Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Kelas x

Materi Kelas x

Ratings: (0)|Views: 481 |Likes:
Published by Dwi Andriani

More info:

Published by: Dwi Andriani on Aug 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

 
Laman
 
 
 
 
 
 
 
 
Rabu, 13 Juli 2011
Kewirausahaan Kelas X Semester Gasal
Bab 1
 
Mengidentifikasi Sikap dan Perilaku Wirausahawan
 
Pada zaman keterpurukan ekonomi yang sedang dialami oleh bangsa Indonesia, kitaharus bisa menyerukan pentingnya pembangunan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship)sehingga kebanyakan masyarakat tidak ragu lagi untuk mengambil langkah untuk menjadi calonwirausaha. Sesungguhnya kita semua adalah calon-calon wirausaha yang baik, tinggalbagaimana kita mengolah jiwa entrepreneurship yang berhasil. Jika hal ini terealisasi akanmemberikan nafas lega untuk pemerintah karena bisa mengurangi pengangguran danmengentaskan kemiskinan.
 
Perubahan dan perbaikan nasib kita harus didasarkan pada kehendak, keinginan, dankerja keras. Oleh karena itu, peranan wirausaha sangat penting untuk menentukan masa depanbangsa dan negara.
 
A. PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN
 
Entrepreneurship awal mulanya berasal dari bahasa perancis, yaitu
Entreprende
yang berartipetualang, pencipta, dan pengelola usaha, sedangkan kewirausahaan dengan istilahentrepreneurship. Kata entrepreneur secara tertulis pertama kali digunakan oleh Savary pada
tahun 1723 dalam bukunya “Kamus Dagang”.
 
Wirausaha (entrepreneurship)
adalah kemampuan seseorang untuk hidup sendiri atauberdikari di dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya yang bebas atau merdekasecara lahir dan batin.Entrepreneur adalah sosok orang yang tidak mudah diam, biasanya suka melakukan inovasiterus menerus dan perbaikan dari hal yang sudah ada.
 
Sedangkan yang dimaksud dengan
kewirausahaan (Entrepreneurship)
adalah bentuk usahauntuk menciptakan nilai lewat pengakuan terhadap peluang bisnis, manajemen pengambilanresiko yang sesuai dengan peluang yang ada, dan lewat keterampilan komunikasi dan sumber daya yang diperlukan untuk membawa sebuah proyek sampai berhasil. (Peter KilbyEntrepreneurship and Economic Development, New York : The Free Press, 1971)
 
Dalam bentuk yang lain, kewirausahaan didefinisikan sebagai advanturisme (berpetualang), risktaking (mengambil resiko) dan thrill-seeking (pencari kegentaran).
 
Dalam bentuk sederhana, kewirausahaan berkonotasi mengimplementasikan, yang berartimengerjakan (sesuatu), yaitu sesuatu yang harus dikerjakan seorang wirausaha.Perhatian dan ketertarikan terhadap masalah kewirausahaan ini sangat tepat karena kitamemerlukan apa yang dapat dikerjakan dan diberikan oleh wirausaha (entrepreneurs) seperti :
 
1. Produk-produk baru dan jasa-jasa baru2. Pekerjaan baru3. Lingkungan kerja yang kreatif 4. Cara-cara baru melakukan kegiatan bisnis5. Bentuk baru penciptaan bisnis (new business innovation)
 
B. TUJUAN, SYARAT DAN MANFAAT KEWIRAUSAHAAN
 
1. Tujuan Kewirausahaan adalah sebagai berikut :a. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.b. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkankemajuandan esejahteraan masyarakat.c. Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan dikalanganmasyarakat yang mampu, andal dan unggul.d. Menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat.
 
 
 2. Sementara itu, manfaat kewirausahaan adalah sebagai berikut :a. Sebagai penggerak pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaanlingkungandan kesejahteraan.b. Menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.
 
1
 
c. Memberi contoh bagaimana harus bekerja keras, tekun dan mempunyai pribadi yangpatutditeladani.d. Berusaha mendidik para karyawannya menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun, dan jujur dalam menghadapi pekerjaan.e. Berusaha mendidik para karyawan agar hidup secara efisien, tidak berfoya-foya dan tidakboros.
 
3. Untuk menjadi seseorang wirausahawan yang baik dan sukses syaratnya sebagai berikut :a. Tidak konsumtif dan boros.b. Harus mengutamakan keberhasilan.c. Harus mampu bergaul dan bersikap luwes.d. Harus mampu mengorganisasi diri.e. Harus berwatak baik.f. Berpikiran positif, ulet, terampil.g. Harus mempunyai komitmen tinggi.h. Berani menanggung resiko
 
i. Kreatif dan inovatif dalam segala kegiatan proses produksi.
 
4. Seorang wirausaha harus mempunyai sifat dasar dan kemampuan sebagai berikut :a. Wirausaha adalah pencipta perubahan.b. Wirausaha adalah seseorang yang selalu melihat perbedaan, baik antar orangmaupunantar fenomena kehidupan sebagai peluang dan kesulitan.c. Wirausaha adalah orang yang cenderung mudah jenuh terhadap segala kemapananhidup,kemudian bereksperimen dengan adanya pembaharuan. Adapun fungsi-fungsi wirausaha sebagai berikut :a. Mengusahakan inovasi-inovasi baru.b. Membuka pasar baru.c. Memasuki usaha-usaha baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain.d. Memulai produksi jenis barang/jasa baru.
 
Wirausaha banyak memberikan manfaat bagi pembangunan nasional, antara lain :a. Sebagai sumber penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.b. Pelaksana pembangunan bangsa dan Negara.c. Meningkatkan kepribadian dan martabat/harga diri.d. Melaksanakan persaingan yang sehat dan wajar.
 
C. SASARAN KEWIRAUSAHAAN, RUANG LINGKUP DAN FALSAFAH WIRAUSAHA
 

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Syah AL Fauzy liked this
Dayu Laksmi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->