Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
jurnal anak

jurnal anak

Ratings: (0)|Views: 130 |Likes:
Published by kimhabin

More info:

Published by: kimhabin on Aug 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

 
 
HUBUNGAN POLA ASUH IBU DENGANTINGKAT PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADAANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PDHI BANGUNTAPAN BANTULYOGYAKARTAKarya Tulis IlmiahDisusun Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar SarjanaKeperawatan Pada Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas KedokteranDan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah YogyakartaRIDWAN FATONINIM: 20060320081PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA2010
 
 
 
Ridwan Fatoni.
(2010). Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan TingkatPerkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di TK PDHIBanguntapan Bantul Yogyakarta.
Pembimbing:
Falasifah Ani Yuniarti, Ns, MAN
INTISARILatar belakang:
Perkembangan anak dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor yang berasal dari dalam diri
(genetik)
maupun dari luar 
(biopsikososial).
Interaksiantar faktor ini membentuk kepribadian anak yang kemudian akan tampak dalamsikap serta tingkah laku anak. Pola asuh ibu merupakan salah satu faktor yangmempengaruhi perkembangan anak, apabila pola asuh yang diberikan tidak tepatmaka akan menghambat perkembangan personal sosial anak yang akanmenyebabkan anak menjadi pasif, takut dan inisiatifnya menjadi kurang.
Tujuan:
Diketahuinya hubungan pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan personal sosial anak usia pra sekolah di TK PDHI Banguntapan BantulYogyakarta tahun 2010.
Metodologi:
Desain penelitian ini menggunakan metode
survey analitik 
dengan pendekatan waktu yang digunakan adalah
cross sectional.
Teknik pengumpulansampel dengan sampel jenuh dengan jumlah responden 31 pasang ibu dan anak.Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisa data menggunakan
ChiKuadrat.
 
Waktu penelitian:
Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 9-27 Januari 2010.
Hasil:
Hasil penelitian pola asuh dan perkembangan personal sosial menunjukkankategori pola asuh otoritatif 51,6%, permisif 22,8%, otoriter 25,8%.Perkembangan personal sosial normal 51,6% dan terlambat 48,4%. Dengan uji
Chi Kuadrat 
didapatkan nilai
2
hitung sebesar 6,760, sedangkan nilai
 p
=0,034(
 p
<0,05). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan personalsosial anak usia pra sekolah di TK PDHI Banguntapan Bantul Yogyakarta 2010.
Kesimpulan:
Sebagian besar pola asuh ibu di TK PDHI Banguntapan BantulYogyakarta menggunakan pola asuh otoritatif (51,6%) dengan perkembangan personal sosial normal(51,6%).
Saran:
 bagi ibu disarankan untuk memberikan pola asuh yang tepat agar terbentuk tingkat perkembangan personal sosial yang baik pada anak.
Kata Kunci
 
:
Pola asuh ibu, Perkembangan personal sosial

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->