Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH FisIKA LingKUNGAN

MAKALAH FisIKA LingKUNGAN

Ratings: (0)|Views: 224 |Likes:
Published by Nalin Sumarlin

More info:

Published by: Nalin Sumarlin on Aug 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2014

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Manusia dalam menjalani kehidupannya tidak bisa lepas dari yang namanyaenergi. Manusia agar tetap dapat bertahan hidup memerlukan energi kimia berupamakanan dimana energi tersebut akan diolah dalam bentuk metabolisme. Selainmakanan, manusia juga memerlukan bentuk energi lain agar dapat menjalaniaktivitasnya seperti energi panas yang digunakan untuk memasak, energi mekanik yang digunakan dalam industri dan bentuk-bentuk energi yang lain.Dari sekian banyak bentuk energi yang ada, energi listriklah yang palingbanyak dimanfaatkan oleh manusia, hal tersebut dikarenakan energi listrik sangatmudah diubah menjadi bentuk energi yang lain, sehingga hanya denganmemanfaatkan energi listrik maka kebutuhan energi yang lain akan dapatterpenuhi, selain itu energi listrik juga dapat disimpan dan digunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan jadi akan lebih hemat.Mengingat kebutuhan masyarakat akan listrik yang begitu besar, maka sesuaidengan UUD 1945 yang menyatakan bahwa ³aset yang menyangkut harkat hiduporang banyak dikuasai oleh negara´pemerintah mengambil alih pengelolaan listrik yang ada di Indonesia dalam sebuah Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLNberkewajiban menyuplai listrik untuk kemudian dimanfaatkan sebesar-basarnyauntuk kepentingan masyarakat dan negara.
 
 2
Untuk menghasilkan listrik, PLN membuat beberapa pembangkit listrik yangtersebar di
berbagai daerah. Beberapa jenis pembangkit listrik milik PLN antara lainPembangkit Listrik 
Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU),Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB), Pembangkit Listrik TenagaNuklir (PLTN) serta beberapa sember pembangkit yang menggunakan energialternatif lain seperti tenaga angin, tenaga sinar matahari bahkan kinidikembangkan agar sampah mampu diolah agar mampu menghasilkan listrik darigas metana yang dihasilkan.Dalam upaya terlaksananya pembangunan yang merata maka PLN bertugasuntuk mendistribusikan listrik dari sumber pembangit listrik ke daerah-daerahlain yang membutuhkan. Mengingat luas negara Indonesia yang sangat luassehingga jarak yang dibutuhkan dari sumber pembangkit listrik ke daerah tujuan juga sangat jauh. Jika ditinjau maka ini merupakan suatu masalah, kerena apabilalistrik ditransmisikan pada jarak yang jauh melalui suatu konduktor, maka lama-kelamaan energi listrik tersebut akan berkurang karena telah berubah menjadienergi panas pada kebel listrik. Untuk menghindari hal tersebut maka salah satucara yang dilakukan oleh PLN yaitu dengan menaikan tegangan listrik, haltersebut sesuai dengan hukum fisika yaitu pada tegangan yang sangan tinggi dankuat arus yang rendah maka listrik tidak akan berubah menjadi energi panas saatdilewatkan pada suatu konduktor. Maka dari itulah dalam pendistribusian listrik dikenal istilah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran UdaraTegangan Ekstra Tinggi (SUTET). Saluran tersebut merupakan kabel-kabel yangdihubungkan pada menara yang sangat tinggi.
 
 3
Pada awal-awal pembangunan SUTT maupun SUTET, tidak ada masyarakatyang memprotes kehadirannya, namun sejak adanya kasus sengketa tanah padaareal yang dilalui SUTET maka mulailah muncul isu bahwa SUTT dan SUTETadalah penyebab dari berbagai penyakit dari masyarakat yang tinggal disekitarnya.Dalam perkembannya muncullah berbagai tanggapan terhadap isu tersebut,baik dari
masyarakat awam sampai para ahli. Diantara mereka terbagi menjadi duakelompok, kelompok 
pertama mengatakan bahwa SUTET berdampak padakesehatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya, sedangkan kelompok keduamengatakan bahwa penyakit yang dialami oleh masyarakat tersebut tidak adahubungannya dengan pembangunan SUTET di daerah tersebut, merekamenganggap bahwa isu tersebut hanya untuk mencari sensasi agar pemerintahmau memberikan ganti rugi terhadap penyakit yang mereka alami. Walaupunbanyak para ahli yang melakukan penelitian mengenai dampak SUTET terhadapkesehatam masyarakat tetep saja hasil dari penelitian tersebut berbeda-beda. Makadari itulah makalah ini dibuat agar bisa menjadi pembanding dari kedua pendapatdan hasil penelitian tersebut sehingga pembaca bisa mengetahui apakah SUTETmemang berdampak pada kesehatan atau tidak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->