Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lemak Dan Minyak

Lemak Dan Minyak

Ratings: (0)|Views: 39 |Likes:
Published by fitri_ana

More info:

Published by: fitri_ana on Aug 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

 
 
LEMAK DAN MINYAKNETTI HERLINA, MTM. HENDRA S. GINTING, ST Fakultas TeknikJurusan Teknik KimiaUniversitas Sumatera Utara
Lemak dan minyak adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golonganlipid , yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air,tetapi larut dalam pelarut organik non-polar,misalnya dietil eter (C2H5OC2H5),Kloroform(CHCl3), benzena dan hidrokarbon lainnya, lemak dan minyak dapat larutdalam pelarut yang disebutkan di atas karena lemak dan minyak mempunyaipolaritas yang sama dengan pelaut tersebut.Bahan-bahan dan senyawa kimia akan mudah larut dalam pelarut yang samapolaritasnya dengan zat terlarut . Tetapi polaritas bahan dapat berubah karenaadanya proses kimiawi. Misalnya asam lemak dalam larutan KOH berada dalamkeadaan terionisasi dan menjadi lebih polar dari aslinya sehingga mudah larut sertadapat diekstraksi dengan air. Ekstraksi asam lemak yang terionisasi ini dapatdinetralkan kembali dengan menambahkan asam sulfat encer (10 N) sehinggakembali menjadi tidak terionisasi dan kembali mudah diekstraksi dengan pelarutnon-polar.Lemak dan minyak merupakan senyawaan trigliserida atau triasgliserol, yangberarti “triester dari gliserol” . Jadi lemak dan minyak juga merupakan senyawaanester . Hasil hidrolisis lemak dan minyak adalah asam karboksilat dan gliserol . Asamkarboksilat ini juga disebut asam lemak yang mempunyai rantai hidrokarbon yangpanjang dan tidak bercabang.
1. Penamaan lemak dan Minyak
Lemak dan minyak sering kali diberi nama derivat asam-asam lemaknya,yaitu dengan cara menggantikan akhiran at pada asam lemak dengan akhira in ,misalnya :
-
tristearat dari gliserol diberi nama tristearin
-
tripalmitat dari gliserol diberi nama tripalmitinselain itu , lemak dan minyak juga diberi nama dengan cara yang biasadipakai untuk penamaan suatu ester, misalnya:
-
triestearat dari gliserol disebut gliseril tristearat
-
tripalmitat dari gliserol disebut gliseril tripalmitat
2. Pembentukan Lemak dan Minyak
Lemak dan minyak merupakan senyawaan trigliserida dari gliserol . Dalampembentukannya, trigliserida merupakan hasil proses kondensasi satu molekulgliserol dan tiga molekul asam lemak (umumnya ketiga asam lemak tersebutberbeda –beda), yang membentuk satu molekul trigliserida dan satu molekul air .
2002 digitized by USU digital library 
 
1
 
 
O OCH
2
OH R
1
COH CH
2
OCR
1
O OCHOH + R
2
C OH CHO C R
2
+ 3 H
2
OO OCH
2
OH R
3
C OH CH
2
O CR
2
Gliserol asam lemak trigliseridaBila R
1
=R
2
=R
3
, maka trigliserida yang terbentuk disebut trigliserida sederhana(simple triglyceride), sedangkan bila R
1
, R
2
,R
3
, berbeda , maka disebut trigliseridacampuran (mixed triglyceride).
3. Klasifikasi Lemak dan Minyak
Lemak dan minyak dapat dibedakan berdasarkan beberapa penggolongan,yaitu:
3.1 Berdasarkan kejenuhannya (ikatan rangkap) :3.1.1. Asam lemak jenuh
Tabel 1. Contoh-contoh dari asam lemak jenuh, antara lain:Nama asam Struktur SumberButiratPalmitatstearatCH
3
(CH
2
)
2
CO
2
HCH
3
(CH
2
)
14
CO
2
HCH
3
(CH
2
)
16
CO
2
HLemak susuLemak hewani dan nabatiLemak hewani dan nabati
3.1.2 Asam lemak tak jenuh
Tabel 2. Contoh-contoh dari asam lemak tak jenuh, antara lain:NamaasamStruktur SumberPalmitoleatOleatLinoleatlinolenatCH
3
(CH2)
5
CH=CH(CH
2
)
7
CO
2
HCH
3
(CH2)
7
CH=CH(CH
2
)
7
CO
2
HCH
3
(CH2)4CH=CHCH
2
CH=CH(CH2)
7
CO
2
HCH
3
CH
2
CH=CHCH2CH=CHCH
2
=CH(CH
2
)
7
CO
2
HLemak hewani dan nabatiLemak hewani dan nabatiMinyak nabatiMinyak biji ramiAsam lemak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung ikatantunggal pada rantai hidrokarbonnya. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zigyang dapat cocok satu sama lain, sehingga gaya tarik vanderwalls tinggi, sehinggabiasanya berwujud padat. Sedangkan asam lemak tak jenuh merupakan asam lemakyang mengandung satu ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya . asam lemakdengan lebih dari satu ikatan dua tidak lazim,terutama terdapat pada minyaknabati,minyak ini disebut poliunsaturat. Trigliserida tak jenuh ganda (poliunsaturat)cenderung berbentuk minyak.
2002 digitized by USU digital library 
 
2
 
 
3.2 Berdasarkan sifat mengering
Tabel 3. pengklasifiksian lemak dan minyak berdasarkan sifat mengering.Sifat KeteranganMinyak tidak mengering(non-drying oil)- tipe minyak zaitun, contoh: minakzaitun,minyak buah persik,minyak kacang- tipe minyak rape,contoh: minyak bijirape,minyak mustard- tipe minyak hewani contoh; minyak sapiMinyak setengah mengering(semi –drying oil)Minyak yang mempunyai daya mengering yanglebih lambat.Contohnya: minyak biji kapas,minyak bunga matahariMinyak nabati mengering(drying –oil)Minyak yang mempunyai sifat dapat mengering jika kena oksidasi , dan akan berubah menjadilapisan tebal , bersifat kental dan membentuksejenis selaput jika dibiarkan di udara terbuka.Contoh: minyak kacang kedelai, minyakbijikaret
3.3 Berdasarkan sumbernya
Tabel 4. pengklasifikasian lemak dan minyak berdasarkan sumbernya.Sumber KeteranganBerasal dari tanaman (minyakNabati)- biji-biji palawija.Contoh: minyak jagung,biji kapas- kulit buah tanaman tahunan.Contoh: minyak zaitun,minyak kelapasawit- biji-biji tanaman tahunan .contoh:kelapa,coklat,inti sawitBerasal dari hewan(lemakhewani)- susu hewan peliharaan,contoh: lemak susu- daging hewan peliharaan ,contoh: lemaksapi,oleosterin- hasil laut, contoh: minyak ikansardin,minyak ikan paus.
3.4 Berdasarkan kegunaannya:
Tabel 5. pengklasifikasian lemak dan minyak berdasarkan kegunaanya.Nama KegunaanMinyak meneral(minyak bumi) Sebagai bahan bakarMinyak nabati/hewani(minyk/lemakBahan makan bagi manusiaMinyak atsiri(essential oil) Untuk obata-obatanMinyak ini mudah menguap pada temperaturkamar,sehingga disebut juga minyakterbang
2002 digitized by USU digital library 
 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->