan judul
“Asuhan
Keperawatan Jiwa Pada klien Ny. S Dengan Diagnosa Gangguan Proses Pikir:Waham Di Ruang Perawatan Akut Wanita Nusa Indah RSJD Sambang LihumGambut
”.
 Asuhan keperawatan ini membahas tentang konsep kesehatan dankeperawatan kesehatan jiwa dengan penekanannya pada upaya pencegahan primer,sekunder, dan tertier kesehatan jiwa, yang ditujukan pada pasien dengan masalahgangguan proses pikir : waham yang menggunakan pendekatan proses keperawatanmelalui komunikasi terapeutik serta menggunakan beberapa terapi modalitaskeperawatan kesehatan jiwa.Hal yang melatarbelakangi penyusun memilih Ny. S menjadi klien kelolaanpada asuhan keperawatan ini adalah sebagai berikut:1.
 
Kasus gangguan proses pikir: waham sangat jarang ditemukan2.
 
Klien mempunyai masalah gangguan proses pikir: waham,3.
 
Klien bukan merupakan kelolaan Dinas Sosial, dan4.
 
Klien berdomisili di wilayah yang mampu dijangkau (wilayah Gambut) sehinggamemudahkan dalam hal pengakajian pada keluarga maupun home visite.
 
B.
 
Masalah Utama
Perubahan Proses Pikir : Waham.
C.
 
Proses Terjadinya Masalah
1.
 
Pengertian
 
Waham adalah keyakinan terhadap sesuatu yang salah dan secara kukuhdipertahankan walaupun tidak diyakini oleh orang lain dan bertentangan denganrealita normal (Stuart dan Sundeen, 1998 dalam Nita Fitria : 75)
 
Waham adalah keyakinan klien yang tidak sesuai dengan kenyataan, tetapidipertahankan dan tidak dapat diubah secara logis oleh orang lain. Keyakinan iniberasal dari pemikiran klien yang sudah kehilangan kontrol (Depkes RI, 2000dalam Nita Fitria: 75).
 
Waham adalah suatu keyakinan seseorang yang berdasarkan penilaian realitasyang salah, keyakinan yang tidak konsisten dengan tingkat intelektual dan latarbelakang budaya, ketidakmampuan merespon srimulus internal dan eksternalmelalui proses interaksi atau informasi secara akurat (Keliat, 1999 dalam NitaFitria :76).2.
 
Tanda dan GejalaTanda dan gejala pada klien dengan perubahan proses pikir : waham adalah sebagaiberikut (Nita Fitria, 2010 : 76) :
 
Menolak makan
 
Tidak ada perhatian pada perawatan diri
 
Ekspresi wajah sedih/gembira/ketakutan
 
Gerakan tidak terkontrol
 
Mudah tersinggung
 
Isi pembicaraan tidak sesuai dengan kenyataan
 
Tidak bisa membedakan antara kenyataan dan bukan kenyataan
 
Menghindar dari orang lain

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ysafna liked this
Laila Sari liked this
Ahmad MauLana liked this
Suci Alisa liked this
Mayun Cacoell liked this
Ari Fiesh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->